Search Cars

Tips & Rekomendasi

Jenis Mobil Apa yang Cocok Digunakan untuk Mudik Lebaran?

Mudik lebaran dengan mobil pribadi memang menyenangkan. Dari banyaknya jenis mobil pribadi, mana yang menjadi pilihan pemudik untuk digunakan ke kampung halaman?

Mudik Lebaran tidak lama lagi terjadi dan tidak sedikit dari pemudik yang menggunakan mobil pribadi saat bertolak ke kampung halaman. Namun, sebagian dari pemudik tersebut mungkin masih ada yang bingung untuk mudik menggunakan mobil.

 

Pasalnya, mobil yang mereka gunakan kadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Banyak juga yang bertanya, mobil seperti apa yang enak dan cocok untuk dipakai mudik?

 

Sebenarnya, tidak ada ukuran yang pasti mengenai hal ini. Mobil buat mudik yang enak dan cocok tergantung dari kebutuhan, karena setiap tipe mobil memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

MPV (Multi Purpose Vehicle) misalnya, jenis mobil yang sangat cocok jika dipakai mudik bersama dengan anggota keluarga. MPV memiliki daya angkut 7 penumpang karena terdapat tiga baris kursi, yaitu depan, tengah, dan belakang.

 

Selain daya angkut penumpangnya, MPV juga memiliki keunggulan pada daya tampung bagasinya. Lalu, MPV juga tergolong jenis mobil irit bahan bakar. Jadi pastinya akan jarang berhenti di pom bensin sehingga juga otomatis memangkas waktu perjalanan.

 

Bukan hanya MPV, tipe Sport Utility Vehicle (SUV) juga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai mobil untuk mudik. Desainnya yang kuat mencerminkan bahwa SUV memiliki kaki-kaki yang kokoh sehingga mampu melibas medan jalan yang berat.

Apalagi, rata-rata SUV saat ini sudah menyematkan suspensi yang nyaman dan memanjakan setiap orang yang berada di dalamnya. Untuk itu, mudik menggunakan SUV seperti Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, dan sebagainya merupakan suatu pilihan yang tepat.

 

Selain MPV dan SUV, segmen city car atau mobil compact juga menjadi incaran para pemudik, tetapi tidak sebesar MPV dan SUV. Kedua segmen tersebut merupakan mobil yang memang dirasa cocok untuk dibawa mudik dengan keluarga besar ketimbang city car.

 

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi 4,3 juta orang

Kendaraan pribadi, khususnya mobil, memang lumayan digemari oleh sebagian pemudik karena lebih nyaman dan fleksibel. Maka dari itu, tidak heran jika jumlah masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik sangat banyak.

 

Berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), masyarakat Jabodetabek yang akan mudik berjumlah 14, 9 juta jiwa, atau 44,1 persen dari total penduduk wilayah tersebut. Dari jumlah itu, 4,3 juta penduduk diprediksi  menggunakan kendaraan pribadi.

 

Memang, bila berdasarkan karakteristik penggunaan moda transportasi oleh para pemudik Jabodetabek, bus menjadi yang teratas. Masyarakat yang menggunakan bus sebanyak 4.459.690 orang atau sebesar 30 persen, sedangkan mobil pribadi sebanyak 4.300.346 orang.

 

Walaupun begitu, pemudik yang menggunakan mobil pribadi tetap menjadi prioritas Kemenhub karena jumlahnya yang mencapai 28,9 persen pemudik, hanya berbeda 1,1 persen dengan pemudik yang menggunakan bus.

 

Dikutip dari Wartakotalive.com, PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik lebaran 2019 akan jatuh pada H-5, atau Jumat (31/5) mendatang. Pihak Jasa Marga memprediksi, sedikitnya akan ada 1.383.830 kendaraan pribadi yang meninggalkan Jakarta. Jumlah tersebut naik 7,58 persen dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah di atas, ada 54 persen kendaraan yang akan melintasi arah timur melalui jalur Pantura, sedangkan 46 persennya lagi memilih untuk menggunakan jalur selatan dan tengah. Mereka akan menuju kawasan Puncak melalui Gerbang Tol (GT) Ciawi.

 

Lalu, sisanya akan melewati GT Cikupa menuju Merak dan melanjutkan perjalanan ke Sumatera.

 

Sementara itu, Jasa Marga juga memprediksi, bahwa puncak arus baik akan jatuh pada H+3 Lebaran, atau Minggu (9/6).

 

Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, jangan lupa selalu menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan saat berkendara. Lalu, pilihlah mobil yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga dan barang bawaan Anda.

 

Jadi, selamat mudik dan merayakan Hari Raya bersama keluarga di kampung halaman!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.