Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Mobil

Upgrade your life! Tiap orang pasti punya keinginan untuk itu, tidak terkecuali ganti mobil. Ini waktu tepat ganti mobil Anda!

“Apa sudah waktunya saya ganti mobil?” Bisa jadi pertanyaan yang muncul di benak pemilik mobil.

 

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya sangat sederhana. Menggunakan mobil lama bisa jadi lebih ekonomis asal masih memenuhi kebutuhan, mesin sehat, bodi rapih, dan biaya perawatan ringan.

 

Jika sudah sebaliknya, ini waktu tepat ganti mobil Anda. Upgrade your life!

 

Lantas kembali ke pertanyaan awal, kapan waktu tepat ganti mobil? Ini jawabannya!

waktu tepat ganti mobil

Rata-rata ganti mobil baru

Menurut riset, seperti dikutip dari carmudi.co.id, rata-rata usia kendaraan khususnya mobil adalah lima tahun, yang mana artinya setiap lima tahun masyarakat Indonesia mengganti mobilnya dengan membeli yang baru. Selain itu, rata-rata lama pelunasan untuk car loan adalah 60 bulan atau sekitar lima hingga enam tahun.

 

Baca juga: Seva.id Bikin Urusan Mobil Jadi Lebih Simple, Lebih Cepat, Lebih Baik

 

Hal tersebut senada dengan yang diutarakan Terry Tham, Branch Manager PT Astra Autoprima – Sunter. “Berkaca pada konsumen pengguna BMW, rata-rata siklus pergantian mobil lama mereka dengan mobil BMW terbaru rata-rata berkisar di tahun kelima atau tahun keenam. Umumnya konsumen mengganti mobil BMW-nya di tahun tersebut karena sudah tidak terikat dengan servis gratis BMW Service Inclusive,” katanya.

 

Sementara, perbandingan lain dikutip dari carsome.id. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Auto2000 terhadap konsumen Toyota, usia penggunaan mobil paling lama yaitu dua tahun dua bulan. Setelah itu banyak orang yang mulai menjual mobil lama dan bergegas membeli mobil yang baru.

mobil untuk keluarga

Sudah tidak pas

Ambil contoh, mobil lama Anda berupa city car dibeli saat masih belum berkeluarga dan memiliki anak.

 

Nah, saat sudah berkeluarga dan memiliki anak, otomatis mobil tersebut dirasa sudah tidak pas karena tiap jalan-jalan bersama Anda mesti membawa perlengkapan, seperti stroller. Untuk perjalanan jauh pun dirasa kurang nyaman.

 

Di sini adalah waktu tepat ganti mobil menjadi multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV).

 

Baca juga: Mobil untuk Keluarga Mending MPV atau SUV?

 waktu tepat ganti mobil

Fitur keselamatan

Sudah bukan rahasia umum, kalau mobil masa kini memiliki keselamatan yang lebih baik dibanding mobil keluaran 10 tahun lalu.

 

Mobil masa kini seperti di low cost green car (LCGC) pun sudah dibekali fitur keselamatan yang cukup lengkap. Sebut saja Toyota Calya yang sudah memiliki fitur keamanan standar seperti sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang, dua airbag di depan, Anti-lock Braking System (ABS), hingga ISOFIX pada jok baris keduanya.

 

Baca juga: Baca juga: 4 Hal Penyebab Sistem Rem ABS Mobil Tidak Bekerja Maksimal

 

Bila Anda orang yang peduli keselamatan, tidak hanya diri sendir tapi juga penumpang atau keluarga di mobil, fitur keselamatan terkini bisa jadi alasan waktu tepat ganti mobil. Upgrade your life!

 

Lihat Toyota Calya

 

waktu tepat ganti mobil

Servis dan suku cadang makin mahal

Perlu diingat, semakin tua usia mobil maka semakin rentan kondisinya. Belum lagi bila mobil tersebut sering digunakan, tentu mesin semakin butuh perawatan.

 

Jika saat tersebut sudah membayang-bayangi mobil Anda, bisa jadi ini saat waktu tepat ganti mobil.

 

Mengganti mobil lama dengan mobil baru bisa jadi solusi ketimbang Anda jadi rajin ke bengkel. Mobil baru dipastikan siap pakai, bukan siap ke bengkel.

 

Selain itu, untuk mobil yang sudah memiliki umur lebih dari 10 tahun pemakaian biasanya suku cadang sudah mulai langka, dan harganya pun lebih mahal daripada suku cadang mobil baru.

 

Dari sisi penampilan, akibat termakan usia, ada saja bagian bodi atau bahkan rangka mobil yang sudah mulai keropos.

Tempat yang tepat

Tentu saat membeli mobil baru, Anda ingin ada sebuah ketenangan dalam batin. Artinya mobil baru yang dibeli terjamin, baik oleh garansi maupun asuransi.

 

Seva.id yang merupakan unit bisnis baru dari Grup Astra hadir di Indonesia sebagai platform otomotif digital yang terintegrasi, menawarkan smart way to upgrade untuk segala urusan mobil Anda. Dari genggaman tangan saja, Anda dapat membeli mobil baru secara online.

 

Baca juga: Mudahnya Melakukan Pembelian Mobil Baru di Seva.id

 

Kualitasnya tak perlu ditanyakan lagi, karena Seva.id bekerjasama langsung dengan dealer-dealer resmi dari Grup Astra, Mulai dari Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, hingga Peugeot untuk mobil baru.

 

Sudah punya mobil tapi ingin yang baru? Tukar tambah saja. Layanan Tukar Tambah cocok untuk Anda yang sudah punya mobil tapi ingin punya atau beli yang baru untuk upgrade hidup Anda.

 

Baca juga: Semudah Ini Tukar Tambah Mobil di Seva.id

 

Sudah cek mobil lama Anda? Mungkin sekarang adalah waktu tepat ganti mobil Anda!