Search Cars

Otomotif

Kaleidoskop 2020: 9 Mobil Terbaru Toyota Sepanjang Tahun Ini

Dalam rangka kilas balik atau kaleidoskop 2020, berikut 9 mobil terbaru Toyota yang telah diluncurkan sepanjang tahun ini. No. 7 sudah ludes terjual.

kaleidoskop 2020

Meski di tengah masa pandemi produsen otomotif terus meluncurkan produk-prodek terbarunya. Termasuk PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku produsen mobil-mobil Toyota di Indonesia.

Tercatat, selama 2020, PT TAM meluncurkan dan mengenalkan 9 mobil terbaru Toyota, mulai dari Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), hingga sedan untuk melengkapi kebutuhan pelanggannya.

Apa saja mobil tersebut? Sebagai pengingat, berikut kaleidoskop 2020 jajaran mobil terbaru Toyota yang telah diluncurkan sepanjang tahun ini.

toyota agya

New Toyota Agya

Sebagai pembuka kaleidoskop 2020 hadir New Toyota Agya yang diluncurkan pada 19 Maret 2020 melalui tayangan live streaming melalui channel YouTube Toyotaindonesia.

Dengan tagline baru, Start To Never Stop, New Toyota Agya makin memperkuat posisinya sebagai mobil pertama pilihan generasi muda di Indonesia.

Baca juga: Resmi! Tampilan, Fitur, dan Harga Terbaru New Toyota Agya Facelift

Bila dilihat secara kasat mata, ada banyak ubahan pada New Toyota Agya facelift, khususnya di tipe tertinggi, yakni TRD S.

Dalam ubahannya, desain New Toyota Agya banyak mengandalkan garis dan sudut tajam yang membuatnya semakin terlihat agresif serta sporty.

toyota agya

New Toyota Agya facelift tipe TRD S ini dibenamkan beberapa fitur baru. Paling utama adalah fitur start/stop button.

Ini menjadikan New Toyota Agya diklaim sebagai compact hacthback dalam kelas LCGC pertama di Indonesia yang menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: Jauh Lebih Hemat Jadi Alasan LCGC Wajib Pakai BBM RON 92

Pada sektor jantung pacu atau mesin tidak ada ubahan yang dilakukan. Mobil ini tetap menggunakan mesin berkapasitas 1.197 cc berteknologi Dual VVT-i yang menyemburkan tenaga hingga 88 PS.

New Toyota Agya facelift hadir dengan tujuh warna pilihan. Selain orange metallic sebagai warna baru, ada juga silver metallic, hitam, kuning, merah, putih, dan gray mettalic.

Lihat Produk

spesifikasi Toyota Corolla Cross

All New Corolla Cross

Toyota Corolla Cross atau All New Corolla Cross resmi diluncurkan PT TAM pada 6 Agustus 2020 sebagai model terbaru dalam jajaran SUV.

Toyota Corolla Cross hadir di Indonesia dalam dua varian yang semuanya memiliki transmisi CVT . Varian pertama adalah Toyota Corolla Cross 1.8 dengan mesin bensin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.800 cc dengan tenaga 138 daya kuda.

Baca juga: Launching Hari Ini, Harga Toyota Corolla Cross Resmi Diliris

Selanjutnya ada varian Toyota Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV) dengan kode mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 96 daya kuda.

Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 71 daya kuda.

Sebagai model terbaru dari keluarga Corolla, SUV ini secara eksterior tampil lebih segar. Sebelumnya, Corolla sudah hadir dalam jenis sedan, hatchback, dan wagon.

Toyota Corolla Cross

Desain eksterior Toyota Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful sebagai trademark Corolla.

Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran segala fitur-fitur canggih, seperti audio steering switch, head unit 9 inci IPS display dilengkapi sarana Bluetooth, NFC, Miracast, voice command, rain sensor, dan sebagainya.

Baca juga: Bedah Fitur dan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Indonesia

Lalu, radius putarnya 5,2 meter, memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah.

Lihat Produk

Toyota Sienta Welcab

Toyota Sienta Welcab

Kaleidoskop 2020 selanjutnya adalah Toyota Sienta Welcab yang didesain untuk mendukung berbagai macam aktivitas setiap anggota keluarga dengan segala usia dalam bermobilitas.

Sesuai dengan namanya, fitur Toyota Sienta Welcab yang utama adalah kursi welcab yang ditempatkan pada baris kedua sebelah kiri, lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Baca juga: Fitur Toyota Sienta Welcab yang Memudahkan Penggunanya

Lebih lanjut, kursi welcab dapat dioperasikan dengan dua cara untuk memberikan pilihan serta fleksibilitas lebih.

