Pasang Fog Lamp Dapat Dilakukan Sendiri, tapi Ada Aturannya

By Arris Riehady - Agustus 8, 2019

Meski mudah, ternyata memasang fog lamp, baik itu standar dan tambahan atau variasi ada aturannya! Berikut cara pasang fog lamp dan aturannya.

cara pasang fog lamp

Fog lamp atau lampu kabut kini telah menjadi fitur standar yang ada di mobil. Sesuai dengan namanya, fungsi utamanya adalah untuk menambah visibilitas pengemudi kala menembus kabut.

Tidak hanya itu, saat hujan lebat atau keadaan berasap, fog lamp pun dapat digunakan untuk menambah jarak pandang ke depan.

Fog lamp sendiri ada dua jenis, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang).

Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Baca juga: Jarang Tahu, Fitur Ini Bermanfaat Saat Berkendara di Musim Hujan

Jadi, fog lamp pun dapat membantu pengemudi lain untuk mendeteksi maupun mengetahui keberadaan mobil Anda baik saat berkabut maupun hujan lebat.

Cara pasang fog lamp

Selain itu, ada juga fog lamp yang digunakan untuk kebutuhan lain, seperti modifikasi bergaya rally look. Biasanya fog lamp jenis ini dipasang  sebagai tambahan dari fog lamp yang sudah disediakan oleh pabrikan otomotif sebagai standar.

Namun, ada juga mobil yang tidak dilengkapi fog lamp bawaan, sehingga Anda sebagai pemilik mobil harus memasangnya sendiri. Cara pasang fog lamp pun tidak sulit bahkan bisa dilakukan tanpa harus ke bengkel.

Untuk cara pasang fog lamp sendiri, sebaiknya gunakan saja yang standar, kalau untuk pemasangan fog lamp modifikasi bergaya rally look lebih baik ke bengkel karena ada beberapa penyesuaian, seperti pemasangan dudukan dari fog lamp itu sendiri.

Mudahnya, Anda bisa beli fog lamp yang lengkap dengan kabel set, saklar, dan relay. Untuk tipenya, cari saja fog lamp yang digunakan pada mobil yang sama di varian tertinggi. Di mobil varian tertinggi, fog lamp adalah fitur standar.

Baca juga: Tutorial Ganti Ban Mobil Sendiri dengan Aman dan Mudah

Cara pasang fog lamp pertama adalah parkirkan mobil Anda di permukaan yang rata, jangan lupa untuk gunakan rem parkir, lalu buka klip bumper yang bisa dijangkau dari sepatbor ban.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!