Search Cars

Berita Utama Otomotif

Air Wiper Mobil Macet? Ketahui Penyebab dan Solusinya!

Wiper mobil adalah salah satu komponen penting untuk memastikan keamanan selama berkendara, terutama ketika cuaca sedang hujan atau berkabut. Namun, seringkali kita mengalami masalah ketika air wiper mobil tiba-tiba macet atau tidak keluar dengan lancar. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab air wiper mobil yang macet serta solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

air wiper

Penyebab Air Wiper Mobil Macet

1. Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran yang menumpuk di kaca depan mobil dapat menjadi salah satu penyebab utama air wiper mobil yang macet. Partikel-partikel ini dapat menghalangi jalannya air dan membuat kinerja wiper terganggu.

2. Sarang Serangga

Serangga seperti nyamuk atau lalat sering kali menempel di kaca depan mobil. Saat wiper bergerak, serangga ini dapat tertinggal di sepanjang lintasan wiper, menyebabkan air tidak dapat keluar dengan sempurna.

3. Karet Wiper Aus

Karet wiper yang aus atau rusak dapat menghambat aliran air. Kondisi ini bisa terjadi karena faktor usia, paparan sinar UV, atau penggunaan wiper yang tidak tepat.

4. Saluran Air Tersumbat

Saluran air wiper yang tersumbat oleh kotoran atau sisa-sisa serangga dapat menyulitkan aliran air dengan baik. Hal ini bisa membuat air keluar dengan tidak merata atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Baca juga: Jangan Mengisi Air Wiper Mobil pakai Sabun, Apa Alasannya?

Solusi untuk Air Wiper Mobil yang Macet

1. Bersihkan Kaca Depan

Kamu bisa secara rutin membersihkan kaca depan mobil dari debu dan kotoran. Gunakan pembersih kaca yang baik dan lap mikrofiber untuk hasil yang maksimal.

2. Periksa dan Bersihkan Karet Wiper

Pastikan karet wiper dalam kondisi baik. Bersihkan karet dari kotoran atau residu yang menempel menggunakan cairan pembersih kaca.

3. Cek Saluran Air

Periksa saluran air wiper untuk memastikan tidak ada sumbatan. Gunakan jarum atau benda kecil lainnya untuk membersihkan saluran yang mungkin tersumbat.

4. Gunakan Cairan Wiper yang Tepat

Pilihlah cairan wiper yang sesuai dengan musim dan kondisi cuaca. Cairan wiper yang baik dapat membantu mencegah pembekuan saat suhu dingin atau membantu membersihkan kotoran dengan lebih efektif.

Baca juga: Musim Kemarau, Benarkah Wiper Mobil Harus Diangkat Saat Parkir?

Dengan merawat wiper mobil secara berkala, kamu dapat memastikan agar wiper selalu berfungsi dengan baik dan memberikan pandangan yang jelas selama berkendara, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem. Ingatlah untuk melakukan pemeriksaan rutin agar masalah air wiper mobil yang macet dapat diidentifikasi dan diatasi sejak dini. Jika wiper mobil kamu mengalami masalah atau kerusakan, kamu dapat melakukan perbaikan dengan klaim asuransi mobil ya. Semoga tips ini bermanfaat untuk menjaga performa wiper mobil kamu tetap optimal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.