Alasan Kenapa Investasi Properti Dinilai Lebih Menguntungkan

07 March 2018

Investasi kini sudah menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan setiap orang. Jenis investasi juga bermacam-macam, misalnya investasi emas, reksadana, obligasi, deposito, valuta asing, dan juga properti.

 

Dari beberapa jenis investasi tersebut, investasi properti merupakan salah satu yang paling diminati. Selain dapat mendatangkan keuntungan yang besar di kemudian hari, investasi properti juga dapat dilakukan sendiri alias tanpa campur tangan dari pihak manapun.

 

Ada beberapa alasan mengapa banyak orang yang ingin memiliki investasi di bidang properti. Apa saja? Silakan simak manfaat investasi properti di bawah ini.

 

1. Harga semakin naik

 

Peningkatan jumlah penduduk di suatu daerah membuat pemerintah daerah tersebut harus bisa menyediakan tempat tinggal bagi penduduknya. Jadi, jika di daerah tersebut jumlah penduduknya semakin meningkat, kebutuhan akan properti juga otomatis meningkat.

 

Tetapi, peningkatan kebutuhan properti tersebut lama-kelamaan tidak akan sesuai dengan luas wilayah yang tidak bisa meningkat. Oleh karena itu, di daerah yang ramai penduduk, harga properti semakin lama akan semakin meningkat.

 

Belum jika bicara lokasi, semakin strategis lokasi tersebut atau akses yang mudah maka harga akan cepat melambung dibanding lokasi lain.

 

2. Harga mengikuti inflasi

 

Inflasi akan terjadi jika pemerintah mencetak uang dalam jumlah yang banyak dan uang yang beredar akan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Biasanya, pemerintah sangat sulit untuk mengendalikan inflasi.

 

Hal ini berbeda dengan investor properti. Jika inflasi meningkat, mereka pun juga akan meningkatkan harga properti mereka sesuai dengan inflasi yang terjadi. Jadi, memiliki investasi properti merupakan salah satu langkah tepat untuk berlindung dari inflasi karena harganya akan meningkat secara bersamaan.

 

rumah ,murah jakarta3. Arus kas bebas

 

Selain untuk tempat tinggal pribadi, keuntungan memiliki investasi di bidang properti adalah bisa disewakan. Jadi, pemilik dapat mengambil keuntungan dari arus kas tersebut.

 

Keuntungan arus kas investasi properti didapat dari biaya tahunan kontrak rumah, atau bisa juga perbulan, tergantung dengan perjanjian.

 

4. Nilai ditentukan oleh pemilik

 

Keuntungan lainnya adalah kontrol dari nilai properti tersebut dipegang sepenuhnya oleh pemilik. Contohnya, jika Anda menjual emas atau valuta asing, nilai dari investasi tersebut biasanya diatur oleh pergerakan harga saham. Sedangkan properti, pemilik bebas mengendalikan harga sewa ataupun harga jual tanpa ada yang mengatur.

 

5. Nilai aset dapat ditingkatkan

 

Investasi di bidang properti juga lebih fleksibel. Artinya, nilai aset dapat ditingkatkan sesuai dengan keinginan pemilik dengan cara merenovasi aset Anda, seperti memperbesar halaman, membuat kolam renang, menambah ruangan atau lantai, dan lain sebagainya.

 

6. Tidak memakan waktu untuk mengurusnya

 

Bisa dikatakan properti adalah investasi yang tidak harus memerlukan banyak waktu untuk menanganinya, walaupun aset properti Anda jauh dari tempat tinggal Anda, kenapa? Karena Anda dapat mempekerjakan property manager atau facility manager untuk merawat aset Anda tersebut.

 

Seva.id menawarkan beragam investasi di bidang properti untuk Anda. Beragam hunian seperti, Asya, ArumayaAnandamaya, hingga Menara Astra bisa Anda jadikan pilihan.

SHARE