Search Cars

Travel & Lifestyle

Lemas Saat Berpuasa? Mungkin Kamu Melewatkan 5 Hal Ini

Jangan lewatkan 5 hal berikut ini bila tidak ingin cepat lemas saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

lemas saat berpuasaHidangan yang disantap saat berbuka dan sahur merupakan kunci penting agar tidak mudah lemas saat berpuasa di bulan Ramadan. Untuk itu, disarankan untuk selalu menyantap makanan yang menyehatkan tubuh.

Dengan begitu, nutrisi pada tubuh akan terpenuhi dengan baik dan mencegah kamu dari rasa lemas saat beraktivitas di bulan puasa.

Memang, tubuh akan kekurangan cairan ketika berpuasa, apalagi saat beraktivitas di bawah terik matahari. Kebutuhan cairan di dalam tubuh otomatis makin bertambah. Jika itu terjadi, tubuh bisa menjadi lemas dan tidak bertenaga.

Nah, untuk mencegah kamu merasa lemas saat berpuasa, ada baiknya untuk tidak melewatkan 5 hal penting di bawah ini.

 

Tidur lebih awal

Selama bulan puasa, jam tidur tentu akan berubah karena kamu harus bangun untuk melakukan sahur. Oleh karena itu, agar kamu memiliki cukup waktu untuk beristirahat, maka kamu perlu mengubah jam tidurmu.

Usahakan tidur lebih awal selama bulan puasa, sehingga kamu tetap memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat agar tetap fit. Jadi, kamu akan terhindar dari rasa lemas saat berpuasa.

Baca Juga: Pilihan Hidangan Berbuka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

Perhatikan menu makanan

Kemudian, perhatikan menu makanan saat kamu berbuka atau sahur. Untuk menghindari lemas saat berpuasa, ada baiknya untuk mengurangi makanan berminyak atau gorengan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak berpotensi membuat tenggorokan terasa kering dan membuatmu lemas saat berpuasa, karena kemampuan tubuh dalam menyerap oksigen menurun. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti ubi, beras merah, atau gandum yang mampu menyimpan energi cadangan pada tubuh. Begitu pula dengan makanan yang mengandung protein, seperti telur, ikan, ayam, dan lain-lain.

Selain itu, hindari juga terlalu banyak menyantap makanan asin karena membuatmu mudah merasa haus.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Buka Puasa 2020

Minum air putih yang cukup

Jangan sampai lupa untuk minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi karena banyaknya cairan yang hilang saat berpuasa.

Lalu, makan juga buah-buahan untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa. Kamu juga bisa meminum air kelapa murni tanpa gula sebagai pengganti isotonik untuk mencegah rasa lemas saat berpuasa.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Bukber yang Instagramable di Jakarta

Lakukan olahraga ringan

Walaupun harus menahan lapar dan haus, namun bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Terlalu banyak tidur atau kurang bergerak justru bisa membuatmu merasa lemas saat berpuasa. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah lemas. Lakukan olahraga rigan seperti yoga atau home workout lainnya.

Baca Juga: Alasan Gorengan Digemari Untuk Buka Puasa di Indonesia

Kurangi konsumsi gula berlebih

Berbuka puasa memang identik dengan makanan manis atau takjil seperti kolak, cendol, es buah, dan hidangan manis lainnya. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak tidak baik pada tubuh, karena bisa meningkatkan kadar gula darah.

Hal ini membuat kamu menjadi lemas dan malas bergerak. Lebih baik, konsumsi makanan atau minuman manis secukupnya agar baik untuk tubuh.

Perlu diingat, bahwa menjalankan ibadah puasa tidak hanya membersihkan diri secara rohani, namun juga jasmani. Maka dari itu, hindari hal-hal yang dapat membuat puasamu terganggu. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Bila kamu kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan untuk membuat makanan sehat, jangan khawatir. Kamu bisa #NitipBelanja menggunakan Sejalan. Kini, Sejalan juga memanjakan kamu agar tetap mendapatkan bahan makanan walapun #diRumahAja.

Lalu, 1000 penitip belanja kebutuhan dapur pertama akan mendapatkan diskon Rp 20 ribu. Jadi, yuk #NitipBelanja di Sejalan

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.