Fitur Toyota Safety Sense, Bikin Berkendara Makin Aman

By Arris Riehady - Juni 8, 2021

Toyota selalu berinovasi dalam meningkatkan teknologi pada mobil-mobilnya, salah satunya Toyota Safety Sense (TSS). Yuk kenalan lebih dalam.

Toyota Kijang Innova

Saat ini, fitur keselamatan dalam sebuah mobil yang menunjang kenyamanan dan keamana dalam berkendara menjadi salah satu faktor penting ketika konsumen ingin memiliki kendaraan pribadi.

Diiringi dengan peningkatan teknologi di industri otomotif yang kian pesat, Toyota meningkatkan fitur keselamatan melalui teknologi Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Safety Sense yang merupakan kesatuan dari beberapa fitur keselamatan mulai dari Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB), Blind Spot Monitor (BSM), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Baca juga: Toyota New Alphard Lebih Safety dan Vellfire Lebih Sporty

Di Indonesia, sudah ada beberapa mobil dengan Toyota Safety Sense, yang terbaru adalah Toyota Raize. SUV compact ini menjadi mobil dengan harga paling terjangkau dengan fitur keselamatan tercanggih saat ini.

Selain itu, Toyota juga telah menyempurnakan Adaptive Cruise Control (ACC) pada Toyota Alphard dan Toyota Vellfire yang dapat diaktifkan sejak kecepatan 0 kilometer per jam.

Mobil lainnya yang sudah dilengkapi Toyota Safety Sense antara lain Toyota Corolla Altis dan Toyota Camry.

Toyota New Vellfire

Keunggulan Toyota Safety Sense

Toyota Safety Sense dirancang untuk memberikan peringatan dini kepada pengemudi ketika mobil berada dalam keadaan tidak aman atau bahaya.

Baca juga: Beda Harga dan Varian Toyota Raize, Gak Sampai Rp 300 Juta!

Peringatan tersebut berupa petunjuk yang ada di panle instrumen hingga bunyi sehingga pengemudi lebih waspada dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Sementara dengan LTA, maka akan memberitahu pengemudi dengan peringatan bila mobil tidak sengaja keluar dari jalurnya.

Lalu, Automatic High Beam (AHB) bekerja pada malam hari dengan sensor yan membaca cahaya.

Bila minim penerangan makan lampu jauh akan aktif, dan bila cahaya normal atau ada mobil dari depan lampu depan dekat kembali aktif.

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Jika ingin parkir atau berpindah jalur, ada Blind Spot Monitor (BSM) yang memantau kendaraan di belakang dan tidak terlihat dari spion.

Terakhir Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang dapat membaca rambu lalu lintas dan akan ditampilkan pada layar MID. Dengan fitur diharapkan pengemudi lebih patuh terhadap rambu lalu lintas selama perjalanan.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!