Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kenapa Dashcam Itu Penting dan Perlu Jadi Aksesoris di Mobil?

Teknologi di dunia otomotif terus berkembang guna menunjang keselamatan dan keamanan saat berkendara di jalan. Salah satu perangkat aksesoris yang kini banyak dipasang di mobil masa kini adalah car dashboard camera atau biasa disebut dengan dashcam.

 

Ya, cara kerja dari dashcam ini mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV), namun didesain untuk mobil, yaitu untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi. Proses perekaman didesain secara otomatis dan dimulai ketika mobil dinyalakan.

 

Jenis dan fungsi dashcam

Ada beberapa jenis dashcam yang bisa digunakan sebagai alat yang membantu pengawasan terhadap mobil dan juga menghasilkan bukti rekaman, seperti yang menghadap ke depan, interior, tipe outdoor dan juga dua channel yakni depan dan belakang.

 

Fungsinya pun berbeda-beda, yang biasa digunakan dan penting adalah dashcam yang menghadap ke depan. Tapi jika ingin lebih aman dapat menggunakan yang dua channel, menghadap depan dan belakang.

 

Kegunaan keduanya untuk mengetahui dan menjadi alat bukti jika ada kejadian di depan atau adanya kejadian tabrak belakang oleh mobil lain.

Hal ini untuk menghindari pemerasan. Ada kalanya saat mengalami tabrakan, akan saling menyalahkan antara dua atau beberapa pihak. Rekaman dari dashcam bisa jadi bukti nyata pemilik mobil untuk menentukan siapa yang benar dan salah atas terjadinya insiden.

 

Tidak hanya itu, rekaman dari dashcam dapat membantu pihak asuransi menyelidiki penyebab kecelakaan. Dengan rekaman ini akan memperkuat temuan pihak asuransi terkait klaim apakah pemilik mobil berhak mendapat pertanggungan atas insiden yang terjadi atau tidak.

 

Dashcam interior memiliki fungsi sebagai pemantau kegiatan di dalam kabin. Biasanya digunakan oleh orang yang memakai sopir. Jadi bisa mengetahui kegiatan saat sopir sedang mengemudi, misalnya mengantar anak sekolah, cara mengemudi si sopir, penyalahgunaan mobil, dan lain-lain.

Sedangkan yang kamera eksterior banyak digunakan perusahaan ekspedisi pegiriman barang yang menggunakan truk. Tujuannya sebagai alat bukti bila saat di perjalanan pengemudi truk tersebut menjadi korban bajing loncat dan barang bawaannya dijarah.

 

Ada juga kejadian tidak terduga saat mengemudi yang dapat terekam dengan dashcam. Bahkan beberapa di antaranya sempat viral. Misalnya fenomena alam yang aneh atau kelakuan pengemudi lain yang tidak wajar saat di jalan raya.

 

Fitur dan pemasangan dashcam

Selain perekaman otomatis saat mobil dinyalakan dan berjalan, beberapa dashcam juga dilengkapi dengan fitur pengukur kecepatan serta GPS (global positioning system). Sehingga lewat laptop atau smartphone yang terhubung dengan Internet, pemilik mobil dapat mengetahui dan melakukan tracking kemana saja kendaraannya berjalan saat dipinjam atau disewakan.

 

Ada juga dashcam dengan fitur sensor gerak. Fitur ini gunanya pada saat mobil diam dan mesin mati, atau keadaan terparkir. Nah, pemilik mobil jadi bisa mengetahui keadaan mobilnya, seperti saat parkir tersenggol mobil lain hingga tindakan pencurian. Hal ini karena dashcam akan otomatis aktif jika ada pergerakan dari mobil, sekecil apa pun itu.

 

Pemasangan dashcam ini juga mudah. Untuk dashcam standar yang menghadap depan, pemilik mobil hanya tinggal memasang mounting di dashboard atau suction cup pada kaca depan sebagai dudukan untuk kamera menghubungkan kabel power ke socket lighter sebagai sumber daya listriknya.

Untuk menyimpan hasil rekaman, dashcam juga sudah memiliki memori built-in yang juga dapat ditambah kapasitasnya dengan menggunakan high speed microSD. Ketika memori penuh, kamera pun akan melakukan rekaman ulang dengan menghapus data yang lama. Fitur ini dinamakan dengan continuous loop.

 

Saat malam atau minim cahaya pemilik mobil pun tidak perlu khawatir karena kamera dashcam juga memiliki fitur night vision yang menggunakan bantuan teknologi infrared.

 

Idealnya jika ingin gambar yang jernih, pemilik mobil dapat menggunakan dashcam yang dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080P 60 FPS dengan sudut pengambilan gambar sebesar 150 derajat. Semakin besar sudut, maka kemampuan kamera semakin luas menangkap obyek-obyek di sekitar mobil.

Meski bentuknya cenderung kecil, hampir sebesar kamera saku, tapi piranti ini memiliki kegunaan yang sangat penting, yakni merekam kejadian dan kondisi jalan saat berkendara, sehingga bisa dijadikan sebagai alat bukti oleh pengemudi.

 

Gimana, mau pasang dashcam di mobil? Harga pasaran dashcam mulai dari Rp800 ribu hingga Rp1,750 ribu.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.