Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner Facelift Siap Meluncur

By Arris Riehady - Oktober 7, 2020

Kabar akan segera diluncurkan semakin nyaring terdengar, ini ubahan pada Toyota Kijang Innova Facelift dan Toyota Fortuner Facelift.

Hembusan angin soal penyegaran atau facelift pada Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner sebenarnya sudah terdengar sejak pertengahan tahun 2020 lalu.

Terlebih di negara tetangga, Thailand, Toyota Fortuner Facelift sudah lebih dulu mengaspal. Sementara, pada bulan Agustus, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited dan Toyota New Hilux di Indonesia.

Lantas bagaimana dengan Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova facelift? Kemungkinan besar juga akan diluncurkan bersamaan dengan saudaranya itu.

PT Toyota Astra Motor sendiri telah resmi mengumumkan Toyota Fortuner dan Toyota Kijang Innova facelift akan diluncurkan pada 15 Oktober 2020 secara live melalui kanal YouTube ToyotaIndonesia pukul 11:00 WIB.

Baca juga: Harga Toyota New Hilux dan Varian yang Tersedia di Indonesia

Namun, sudah banyak foto yang memperlihatkan rupa dari Toyota Kijang Innova facelift dan Toyota Fortuner facelift di sosial media. Berikut rangkuman prediksi ubahan keduanya.

Toyota Kijang Innova facelift

Facelift berarti ubahan tampilan atau kerap juga diartikan sebagai penyegaran dari model yang sudah ada. Sementara all new adalah model yang benar-benar baru dari model sebelumnya, baik dari interior, eksterior, dan mesin.

Berkaca pada Toyota Calya facelift dan Toyota Avanza facelift, prediksi ubahan yang paling terlihat dari Toyota Innova facelift ada di bagian depan.

Baca juga: Fitur dan Harga Kijang Innova TRD Sportivo Limited Saat Diluncurkan

Menurut gambar yang beredar di sosial media, Toyota Kijang Innova facelift memiliki bentuk grille trapezoidal yang diberi frame krom.

View this post on Instagram

Nah sekarang sudah semakin jelas kan tampilan dari Kijang Innova facelift, baik depan, samping, dan belakangnya, tanpa ada buram-buramnya sama sekali. Yang ada di foto-foto ini adalah tipe 2.4 V, berarti pakai mesin diesel 2.400 cc. Selain eksteriornya, disini juga bisa kelihatan detail-detail interior Kijang Innova facelift, yang jelas warna jok dan door trimnya berubah jadi coklat gelap, sebelumnya merah bata, dan khusus door trimnya itu sudah soft pad nampaknya. Ini bikin aura interiornya jadi lebih mewah dan nyatu ornamen kayu di dasbornya. Sayang tipe ini masih colok kunci untuk menyalakan mobilnya. Bicara soal detail detail tentang mobil ini, ada info dari Kumparan.com, kabarnya bakal begini: 1. Variannya terdiri dari standar (less seat), G, V, dan Venturer dengan total 16 pilihan model termasuk sistem transmisinya. 2. Tidak ada ubahan mesin 3. Kenaikan harga varian tertentu tidak sampai Rp 10 juta 4. Terdiri atas 6 pilihan warna 5. Tipe G dan V mesin bensin ada pilihan dengan captain seat Intinya, pada Kijang Innova facelift ini bakal ada 16 tipe (belum termasuk tipe standar untuk pasar fleet), paling nggak seperti ini: 2.0 G MT 2.0 G AT 2.0 G Luxury MT (captain seat) 2.0 G Luxury AT (captain seat) 2.4 G MT 2.4 G AT 2.0 V MT 2.0 V AT 2.0 V Luxury MT (captain seat) 2.0 V Luxury AT (captain seat) 2.4 V MT 2.4 V AT 2.0 Venturer MT 2.0 Venturer AT 2.4 Venturer MT 2.4 Venturer AT Loh kok ada tipe G Luxury dan V Luxury? Sebenarnya tipe ber-captain seat ini sempat ada di Kijang Innova facelift 2010, lalu versi 2013 (slide 9-10), dan hanya bermesin bensin 2.000 cc, jadi kemungkinan besar tipe ini bakal balik lagi di versi 2020 ini. Selain itu tipe V jadi tipe tertinggi Innova (menggantikan tipe Q) minus Venturer yang kabarnya punya bumper beda dengan versi standar. Jumlah pilihan warnanya masih sama tapi yang beda ada di detailnya: Super White, Silver Metallic, Dark Gray Mica Metallic, Attitude Black, Phantom Brown Metallic (NEW), dan Red Mica Metallic (NEW) Warna yang discontinued: Avant Garde Bronze dan Alumina Jade Foto 1-8: Donny Trias Ardianto via Innova Community (Facebook) dan @vincentfw #kijanginnova #toyotainnova #toyotakijanginnova

A post shared by Indra Radian Fathan (@indra_fathan) on

Lalu, lampu sein letaknya pindah dan berada di sisi bumper, sedangkan lampu kabut yang diprediksi sudah menggunakan LED ada di bagian bumper bagian bawah.

Pada sisi interior, ubahan yang terlihat adalah warna dominan, dari yang sebelumnya merah bata menjadi cokelat gelap.

Beralih ke sektor dapur pacu, Toyota Kijang Innova facelift sepertinya akan memiliki varian yang sama dengan sebelumnya.

Baca juga: Harga Toyota New Yaris yang Resmi Mengaspal di Indonesia

Fitur baru apa saja yang akan dibenamkan pada Toyota Kijang Innova facelift dan apakah varian TRD Sportivo masih dipertahankan? Menarik untuk dinantikan bersama.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!