Search Cars

Travel & Lifestyle

Musim Hujan Juga Bisa Liburan Loh, Ini Tipsnya

Di musim hujan seperti saat ini, bukan berarti menjadi halangan untuk liburan. Tentu ada persiapan lebih untuk menghadapi cuaca yang berubah-ubah. Berikut beberapa tips liburan di musim hujan.

Tempat Tujuan

Pemilihan tujuan lokasi liburan di musim hujan sangat berbeda dengan saat musim kemarau. Di saat musim hujan, Anda harus benar-benar selektif memilih tempat tujuan mana yang akan dikunjungi.

 

Jangan sampai Anda terjebak banjir atau mengunjungi tempat yang sangat riskan seperti pantai dan wisata alam lainnya saat musim hujan, cobalah untuk berlibur ke pedesaan dengan pemandangan alam yang asri, saat hujan turun dapat memandangi kebun teh atau memandangi sawah.

Penerbangan langsung

Meski memang harga tiketnya lebih mahal namun inilah cara terbaik untuk liburan saat musim hujan. Hal ini juga untuk menghindari delay akibat gangguan cuaca saat menggunakan penerbangan transit atau connection flight.

 

Bahkan pengeluaran dapat bertambah saat pesawat delay akibat gangguan cuaca, misalnya saat harus menginap di bandara atau tempat lain, tentu akan membeli makanan dan minuman.

Cek perkiraan cuaca

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda mengecek prakiraan cuaca tempat yang akan dikunjungi lewat situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau aplikasi cuaca yang ada di smartphone.

 

Kondisi saat musim hujan di daerah tujuan bisa jadi berbeda satu sama lain. Ada wilayah tertentu yang curahnya hujan tinggi, sementara daerah lain tidak. Di wilayah pegunungan biasanya curah hujan tinggi.

Bawa dan gunakan pakaian yang simple

Musim hujan akan lebih akrab dengan kondisi becek dan basah. Hindari menggunakan pakaian berat dan sulit kering seperti jeans atau wol.

 

Sebaiknya Anda bawa dan gunakan pakaian ringan, fungsional, dan mudah kering. Selain itu, daripada pakai sepatu yang mudah basah, Anda lebih baik gunakan sandal gunung yang mudah kering dan tidak licin.

Cari alternatif lain

Selain aktivitas outdoor, selama musim hujan Anda juga bisa berhenti sejenak mengekplorasi keindahan alam dan beralih untuk mempelajari sejarah kebudayaan dengan mengunjungi museum, sambil menambah ilmu pengetahuan.

 

Atau bisa juga mengekplorasi tempat hangout unik lainnya yang bisa digunakan buat menikmati hujan sepanjang pagi dan sore sambil mengudap makanan khas setempat.

Jaga kesehatan

Selama traveling di musim hujan jagalah kondisi dan kesehatan badan Anda dengan mengkonsumsi multivitamin, terlebih yang mampu mempertahankan sistem imunitas tubuh seperti vitamin C. Jangan sepelekan obat-obatan rringan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Pada saat musim ujan, bawalah obat-obatan untuk penyakit ringan yang sering dialami saat musim hujan seperti flu dan demam.

Pergi ke destinasi wisata yang memiliki cuaca cerah

Biasanya musim hujan di Indonesia dan negara-negara lainnya di kawasan Asia Tenggara ada di akhir tahun. Di Indonesia, musim hujan bergeser di bulan Oktober sampai April.

 

Jika memiliki dana berlebih, pilihan untuk berlibur ke Timur Tengah adalah pilihan yang patut dicoba. Negara-negara Timur Tengah sangat jarang diguyur hujan jadi bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tujuan berlibur.

Mandilah sehabis hujan-hujanan

Meski suhu udara dingin, bilaslah tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Mandi akan menyegarkan tubuh. Jika tidak tahan dengan air dingin gunakanlah air hangat. Cara seperti ini dipercaya dapat menghindari diri dari masuk angin dan sakit kepala.

Pilih penginapan berfasilitas lengkap

Pertimbangkan untuk memilih penginapan yang memiliki fasilitas lengkap seperti Wi-Fi gratis, TV dengan saluran internasional, kolam renang, fasilitas kebugaran, pijat, jacuzzi, sauna dan spa.

 

Jadi meski hujan deras disertai petir, Anda tetap dapat menikmati liburan dengan bersantai dan menikmati berbagai fasilitas tersebut, tanpa merusak mood liburan.

Sewa mobil

Agar tidak kehujanan jika ingin berpindah antar satu tempat ke tempat lainnya, ada baiknya Anda sewa mobil saja. Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, Anda akan lebih hemat tenaga.

 

Selain bertugas mengantar Anda berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan pelancong. Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi Anda dapat menekan budget saat liburan.

 

Nah, bila bingung, kini ada solusi bagi turis yang ingin menyewa mobil untuk berbagai kebutuhan, termasuk liburan. Movic merupakan aplikasi yang menghubungkan pemilik dan penyewa mobil.

Fasilitas saat menyewa mobil lewat Movic pun fleksibel, turis bisa memilih menggunakan sopir atau lepas kunci dengan pilihan durasi yang tersedia terdiri dari 6, 12, dan 24 jam (1 hari). Jika Anda ingin menyewa mobil di luar dari paket yang teredia, bisa langsung negosiasi dengan pemilik mobil dan membayarkan biaya tambahannya.

 

Pengguna Movic tidak perlu khawatir, tiap akun yang terdaftar di Movic telah melalui proses verifikasi untuk menjaga keamanan bertransaksi saat menyewakannya lepas kunci.

 

Jadi, segera download Movic. Mo’ Untung, Movic Aja!

movic

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.