Pengguna bisa menggunakan remote fisik pada kursi welcab atau melalui aplikasi pada smartphone yang terkoneksi dengan bluetooth. Keduanya akan saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan pengguna.

sienta welcab

Kursi welcab juga menawarkan fitur yang memberikan fleksibilitas lebih baik lagi dengan adanya fitur New Rotation & Side Lift, di mana kursi welcab bisa diputar mengarah ke luar pintu.

Selain itu, mobil ini juga disematkan fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier (Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif, sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat.

Baca juga: Pengalaman Berkendara Sekeluarga Bersama Toyota New Sienta

Toyota Sienta Welcab hanya tersedia dalam satu varian, yaitu varian V dengan pilihan transmisi manual atau CVT otomatis.

Lihat Produk

Kijang Innova TRD Sportivo

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited dibagi menjadi tipe G dan V.  Kedua tipe tersebut dibekali masing-masing dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis lima percepatan.

Mesin Kijang Innova TRD Sportivo Limited berkapasitas 2.400 cc berbahan bakar diesel yang bertenaga 149 PS. Selain VVT-i, mesin berkode 2GD-FTV ini juga dilengkapi dengan variable nozzle turbocharger (VNT) dan intercooler.

Baca juga: Fitur dan Harga Kijang Innova TRD Sportivo Limited Saat Diluncurkan

Embel-embel Limited yang disematkan pada Kijang Innova TRD Sportivo bukan hanya sekedar penamaan. Secara unit, TAM memang memproduksi mobil ini secara terbatas, yaitu hanya sekitar 2.633 unit.

Innova TRD Sportivo

Kijang Innova TRD Sportivo tersedia dalam empat warna pilihan, yakni Attitude Black, Dark Gray Mica Metallic, Silver Metallic, dan Super White.

Selain itu, Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited juga dilengkapi dengan filter udara yang dapat membantu melindungi udara di dalam kabin dalam kondisi baik, dengan ukuran removable particle PM 2.5 or less.

Baca juga: Toyota Kijang, dari Mobil Rakyat hingga Mobil Resmi Asian Games

Adanya filter ini membuat udara di dalam kabin terhindar dari partikel kecil yang bisa mengganggu kualitas udara.

Bagaimana, tertarik memiliki Toyota Kijang Innova TRD Sportivo?

Lihat Produk

toyota new hilux

Toyota New Hilux

Toyota New Hilux menjadi satu-satunya kendaraan komersial dalam daftar kaleidoskop 2020. Sebagai mobil komersial, tidak hanya sisi fungsionalitas yang diperhatikan, tapi juga estetika di bagian eksterior Toyota New Hilux.

Pada varian D-Cab terlihat aplikasi grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi wajahnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah dan penuh tenaga.

Baca juga: Fitur dan Harga Toyota New Hilux, Si Tangguh yang Tetap Nyaman

Desain bertema tiga dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat atraktif dan membuatnya selalu tampil mempesona di kelasnya.

Untuk Hilux D-Cab tipe V sebagai varian tertinggi telah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas.

toyota new hilux

Selain itu, tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam yang ramah energi dan punya daya tahan tinggi.

Tipe E tidak dibekali foglamp. Sedangkan untuk model S-Cab atau single cabin, eksteriornya lebih polos dan minim aksesoris mengingat fungsinya sebagai mobil komersil.

Baca juga: Harga Toyota New Hilux dan Varian yang Tersedia di Indonesia

Walaupun begitu, bahasa desainnya tetap menganut kepunyaan dari model D-Cab, terilhat tangguh dan modern.

Selain penambahan fitur Toyota New Hilux di bagian eksterior dan interior, pengembangan spesifikasi terdapat di beberapa bagian untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Lihat Produk

toyota new yaris

Toyota New Yaris

Toyota New Yaris tampil sebagai hatchback yang semakin stylish dan youthful, serta menawarkan sensasi berkendara yang lincah (agile) hingga mampu membangkitkan rasa kegembiraan (excitement) bagi pengguna.

Salah satu perbedaan Toyota New Yaris yang paling utama adalah radius putar yang semakin kecil, hanya 5,1 meter.

Baca juga: Makin Fun To Drive, Toyota New Yaris Resmi Meluncur

Eksterior Toyota New Yaris dibalut dengan desain baru, khususnya pada bagian depan, seperti New Electrifying Front Looks pada varian G.

Sedangkan pada varian TRD Sportivo telah dilengkapi dengan Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design.

Toyota Yaris facelift dibekali dengan New Advanced Infotainment System with Smartphone Connection yang mampu membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

toyota new yaris

Khusus untuk varian TRD Sportivo juga telah dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang akan semakin memudahkan penggunanya ketika parkir.

Fitur keselamatan dan keamanan menjadi salah satu concern Toyota sebagai salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia.

