First Drive Toyota Corolla Cross Mesin Bensin, Nyaman Banget

Bagaimana rasanya mengendarai SUV model terbaru yang baru saja diluncurkan Toyota? Ini first drive Toyota Corolla Cross mesin bensin.

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross sudah resmi mengaspal di Indonesia. Terdapat dua varian yang dipasarkan, yakni All New Corolla Cross Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid.

All New Corolla Cross Gasoline menggunakan mesin bensin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.798 cc dengan tenaga 140 ps. Sementara varian hybrid menggunakan kode mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 98 ps. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 72 ps.

Berlokasi di Auto2000 Astra Biz Center, BSD City, Seva.id berkesempatan mencoba pengalaman first drive Toyota Corolla Cross mesin bensin. Meski tidak lama, namun ini rasanya mengendarai Toyota Corolla Cross.

Toyota Corolla Cross

Posisi berkendara ergonomis

Salah satu perbedaan antara varian bensin dan hybrid adalah pengaturan jok pengemudi. Untuk Toyota Corolla Cross Gasoline, tidak ada pengaturan jok pengendara secara elektrik. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kenyamanannya sama sekali.

Baca juga: Bedah Fitur dan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Indonesia

Walau hanya dapat diatur secara manual menggunakan tuas seperti pada umumnya, posisi berkendara dapat disesuaikan sesuai kenyamanan pengemudi.

Terdapat pengaturan tinggi rendah, sliding, dan tentunya reclining. Selain itu, posisi lingkar kemudi dapat diatur secara tilt dan teleskopik.

Toyota Corolla Cross

Orang dewasa dengan tinggi 165 sentimeter dapat dengan mudah mendapatkan posisi mengemudi ternyaman dengan visibilitas khas SUV yang luas dan tinggi.

Untuk penumpang di samping pengemudi, jok depan mendapat pengaturan yang sama. Sementara jok belakang masih bisa di-reclining, sehingga nyaman untuk perjalanan di dalam kota maupun perjalanan jauh ke luar kota.

Menambah kenyamanan, seluruh jok sudah dilapis dengan kulit sehingga menambah kesan mewah. Ya, kemewahan sedan sebagai basis dari Corolla tetap dibawa pada SUV ini.

Baca juga: Launching Hari Ini, Harga Toyota Corolla Cross Resmi Diliris

Interior Toyota Corolla Cross sepenuhnya menggunakan warna hitam, namun pencahayaan dalam kabin tetap optimal berkat adanya power moon roof dengan tirai yang dapat dibuka.

Toyota Corolla Cross

Rasa berkendara

Mengemudikan Toyota Corolla Cross tidak seperti mengemudi SUV. Pengaturan jok dapat diatur serendah mungkin sehingga tetap ada rasa sedan ketika melajukan mobil ini.

Ditambah, mesin 1.798 cc yang dipadu dengan transmisi CVT. Putarannya terasa halus mulai dari saat awal menginjak pedal gas.

Tanjakan curam tanpa masalah dapat dilibas oleh Toyota Corolla Cross. Jika berhenti di tengah tanjakan pun tidak ada masalah sebab mobil tidak akan meluncur turun berkat adanya Hill Start Assist (HSA).

HSA akan menahan mobil sekitar tiga detik, membuat pengemudi memiliki kesempatan memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas untuk kembali melajukan mobil saat tanjakan.

Kesan SUV terasa cukup kental, sebab Toyota Corolla Cross masih menggunakan rem parkir mekanik dengan sistem injak.

Baca juga: Impresi Pertama All New Toyota Corolla Altis: Makin Sporty dan Canggih

Kekedapan di dalam kabin bisa dibilang cukup. Suara mesin hampir tidak terdengar. Terlebih bila tirai dari power moon roof ditutup.

Toyota Corolla Cross

Rasanya jadi penumpang

Duduk di jok penumpang belakang dengan tingg 165 sentimeter tidak ada keluhan sama sekali. Baik ruang kaki dan kepala masih terasa lega.

Kenyamanan juga ditunjang dengan jok yang masih dapat pengaturan reclining serta arm rest berikut dengan cup holder.

Ada juga kisi-kisi AC pada konsol tengah yang meneruskan udara segar dari depan. Untuk menambah baterai smartphone, tersedia power outlet USB pada konsol box tengah.

Satu hal yang mengejutkan adalah bantingan suspensinya lembut. Walau hanya melewati speed bump, kenyamanan suspensi Toyota Corolla Cross sangat terasa.

Baca juga: SevaMagz Vol. 5: Toyota di Hati Kita

Kenyamanan tersebut didapat berkat penggunaan suspensi belakang torsion beam yang berpadu dengan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C).

Dengan platform tersebut, Toyota Corolla Cross memiliki body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk serta nyaman sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, atau pedesaan.

Toyota Corolla Cross

Sistem hiburan

Memiliki sebuah SUV pasti tidak hanya digunakan di dalam kota saja. Sejatinya, SUV adalah mobil yang tepat untuk dijadikan teman berpetualang.

Agar perjalanan tidak jenuh, fitur hiburan terkini ikut disematkan dalam Toyota Corolla Cross.

Head unit-nya sudah menggunakan layar sentuh 9 inci yang dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan audio steering switch.

Fitur kecil namun sangat berguna adalah hadirnya NFC, apalagi buat yang sering menggunakan jalan tol.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Dengan fitur ini pengemudi dapat langsung mengecek saldo pada kartu pembayaran non-tunai. Caranya tinggal pilih menu di layar dan tempelkan kartu pada lambang NFC. Hanya beberapa detik jumlah saldo akan langsung tertera.

Benar-benar sangat memudahkan bukan?

Toyota Corolla Cross

Harga

Harga All New Corolla Cross Gasoline adalah Rp 457.800.000 on the road Jakarta. Sementara untuk varian hybrid, Toyota Corolla Cross dibanderol dengan harga Rp 497.800.000 on the road Jakarta.

Sebagai informasi dari bagian penjualan, untuk varian bensin unitnya sudah tersedia di Auto2000 ABC BSD City, sedangkan yang hybrid masih menunggu pengiriman.

Pilihan warnanya meliputi Attitude Black Metallic, Celestite Gray Metallic, Graphite Metallic, Metal Stream Metallic, Nebula Blue Metallic, Platinum White Pearl, dan Red Mica Metallic.

Soal perawatan, ada gratis servis berkala sampai dengan servis berkala ke-6 maksimum 4 tahun atau 50.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang termasuk di dalamnya gratis biaya jasa dan suku cadang.

Selain itu, tersedia pula warranty selama 36 bulan atau 100.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu) yang berlaku di seluruh bengkel resmi Toyota.

Baca juga: Impresi Toyota All New C-HR: Enak untuk di Perkotaan dan Roadtrip

Untuk varian hybrid di Indonesia juga mendapatkan tambahan battery warranty 2 tahun atau 50.000 kilometer sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 kilometer (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu).

Toyota Corolla Cross

Kesimpulan

Secara dimensi, SUV 5 penumpang ini memiliki panjang 4.460 milimeter, lebar 1.825 milimeter, dan tinggi 1.620 milimeter. Termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 milimeter.

Radius putarnya sendiri 5,2 meter, memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan. Untuk parkir pun sudah dilengkapi dengan kamera mundur.

Berkat fitur dan kemampuan yang ditawarkan, Toyota Corolla Cross adalah teman yang cocok untuk di dalam kota bahkan hingga perjalanan keluar kota.