Keistimewaan Edisi Terbatas BMW M5 Edition 35 Years

BMW M5 Edition 35 Years hadir dengan jumlah yang sangat terbatas di dunia dan di Indonesia. Apa istimewanya dan berapa harganya?

BMW M5 Edition 35 Years

BMW Group Indonesia kembali meluncurkan mobil terbarunya dalam jajaran sedan berperforma tinggi dengan edisi terbatas, yakni BMW M5 Edition 35 Years.

 

BMW M5 Edition 35 Years ini diluncurkan virtual melalui Zoom, aplikasi video conference, pada Jumat 4 April 2020, sebagai inisiatif dan juga dari komitmen BMW Group Indonesia untuk dukung gerakan #dirumahaja.

 

“Yang diperkenalkan hari ini adalah sport car dengan mesin terkuat di segmennya. BMW M5 Edition 35 Years akan hadir dengan jumlah terbatas, mengingat hanya diproduksi 350 unit seluruh dunia,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Indonesia.

 

Dalam sejarahnya, 35 tahun yang lalu, BMW Motorsport GmbH menciptakan kategori kendaraan baru. Sedan performa tinggi pertama menggabungkan dinamika berkendara sports car dengan kenyamanan dan fungsionalitas kendaraan empat pintu.

BMW M5 Edition 35 Years

Baca juga: Mengenal Mobil BMW Seri M dan Sejarahnya di Dunia

 

Mengusung nama BMW M5 dan ditenagai oleh mesin 6 silinder in-line dari mobil sports mid-engine BMW M1, telah ada banyak varian model termasuk BMW M5 Competition yang sangat mengesankan.

 

Saat ini BMW M5 adalah sedan sports berperforma tinggi paling sukses di dunia dan terus meningkatkan keahlian balap yang diasosiasikan dengan perusahaan yang kini dikenal sebagai BMW M GmbH.

 

Sebagai bagian dari BMW Seri M dan edisi terbatas, BMW M5 Edition 35 Years ini tentunya berbeda dengan BMW Seri 5 biasa.

BMW M5 Edition 35 Years

Eksterior khusus

Karakter M yang khas dan eksklusif sangat menonjol dari sedan sports performa tinggi di BMW M5 Edition 35 Years.

 

Model ini adalah BMW Seri 5 pertama di Indonesia yang dilengkapi lampu utama berteknologi BMW Laserlight lengkap dengan Selective Beam sehingga dapat memberikan pencahayaan yang maksimal.

 

Lampu tersebut mengapit grille karbon dengan logo M5 sebagai identitasnya. Lalu pada bagian samping, spion desain baru dan khusus BMW Seri M pun dilekatkan padanya.

 

Masih di bagian samping, BMW M5 Edition 35 Years ditopang dengan velg ringan 20 inci dengan desain palang Y dan warna Graphite Grey yang dibuat khusus untuk mobil edisi terbatas ini.

 

Baca juga: Mengenal Sejarah BMW Seri 5 dari Masa ke Masa

 

Selain itu, sistem rem M karbon keramik dengan kaliper rem yang berwarna emas tersedia sebagai standar.

 

Di belakang, ciri mobil berperforma tinggi ditonjolkan dengan bentuk bumper yang sporty serta dua pipa knalpot kembar.

 

Tidak sampai di situ, sebagai edisi terbatas BMW M5 Edition 35 Years diberi warna spesial khas BMW Individual, yaitu Frozen Dark Grey II metallic dengan pigmentasi khusus yang menciptakan kesan permukaan satin matte serta atap menggunakan bahan serat karbon.

BMW M5 Edition 35 Years

Interior eksklusif

Interior BMW M5 Edition 35 Years dibalut Merino leather berwarna hitam dengan jahitan kontras berwarna beige.

 

Sentuhan karbon yang diberi semburat warna emas pada panel-panel di interiornya pun menghadirkan nuansa eksklusif dan premium. Sentuhan ini juga menjadi yang pertama kalinya diaplikasikan oleh BMW pada jajaran produknya.

 

Untuk mengingatkan kalau mobil ini adalah edisi terbatas, terdapat beberapa emblem bertulisan “M5 Edition 35 Jahre” dan ukiran “M5 Edition 35 Jahre 1/350” pada penutup cupholder di konsol tengah.

 

Baca juga: Jajaran Mobil BMW yang Mengawal MotoGP, Apa Saja Serinya?

 

Pada sistem hiburan, mobil empat sport empat pintu ini dilengkapi dengan BMW Operating System 7.0 dan BMW Live Cockpit Professional dengan speaker istimewa dari Bowers and Wilkins Diamond.

BMW M5 Edition 35 Years

Performa maksimal

Di balik kap, BMW M5 Edition 35 Years menggendong mesin berkapasitas 4.395 cc V8 M TwinPower Turbo Technology yang berpadi sistem transmisi 8-Speed M Steptronic dengan Drivelogic.

 

Tenaganya disalurkan ke keempat roda dengan teknologi Intelligent M xDrive. Tidak heran bila kekuatannya mencapai 625 daya kuda dengan torsi maksimal hingga 750 Nm.

 

Dengan begitu, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dengan 3,3 detik saja serta kecepatan maksimalnya mencapai 305 kilometer perjam.

 

Baca juga: Mengenal BMW Seri 3 dari Masa ke Masa

 

Untuk kenyamanan, BMW juga membenamkan suspensi yang dapat beradaptasi sesuai kebutuhan serta ada juga Active M Differential di bagian gardan belakang mobil ini.

BMW M5 Edition 35 Years

Harga dan penawaran

Seperti yang tersebut di atas, BMW M5 Edition 35 Years adalah mobil edisi terbatas yang hanya tersedia 350 unit secara global.

 

Tidak hanya itu, karena performanya, BMW Group Indonesia pun mewajibkan pemilik BMW M5 Edition 35 Years untuk mengikuti M Intensive Training dari BMW Driving Experience secara gratis.

 

Termasuk BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 kilometer, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

 

Baca juga: Keunggulan Teknologi dan Fitur BMW di X Series

BMW M5 Edition 35 Years

Ban juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban selama periode garansi, yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis.

 

Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Tertarik mengendarai dan memiliki? Dengan keistimewaannya, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 5,169 miliar off the road. Fantastis bukan?