Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Aman Mengemudi Saat Memasuki Musim Hujan, Tetap Waspada

Berkendara di musim hujan sebaiknya dilakukan secara ekstra hati-hati agar tetap aman. Lantas, tips apa saja yang bisa dilakukan?

musim hujan

Saat musim hujan datang, berkendara harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mengalami kejadian yang tak diinginkan. 

Namun, mobil yang sering digunakan pada musim hujan justru rentan mengalami beberapa kondisi yang sedikit berbeda dari umumnya atau pada musim panas. 

Oleh karena itu, setelah mengetahui cara aman mengemudi saat musim hujan, kamu juga harus tahu bagaimana merawat mobil saat musim hujan. Cek langsung infografis berikut ini ya. 

infografis musim hujan

Agar mobil tetap dalam keadaan prima, penting untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan saat memasuki musim penghujan. Caranya cukup mudah, seperti tips-tips berikut ini: 

Air hujan jangan sampai mengering

Jika mobil kamu terkena air hujan, jangan biarkan air hujan tersebut mengering di bodi mobil karena dapat dapat merusak lapisan cat dan menyebabkan karat. 

Segera cuci mobil dengan menggunakan sabun pencuci mobil dan juga spons halus untuk menghilangkan bercak bekas air hujan. 

Periksa Mesin Mobil di Musim Hujan

Periksa juga bagian mesin untuk membersihkan air-air yang masuk ke dalam. Pastikan air tidak mengenai komponen-komponen yang ada di mesin dan membuat mobil mogok pada kemudian hari.

Menyemprotkan Silicon Spray

Supaya tidak cepat rusak, semprotkan cairan silicon spray pada bagian karet dan kaca yang rentan terpapar hujan dan panas.

Gunakan Karpet Ekstra saat Musim Hujan

Karpet rawan membasahi lantai mobil saat musim hujan. Untuk menghindari agar tidak kotor, kamu bisa lapisi lantai mobil dengan karpet ekstra dan gunakan karpet berbahan kulit sintetis/karet.

Parkir di Garasi yang Tertutup

garasi mobil

Masukan mobil ke garasi yang tertutup perlu dilakukan untuk melindungi mobil dari hujan dan mencegah jamur saat air kering terkena sinar matahari langsung.

Sering Mencuci Badan Mobil

Sangat disarankan untuk sering mencuci badan mobil usai selesai digunakan untuk menghindari jamur yang dapat melekat pada badan mobil, gunakan air bersih dan lap badan mobil hingga kering sempurna.

Jika Menemui Banjir saat Berkendara

Apa yang harus kamu lakukan jika terjebak di tengah banjir dan tidak ada alternatif jalan lain yang bisa dipilih? Sebelum memutuskan untuk menerjang banjir atau tidak, pertimbangkan hal berikut:

Perhatikan Ketinggian Air

Jangan menerjang banjir jika ketinggian air melebihi saluran udara mobil yang dikendarai karena semakin tinggi genangan air, semakin besar pula potensinya untuk merusak mesin kendaraan. 

Jaga Jarak

Ketika Kamu memutuskan untuk menerjang banjir, pastikan menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar bisa memacu kendaraan Kamu dengan kecepatan konstan.

Jadi, sangat penting ya merawat kendaraan saat musim hujan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.