Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Agar Rem Tidak Blong Saat Terobos Banjir dan Genangan

Curah hujan tinggi mulai terjadi di Jakarta. Lakukan tips ini agar rem tidak blong saat terobos banjir dan genangan air yang tinggi.

rem tidak blong

Dengan intensitas curah hujan yang tinggi, Jakarta sudah menjadi langganan banjir dan menjadi daerah dengan genangan air di beberapa ruas jalannya.

Sebagai pengguna kendaraan bermotor, khususnya mobil, seringkali dihadapkan dengan situasi tidak terduga tersebut.

Yap, menerobos jalanan yang banjir sangat beresiko untuk mobil. Selain mogok, yang paling parah adalah resiko terjadinya water hammer atau kondisi air masuk ke dalam ruang bakar mesin.

Akibatnya stang piston bengkok, ring piston rusak, dinding silinder lecet, dan yang paling parah adalah kepala silinder melengkung.

Baca juga: Beberapa Tempat Parkir Mobil yang Aman dari Banjir

Bahkan, bila banjir sampai merendam ruang mesin, masalah yang sering ditemui adalah rusaknya electronic control unit (ECU) yang merupakan perangkat terpenting dan menjadi “otak” dalam mobil.

Alat ini memiliki andil yang sangat penting, seperti mengatur pengapian dan menyuplai bahan bakar ke mesin.

Bukan itu saja, kinerja rem pun dapat terganggu. Ini tips agar rem tidak blong saat terobos banjir dan genangan air yang tinggi.

rem tidak blong

Mengocok rem

Setelah melewati genangan air yang cukup tinggi atau melewati banjir, kondisi rem akan berbeda dengan kondisi normal.

Baca juga: Kenapa Mobil Bisa Mengambang Saat Terseret Banjir?

Karena setelah masuk ke dalam genangan air menyebabkan kotoran-kotoran tersebut menyelinap ke dalam rem dan membuat rem kurang pakem.

Agar fungsi rem tidak blong dan fungsinya kembali normal, setelah menerobos banjir atau genangan air ada baiknya kocok dulu pedal rem.

Tujuannya adalah agar rem bisa panas, mencengkam, dan kembali normal.

Berhenti dan cek rem

Bila sudah melakukan hal di ata namun kinerja rem belum normal, ada baiknya segera menepi di tempat aman dan cek pengereman.

Baca juga: Apakah Mobil Rusak Akibat Banjir Ditanggung Oleh Asuransi?

Kocok kembali rem sampai benar-benar normal. Pastikan kampas rem menempel dengan baik dengan piringan, remnya panas, agar airnya juga cepat hilang.

Lalu berjalan dengan kecepatan rendah lebih dulu agar bisa merasakan daya cengkram rem, dan pastinya menjaga keamanan dalam mengemudi.

Segera bersihkan

Setelah sampai di rumah, lebih baik rem dibersihkan dengan air atau langsung bawa ke tempat cuci mobil agar kotoran yang tersisa bisa segera dibersihkan.

Perlu diingat, bahwa kotoran dari genangan air bisa menyebabkan cakram berkarat, bahkan terkikis karena mengandung kerikil-kerikil kecil.

Baca juga: Lakukan Hal Berikut Ini Bila Mobil Terendam Banjir

Jika perlu, bersihkan piringan rem dengan sabun dan bilas sampai bersih agar kotoran yang masih menempel bisa hilang.  Membersihkan rem dengan sabun tidak menjadi masalah asalkan dibilas sampai bersih.

tiba-tiba rem blong

Lakukan perawatan rem

Selain dibersihkan, agar rem tidak blong tentunya dibutuhkan perawatan. Kinerja rem akan lebih berat ketika menerobos banjir atau genangan air sehingga kampasnya cepat habis.

Salah satu indikator kampas rem yang habis adalah pedal rem yang terasa lebih dalam saat diinjak dan mengeluarkan bunyi seperti besi bergesekan.

Baca juga: Ingat! 8 Komponen Ini Wajib Diperhatikan Usai Mobil Terobos Banjir

Bila sudah begitu segera ke bengkel dan lakukan penggantian kampas rem.

Ganti minyak rem

Rem bekerja dengan banyak komponen, sehingga perlu dicek juga agar rem tidak blong dan alasan keamanan lainnya.

Mumpung di bengkel, minta saja mekanik untuk mengecek kapasitas minyak rem. Umumnya minyak rem wajib diganti atau dikuras tiap dua tahun atau bila mobil sudah berjalan sejauh 40.000 kilometer.

Namun bila menerobos banjir atau genangan, bisa saja air masuk ke jalur minyak rem karena adanya kebocoran pada seal atau selang-selang rem sehingga diperlukan penggantian minyak rem lebih cepat.

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

Untuk melakukan perawatan agar rem tidak blong pun kini makin mudah dan capek antre. Gunakan saja layanan Home Service atau Booking Service dari Seva.id.

Booking Service

Namun, tidak menerobos banjir dan mencari rute lain adalah keputusan terbaik ketika berpergian menggunakan mobil saat banjir.

Karena, jika mobil bermasalah akibat menerobos banjir, tentu biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan juga akan jadi jauh lebih mahal. Rugi, bukan?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.