Baca juga: Harga Toyota New Yaris yang Resmi Mengaspal di Indonesia

Tertarik memiliki mobil yang diluncurkan pada 8 September 2020 ini? Toyota New Yaris sudah bisa dipesan melalui dealer atau Seva.id sekarang.

Lihat Produk

Toyota GR Supra facelift

Toyota GR Supra

PT TAM menghadirkan penyegaran untuk Toyota GR Supra menjadi jauh lebih bertenaga, stabil, dan sporty pada 22 September 2020. Tidak hanya itu, Toyota GR Supra menjadi satu-satunya mobil sport dalam kaleidoskop 2020.

Toyota GR Supra facelift menggendong mesin 3.000 cc 6 silinder segaris, hanya saja kini kini mampu menghasilkan tenaga maksimal yang lebih besar dari 340 PS menjadi 387 PS.

Baca juga: Ludes Terjual, Segini Harga Toyota GR Supra Terbaru

Tenaga maksimal ini dapat dicapai pada putaran mesin 5.800–6.500 RPM dengan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran mesin 1.800–5.000 RPM.

Guna lebih memperkuat drive ability, mobil ini dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elektronik.

Fitur ini mampu membuat mobil ini meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa segera dipacu begitu berada pada track lurus.

Toyota GR Supra facelift

Tampilan yang kian sporty juga tergambar dari penambahan logo Supra pada kaliper merah rem depan yang ikut menambah nilai estetika Toyota GR Supra bagi penggunanya.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Sementara pada ruang kabin yang kini didominasi warna hitam, terdapat penambahan fitur wireless charger yang membuat Toyota GR Supra facelift tidak hanya sporty dan bertenga, namun juga memiliki teknologi advance.

Toyota GR Supra dikembangkan oleh tim teknisi GAZOO Racing melalui serangkaian uji coba yang panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit.

Tertarik untuk memilikinya? Buat kamu yang sangat ingin mendatangkan Toyota GR Supra facelift ke garasi, harap sabar menunggu ya, karena 12 unit yang tersedia sudah ludes terjual.

Toyota New Fortuner

Toyota New Fortuner

Sebagai penutup kaleidoskop 2020, PT TAM meluncurkan dua mobil sekaligus, yaitu Toyota New Fortuner dan Toyota New Kijang Innova.

Toyota New Fortuner tampil lebih kuat dan semakin nyaman dan desain eksterior memberikan kesan yang lebih tangguh dan prestisius.

Baca juga: Harga Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova Terbaru

Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas.

Penyegaran rupa terlihat pada desain bumper depan, radiator grille, LED head lamp, LED foglamp, serta penambahan ornamen chrome pada beberapa bagian.

Fitur kick sensor dan power back door yang dapat membuka pintu bagasi secara otomatis yang sebelumnya ada di varian TRD Sportivo, sekarang sudah dibenamkan di varian VRZ dan SRZ.

Toyota New Fortuner

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin Toyota New Fortuner. Tidak hanya mewah, spesifikasi Toyota New Fortuner dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang.

Baca juga: Perubahan Fitur, Varian, dan Spesifikasi Toyota New Fortuner

Mobil SUV yang masuk ke dalam jajaran kaleidoskop 2020 ini menggunakan mesin diesel ramah lingkungan 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149,6 PS dan torsi 40,8 kgm.

Lihat Produk

Toyota New Fortuner, Toyota New Kijang Innova

Toyota New Kijang Innova

Sejak awal diluncurkan di tahun 1977, MPV ini dikembangkan berdasarkan berbagai macam kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia dengan tetap mempertahankan DNA-nya yaitu durability dan comfortability.

Toyota New Kijang Innova hadir dengan penambahan varian baru yaitu Luxury Grade (G Luxury Gasoline dan V Luxury Gasoline) yang dilengkapi dengan captain seat di kabin tengah. Sebelumnya, fitur tersebut hanya ada di tipe Q dan Venturer.

Baca juga: Mengungkap Varian, Fitur, dan Spesifikasi Toyota New Kijang Innova

Seluruh varian Toyota New Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan baru, mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament, hingga desain pelek baru 16 inch two toned.

Lalu, Toyota New Kijang Innova mendapatkan sejumlah penambahan fitur baru, misalnya adalah dibekali dengan Integrated Air Purifier (Car Ionizer).

Toyota New Kijang Innova

Pada sisi safety, seluruh varian Toyota New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA).

Lebih aman saat berkendara pada varian New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Baca juga: Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Seluruh varian Toyota New Kijang Innova masih dilengkapi mesin seperti generasi sebelumnya yang sudah terbukti handal, tangguh, dan tahan lama.

Lihat Produk

Bagaimana di tahun 2021? Nantikan saja sambil terus berusaha, siapa tahun salah satu mobil yang ada di daftar kaleidoskop 2020 bisa parkir di garasi kamu. Atau, sudah ada yang menjadi milikmu?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.