Viral Akibat KKN Desa Penari, Ini Dia Fakta Seputar Jawa Timur

11 September 2019

Meski sempat viral akibat kisah horor KKN Desa Penari, Jawa Timur juga punya sisi unik dan menarik. Ini dia fakta seputar Jawa Timur.

Jawa TimurKisah horor KKN Desa Penari di Jawa Timur menjadi perbincangan netizen belakangan ini. Cerita mengerikan dari 6 mahasiswa yang sedang menjalani kegiatan lintas keilmuan dan sektoral tersebut diunggah oleh akun Twitter @SimpleM1378523 beberapa waktu lalu.

 

Namun, walaupun disebutkan berada di Jawa Timur, tidak diketahui secara pasti dimana lokasi desa itu. Akun @SimpleM1378523 hanya menyebut wilayah Desa Penari dengan inisial B.

 

Kisah horor ini secara tidak langsung membuat daerah Jawa Timur dianggap seram oleh sebagian masyarakat. Bahkan, sisi unik dari Jawa Timur seakan dilupakan. Padahal, Jawa Timur punya berbagai pesona menarik yang bisa dieksplorasi oleh wisatawan, dari destinasi wisata, kuliner, kebudayaan, dan lain-lain.

 

Untuk lebih lengkapnya mengenai keunikan Jawa Timur bisa kamu simak di bawah ini.

 

  1. Destinasi Wisata yang Beragam

Tak lengkap rasanya jika berbicara Jawa Timur tanpa membahas destinasi wisatanya yang beragam. Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi unggulan masing-masing. Kalau kamu suka wisata alam terutama gunung, Jawa Timur punya Gunung Bromo yang memiliki panorama yang sangat indah.

 

Baca juga: Kenalan dengan 9 Tempat di Dieng yang Wajib Dikunjungi

 

Tak hanya turis domestik saja yang terpikat oleh keindahan Gunung Bromo, setiap tahunnya ribuan turis asing juga berdatangan ke Gunung Bromo. Namun, selain wisata alam, Jawa Timur punya pilihan lain buat kamu, lho! Berlokasi di Malang, Jatim Park bisa kamu masukkan ke list liburan kamu.

 

Jatim Park adalah taman bermain yang menawarkan puluhan wahana seru dan cocok untuk semua umur, dari orang dewasa hingga anak-anak. Cocok banget buat liburan bareng keluarga.

 

  1. Surga Wisata Kuliner

“Surganya wisata kuliner” seakan pantas menjadi sebutan dari provinsi yang terletak di timur pulau Jawa ini. Apabila kamu mencari makanan berat untuk disantap ketika berlibur ke Jawa Timur, kamu wajib coba nasi krawu. Makanan khas Gresik ini terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng. Makanan ini semakin menarik karena disajikan menggunakan daun pisang.

 

Baca juga: Kuliner Malam yang Hangat Dijamin Enak di Cibadak Culinary Night

 

Selain itu, Jawa Timur memiliki camilan khas yang cocok disantap saat sedang bersantai. Kalau biasanya gethuk terbuat dari singkong, gethuk khas Jawa Timur terbuat dari pisang dengan rasa khas yang manis, lembut, dan asam.

 

Masih banyak makanan yang bisa kamu cicipi, seperti rujak cingur, sate klopo, nasi tempong, bakso malang, dan lain-lain.

 

  1. Kebudayaan Yang Unik

Bukan cuma wisatanya yang menjadi daya tarik bagi Jawa Timur, tapi kebudayaan dan tradisi yang dimiliki Jawa Timur juga menjadikan liburan kamu semakin berwarna. Jawa Timur punya festival unik setiap tahunnya, yaitu Festival Bandeng di Siduarjo.

 

Festival ini biasanya dilaksanakan sebelum Hari Raya Idul Fitri atau dalam rangka memperingati hari besar Islam lainnya. Festival khas ini merupakan upaya pemerintah setempat untuk melestarikan ikan bandeng, karena Sidoarjo sendiri terkenal sebagai penghasil ikan bandeng. Lambang Kabupaten Sidoarjo bahkan bergambar ikan bandeng.

 

  1. Kehangatan Masyarakat Jawa Timur

Stereotype kalau orang Jawa pasti kalem membuat masyarakat Jawa Timur sering dibilang gak kalem dan kasar. Padahal, sebenarnya masyarakat Jawa Timur cenderung memiliki karakter dan watak yang berbeda dengan orang Jawa Tengah.

 

Baca juga: Catat, Ini Tempat Wisata di Nusa Penida yang Wajib Dikunjungi

 

Mereka cenderung lebih blak-blakan dan tegas. Meski identik dengan Bahasa Jawa yang kasar, masyarakat Jawa Timur juga fasih berbahasa Jawa menggunakan kromo inggil, alus dan juga ngoko.

 

  1. Punya Kampus Terbaik di Indonesia

Jawa Timur cocok buat kamu yang mau melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Jawa Timur memiliki banyak kampus terbaik yang menjadi favorit para calon mahasiswa baru, seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, dan sebagainya.

 

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Jawa Timur? Kalau iya, kamu bisa menggunakan transportasi darat, laut, atau udara untuk menuju kesana. Setelah sampai, jangan lupa booking shuttle bus melalui aplikasi Sejalan, biar perjalananmu lebih menyenangkan dan aman. Sejalan punya berbagai rute di Jawa Timur, lho! Lebih lengkapnya bisa kamu temukan di aplikasi Sejalan.

 

Jadi, ayo download Sejalan sekarang!

 

SHARE