Search Cars

Berita Utama Otomotif

Irit atau Boros? Bongkar Konsumsi BBM Toyota Vios Gen 3 dan Tips Hematnya!

Irit atau Boros ya? Pernah nggak sih merasa kantong jebol gara-gara pengeluaran bensin mobil kamu yang boros? Nah, kalau kamu pemakai Toyota Vios generasi ketiga, wajar saja kalau kepo sama konsumsi bahan bakar (BBM) mobil kesayanganmu ini. Yuk, langsung saja kita bedah konsumsi BBM Vios Gen 3 dan cari tahu cara membuatnya lebih irit!

sejarah toyota vios

Baca Juga: Tips Memilih dan Memasang Kamera Mundur Terios Daihatsu

Analisis Perbandingan Vios Gen 3, Irit atau Boros?

Umumnya, konsumsi BBM Vios Gen 3 tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis transmisi (manual atau otomatis), kondisi jalanan, dan cara mengemudi. Namun, berdasarkan pengalaman pengguna dan hasil tes, konsumsi BBM Vios Gen 3 biasanya berada di kisaran sebagai berikut:

  • Transmisi Manual: 12 – 15 km/liter (dalam kota) dan 17 – 20 km/liter (luar kota)
  • Transmisi Otomatis: 10 – 13 km/liter (dalam kota) dan 15 – 18 km/liter (luar kota)

Tips Ampuh Agar Vios Gen 3 Makin Irit:

Meskipun konsumsi BBM Vios Gen 3 sudah cukup tergolong irit, kamu masih bisa meningkatkan efisiensinya dengan cara berikut:

  • Perhatikan Gaya Mengemudi: Hindari kebiasaan injak rem mendadak dan akselerasi secara perlahan. Terapkan teknik eco-driving untuk menjaga putaran mesin tetap rendah.
  • Rutin Servis dan Ganti Oli: Servis mobil secara berkala di bengkel resmi sesuai petunjuk buku panduan. Gunakan oli sesuai spesifikasi mobil kamu untuk menjaga performa mesin dan efisiensi BBM.
  • Pastikan Tekanan Angin Ban Ideal: Tekanan angin ban yang kurang dapat meningkatkan gesekan dengan aspal dan berakibat boros BBM. Periksa dan sesuaikan tekanan angin ban secara rutin.
  • Gunakan AC Secukupnya: AC mobil juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM. Nyalakan AC hanya saat di perlukan dan jangan terlalu dingin untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.
  • Hindari Beban Berlebih: Membawa barang terlalu berat di dalam mobil dapat menaikkan konsumsi BBM. Bawa hanya barang yang di perlukan untuk mengurangi beban pada mesin.

Baca juga: Perbedaan Antara Mesin Mobil Bensin, Diesel, dan Hybrid

Kesimpulan

Dengan perawatan yang tepat dan cara mengemudi yang irit, kamu bisa membuat Toyota Vios Gen 3 menjadi semakin irit BBM. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga ikut berkontribusi menjaga lingkungan tetap asri. Yuk, praktikkan tips di atas dan nikmati berkendara Vios Gen 3 yang irit dan menyenangkan!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.