Aplikasi SIM Online Korlantas Polri Sudah Bisa Digunakan

By Arris Riehady - April 14, 2021

Akhirnya, setelah lama ditunggu layanan aplikasi SIM online dapat digunakan. Bagaimana cara menggunakan dan pembayarannya?

cara mengurus Smart SIM

Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) meluncurkan aplikasi SIM online yang bisa mulai digunakan pada Selasa (13/4).

Aplikasi SIM online ini bisa digunakan untuk proses perpanjangan maupun pembuatan baru SIM (Surat Izin Mengemudi).

Mengurus SIM secara online bisa dilakukan melalui aplikasi yang diunduh dan di-install pada perangkat smartphone.

Aplikasi SIM online tersebut bernama Sinar atau SIM Nasional Presisi, pengemudi kendaraan bermotor bisa melakukan pembuatan dan perpanjang SIM online dengan mudah.

Baca juga: Cara Membuat dan Perpanjang SIM Online Via Aplikasi Sinar

Menurut Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Komisaris Besar Jati, aplikasi SIM online baru ini berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Khusus perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online, pemohon tidak perlu datang langsung ke Kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas).

Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik.

Baca juga: KTP Hilang Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

Pemohon harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi Sinar. Untuk diketahui, semua golongan SIM bisa menggunakan aplikasi SIM online tersebut.

“Untuk SIM baru setelah memenuhi persyaratan pada registrasi SIM online, selanjutnya wajib datang ke satpas yang dipilih untuk melaksanakan uji praktek,” terang Jati seperti dikutip dari korlantas.polri.go.id.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!