Search Cars

Travel & Lifestyle

Tips Memperbaiki Kondisi Keuangan Sebelum Tahun 2019 Berakhir

Tahun 2019 akan segera berakhir namun kondisi keuangan malah makin memburuk? Belum terlambat, ini caranya memperbaiki kondisi keuangan yang terlanjur buruk!

memperbaiki kondisi keuangan

Mendekati penghujung tahun, tak sedikit orang yang masih kesulitan mencapai resolusi  untuk merdeka dalam hal keuangan.

 

Penyebabnya tak lain adalah karena kondisi keuangan yang buruk yang pada akhirnya menyulitkan untuk menabung apalagi berinvestasi.

 

Nah, penting untuk Anda ketahui bahwa dalam kondisi keuangan yang sulit bukan berarti tak ada jalan yang tak dapat ditempuh. Anda masih punya kesempatan untuk memperbaikinya. Agar tidak semakin berlarut, simak tips lengkap berikut ini!

 

Baca juga: Ternyata Mobil Rusak Akibat Demo Ditanggung Oleh Asuransi

Cari tahu apa saja penyebabnya

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan adalah dengan mencari tahu penyebab yang menjadi biang keroknya. Mulailah dengan mengidentifikasi penghasilan, pengeluaran, lalu mencatat hutang serta aset yang dimiliki.

 

Dengan begitu Anda bisa menilai masalah apa yang sebenarnya terjadi. Tentunya Anda juga tahu kekurangan yang harus diperbaiki, serta tindakan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kondisi keuangan.

 

Baca juga: Cara Membayar PKB Online Melalui ATM, e-Samsat, dan SMS

memperbaiki kondisi keuangan

Susun anggaran yang jelas

Setelah mengetahui penyebab kekacauan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan susunan anggaran yang jelas.

 

Buatlah rincian pemasukan dan pengeluaran rutin, dengan begitu Anda bisa memperhitungkan kebutuhan yang harus diutamakan serta sisa dana yang bisa disisihkan untuk menabung atau investasi.

 

Dalam menyusun anggaran, Anda bisa menggunakan rumus 50:30:20 dengan rincian, alokasikan 50% pendapatan untuk kebutuhan prioritas, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% untuk tabungan.

 

Baca juga: 5 Faktor yang Menyebabkan Mobil Baru Mengalami Kenaikan Harga

tradisi hari lebaran

Mengubah gaya hidup

Tidak dipungkiri umumnya memburuknya kondisi keuangan disebabkan oleh gaya hidup yang konsumtif bahkan cenderung hedonis. Parahnya tidak sedikit yang rela berhutang demi memiliki barang-barang branded terbaru.

 

Demi memperbaiki kondisi keuangan ada baiknya Anda mulai untuk mengubah gaya hidup, hentikan keinginan impulsif yang sekiranya dapat membawa pada jurang kebangkrutan.

 

Baca juga: 5 Tips yang Bisa Bantu Millenials Mengatur Keuangan Setelah Gajian

memperbaiki kondisi keuangan

Lunasi hutang

Kondisi keuangan yang memburuk biasanya meninggalkan sesuatu yang sangat membekas, apalagi kalau bukan hutang. Jika Anda sudah terlanjur berhutang, maka segera lunasi hutang tersebut dengan menyicilnya sedikit demi sedikit.

 

Bila sudah lunas, sebisa mungkin jauhkan diri dari hutang karena hal itu dapat membebani keuangan Anda ke depannya.

 

Baca juga: Tips Mendesain Dapur Rumah yang Nyaman

memperbaiki kondisi keuangan

Evaluasi perkembangan secara berkala

Periksa secara berkala perkembangan keuangan, Anda bisa lakukan minimal satu kali tiap satu bulan. Evaluasi apakah langkah untuk mengatur keuangan berjalan dengan baik atau tidak.

 

Setelah melakukan evaluasi, Anda bisa menentukan tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan saat ini.

 

Baca juga: Kuliner Malam Semarang yang Bikin Tidur Nyenyak

Honda PCX Electric

Cari penghasilan tambahan

Langkah akhir yang dapat Anda lakukan adalah mencari penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi di dalam rekening. Dengan bertambahnya penghasilan percayalah kondisi keuangan pun perlahan akan membaik.

 

Baca juga: Testimoni dan Pengalaman Fitra Eri Beli Mobil Bekas di Pilihan Expert

 

Itu dia beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan yang memburuk. Yuk, mulai terapkan langkah-langkah tersebut dari sekarang!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.