Infografis: Tutorial Jumper Aki Mobil yang Kurang Daya

Aki mobil kurang daya atau soak bisa saja terjadi. Untuk aktifkan sementara, begini cara jumper aki mobil yang soak dengan aman.

cara jumper aki mobil

Aki memiliki fungsi yang krusial bagi sistem kelistrikan sebuah kendaraan, baik mobil atau motor. Oleh karena itu, kondisi aki harus selalu prima.

Pada mobil, fungsi utama aki adalah untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lainnya. Selain itu, ada juga fungsi aki yang lain, seperti sebagai penyimpan daya listrik dan stabilisator tegangan.

Umumnya, aki akan bermasalah bila mobil jarang dipakai dan lama-kelamaan menjadi kurang daya atau soak. Kalau sudah begitu, ada cara untuk mengakalinya sebelum kamu ke bengkel dan mengganti aki tersebut dengan yang baru.

Baca juga: Aki Sudah Soak Di-charge, Akan Bermasalahkah?

Kamu bisa menggunakan teknik jumper. Teknik ini sering menjadi alternatif sementara para pemilik mobil untuk mengaktifkan kembali aki yang kurang daya. Namun, bagaimana cara jumper aki mobil? Tidak terlalu ribet, cukup ikuti beberapa langkah di bawah ini.

jumper aki mobil

jumper aki mobil

Jumper aki mobil dengan powerbank

Lalu bagaimana jika ingin jumper aki mobil dengan powerbank? Bisa saja, karena pada dasarnya cara kerja powerbank mirip seperti baterai.

Sebagai catatan, jika kamu ingin menggunakan cara jumper aki mobil dengan powerbank, pastikan powerbank tersebut memiliki fitur khusus serta kapasitas yang cukup untuk mengisi arus pada aki mobil.

Seiring berkembangnya zaman, kini banyak powerbank yang dijual di pasaran memiliki kemampuan untuk men-jumper aki. Hanya saja, harganya mungkin akan lebih mahal dibanding powerbank biasa.

Cara men-jumper aki mobil menggunakan powerbank tidak jauh berbeda dengan men-jumper aki dengan memanfaatkan mobil pendonor.

cara jumper aki mobil

Prosesnya tergolong mudah, tetapi memiliki resiko yang cukup merugikan bila tidak dilakukan secara benar. Bila salah, bisa saja terjadi korsleting. Jadi, selalu berhati-hati ya.

Nah, walaupun mobil jarang digunakan, sebaiknya selalu cek komponen-komponennya secara berkala untuk memastikan kualitasnya selalu prima dan #BikinKamuSiap mengendarainya kapan saja.