Search Cars

Berita Utama Otomotif

Tips Packing Efisien untuk Mudik Tanpa Kelebihan Muatan Mudik Lancar, Hati Tenang

Tips Packing Efisien untuk Mudik Tanpa Kelebihan Muatan: Mudik Lancar, Hati Tenang

Tips Packing – Mudik identik dengan perjalanan jauh dan membawa banyak barang. Namun, bagasi mobil yang penuh sesak dapat menyebabkan stres dan membuat perjalanan mudik tidak menyenangkan. Packing efisien adalah kunci untuk mengatasi masalah ini. Dengan sedikit perencanaan dan tips tepat, kamu bisa memuat semua barang kebutuhan mudik tanpa melebihi kapasitas mobil.

Rencanakan dan Kategorikan Barang Bawaan

Sebelum mulai mengepak barang, luangkan waktu untuk merencanakan apa saja yang perlu di bawa. Buat daftar barang sesuai kebutuhan selama di kampung nanti. Kemudian, kategorikan barang berdasarkan fungsinya seperti:

  • Pakaian: Pisahkan pakaian sesuai jenis dan durasi keberangkatan. Gunakan teknik menggulung pakaian agar lebih hemat tempat.
  • Perlengkapan mandi: Pilih perlengkapan ukuran travel-size untuk mengurangi ruang yang di butuhkan.
  • Perlengkapan bayi: Jika membawa bayi, pisahkan perlengkapan seperti popok, peralatan makan, dan mainan anak.
  • Makanan dan minuman: Bawa perbekalan secukupnya untuk perjalanan jauh. Prioritaskan makanan kering yang tahan lama.
  • Oleh-oleh: Perkirakan berapa banyak oleh-oleh yang akan di bawa dan sesuaikan dengan ruang tersisa di bagasi.

Manfaatkan Ruang Penyimpanan dengan Cerdas

Mobil biasanya memiliki beberapa ruang penyimpanan selain bagasi utama. Gunakan ruang tersebut secara optimal seperti:

  • Kolong jok: Simpan barang lunak seperti selimut, bantal, dan perlengkapan mobil cadangan di kolong jok.
  • Saku di belakang jok: Manfaatkan saku di belakang jok untuk menyimpan barang kecil yang mudah di jangkau seperti ponsel, charger, dan obat-obatan.
  • Rak atap: Jika memang sangat membutuhkan banyak ruang, pertimbangkan menggunakan rak atap untuk membawa barang berukuran besar dan ringan. Namun, pastikan barang di ikat dengan benar dan perhatikan tinggi kendaraan agar tidak melebihi batas legal.

Pilih Barang Multifungsi dan Kemas Secara Rapi

Saat memilih barang bawaan, utamakan barang yang multifungsi. Misalnya, satu kaus panjang mungkin lebih praktis di bandingkan dua kaus pendek. Selain itu, kemas barang dengan rapi agar bisa di susun dengan efisien di dalam bagasi. Gunakan koper atau tas ransel yang bisa di lipat untuk menghemat ruang ketika tidak di gunakan.

Gunakan Vacuum Bag untuk Pakaian

Vacuum bag adalah kantong plastik khusus yang dapat di hisap udaranya sehingga ukuran pakaian menjadi lebih kecil. Alat ini sangat efektif untuk mengurangi volume pakaian dan menambah ruang penyimpanan di dalam bagasi.

Hindari Membawa Barang yang Tidak di butuhkan 

Seringkali, barang yang di bawa saat mudik ternyata tidak terpakai sama sekali. Oleh karena itu, sebelum berangkat, selektiflah dalam memilih barang bawaan. Pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pakaian: Pilih pakaian yang serbaguna dan mudah di padupadankan. Hindari membawa pakaian yang hanya di gunakan untuk satu acara saja.
  • Perlengkapan mandi: Bawa perlengkapan mandi secukupnya untuk durasi keberangkatan. Kamu juga bisa membeli perlengkapan mandi di kampung nanti.
  • Makanan dan minuman: Perkirakan kebutuhan makanan dan minuman dengan baik. Bawa makanan kering yang tahan lama dan minuman dalam kemasan kecil.
  • Oleh-oleh: Sebaiknya belilah oleh-oleh di kampung nanti agar tidak membebani perjalanan mudik. Kamu juga bisa menitip oleh-oleh kepada saudara atau teman yang tinggal di sana.

Manfaatkan Layanan Pengiriman Barang

Jika kamu memiliki barang berukuran besar atau berbobot berat yang sulit di bawa dengan mobil, pertimbangkan untuk menggunakan layanan pengiriman barang. Saat ini, banyak jasa pengiriman barang yang bisa membantumu mengirim barang ke kampung dengan biaya yang terjangkau.

Mudik Bebas Stres dengan Packing Efisien

Mudik harus menjadi momen yang menyenangkan dan tanpa stres. Dengan menerapkan tips packing efisien yang telah di jelaskan di atas, kamu dapat memuat semua barang kebutuhan mudik tanpa membuat bagasi mobil penuh sesak. Ingatlah untuk selalu memilih barang yang benar-benar di butuhkan dan manfaatkan ruang penyimpanan di mobil dengan cerdas. Selamat mudik dan selamat berlibur!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.