Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

By Arris Riehady - April 10, 2019

BMW Seri 3 merupakan salah satu mobil legendaris dunia yang bertahan hingga saat ini. Dengan sejarah dan perjalanan yang panjang, berikut BMW Seri 3 dari masa ke masa.

BMW Seri 3 dari masa ke masa

Berkelas, mewah, dan sporty adalah ciri utama yang ditonjolkan oleh BMW Seri 3 sejak pertama kali diproduksi pada 1975.

Tidak hanya itu, sebagai mobil legendaris dunia, BMW Seri 3 punya sejarah panjang berkat keunggulan teknologi yang diterapkan pada bagian mesinnya.

Bermula dari mesin hanya 4 silinder yang sederhana hingga pada 2008 BMW melengkapi jajaran Seri 3 ini dengan teknologi EfficientDynamics yang hingga kini terus berkembang.

BMW Seri 3 juga memiliki jajaran yang lengkap, mulai sedan, coupe, station wagon, convertible, hatchback, hingga M Sport.

Berikut perjalanan BMW Seri 3 dari masa ke masa.

Lahirnya BMW Seri 3

Seperti yang terbilang di atas, BMW Seri 3 pertama kali hadir pada tahun 1975 sebagai E21, sedan dua pintu dengan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.6L.

Sebagai informasi, huruf E pada BMW Seri 3 adalah kode yang berasal dari awalan kata “entwicklung” dari bahasa Jerman yang berarti pengembangan.

Maka tidak heran bila dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1977, BMW Seri 3 dikenalkan dengan mesin baru, yakni mesin enam silinder berkapasitas 2.0L.

Pada tahun yang sama BMW juga mulai mengenalkan teknologi injeksi pada mesinnya.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!