Pencabutan SIM Bisa Dilakukan Bila Melanggar Aturan Lalu Lintas

pencabutan sim

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan dokumen wajib bagi setiap pengendara kendaraan bermotor. Kepemilikan SIM menandakan bahwa pengendara sudah layak mengendarai sebuah kendaraan bermotor, termasuk memahami aturan-aturan lalu lintas.

Meskipun begitu, pelanggar lalu lintas masih sering ditemui. Tidak hanya beresiko bagi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, melanggar lalu lintas juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan membuat arus lalu lintas terganggu.

Selain itu, kerusakan pada kendaraan juga bisa terjadi apabila tidak peduli terhadap aturan lalu lintas. Terlebih jika kerusakan yang terjadi cukup berat, bukan tidak mungkin pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih dalam agar kendaraan kembali prima.

Baca juga: Cara Ganti Alamat SIM agar Sesuai dengan alamat KTP

Oleh karena itu, untuk meminimalisir angka kecelakaan, mendisiplinkan dan memberi efek jera kepada pengendara kendaraan bermotor, berbagai aturan yang diikuti dengan sanksi pun diterapkan.

Mulai dari sanksi denda hingga yang paling berat yakni berupa pencabutan SIM. Nah, mungkin masih ada beberapa pengendara yang belum mengetahui jenis sanksi pencabutan SIM.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *