Search Cars

Review Otomotif

The Boss is Back! Ini Impresi All New BMW X5 Ketika Diluncurkan

All New BMW X5 hadir di Indonesia! Apa saja yang dimiliki keluarga terbaru dari jajaran BMW Seri X ini? Berikut impresi pertama “The Boss” oleh Seva.id.

Hari ini, tepatnya 11 April 2019, BMW Group Indonesia meluncurkan generasi keempat BMW X5, All New BMW X5, di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta. Mobil berkonsep sport activity vehicle (SAV) ini pertama kali dikenalkan BMW 20 tahun silam, atau tepatnya pada 1990.

 

All New BMW X5 atau yang akrab disapa The Boss oleh BMW, menjadi titik penting dari The Year of X setelah peluncuran generasi terbaru BMW X1, BMW X2, BMW X3, dan BMW X4. Selama kehadirannya di dunia BMW X5 sudah terjual 2,1 juta unit dan lebih dari 1.300 unit terjual di Indonesia.

 

Karena semakin dekat dan lekat dengan masyarakat Indonesia, tak heran bila All New BMW X5 kini dirakit lokal di BMW Production Network 2, Gaya Motor Sunter.

 

Lantas, seperti apa impresi pertama All New BMW X5 yang digadang-gadang hadir dengan atribut menarik, karakteristik premium, dan kemampuan off road luar biasa? Simak uraian berikut ini!

Bahasa desain baru

All New BMW X5 tetap mempertahankan proporsi ciri khas SAV yang maskulin namun tetap elegan serta tidak meninggalkan kesan sporty. Dari generasi sebelumnya, mobil ini memiliki wheelbase yang lebih panjang 42 milimeter, body memanjang 36 milimeter dan melebar 66 milimeter, serta ground clearance yang lebih tinggi 19 milimeter. Tentu saja membuatnya semakin gagah.

 

Bahasa desain BMW terbaru pun disematkan pada eksterior All New BMW X5 ini. Tampangnya kini dihiasi dengan BMW kidney grille dalam one pice surround dan teknologi Active Air Stream Kidney Grille untuk meningkatkan kedinamisan berkendara.

Di sampingnya bercokol sepasang lampu utama BMW Twin Headlight berbentuk hexagonal dengan semburat cahaya biru berbentuk X sebagai identitas mobil ini. Lampu utama tersebut dibekali dengan teknologi BMW Laser Headlight yang berpadu dengan Adaptive LED Headlight dan Selective Beam.

 

Hasilnya, menurut klaim BMW, teknologi ini menghasilkan cahaya lampu yang 10 kali lebih terang dan 40 persen lebih efisien.

 

Di bagian samping, bila generasi terdahulu garis body-nya lurus dari lampu depan hingga lampu belakang, berbeda dengan All New BMW X5. Garis body-nya, dari lampu depan kini terdapat lengkungan sebelum akhirnya berhenti di lampu belakang. Hall ini guna menambah aerodinamis serta menciptakan kesan gagah di SAV ini.

Sementara pada kaki-kaki, All New BMW X5 ditopang dengan velg dual tone Ferric Grey light-alloy 20 inci berdesain v-spoke yang dibalut ban jenis run flat tyres..

 

Mundur ke bagian belakang, lampu LED desain 3D menghiasi pintu bagasi. Bentuk L pada lampunya mewakili ciri khas dari keluarga BMW Seri X. Garis-garis di bagian ini juga memberikan indikasi fungsionalitas All New BMW X5. Ya, pintu bagasinya dapat terbuka dua bagian, atas dan bawahnya, dengan fitur otomatis.

 

Di Indonesia All New BMW X5 hadir dalam varianAll New BMW X5 xDrive40i xLine, sehingga ada penambahan di sisi eksteriornya seperti kidney grille aluminium matte, underguard, roof rails, serta balutan Aluminium Satinated dan Pearl Chrome.

Bertenaga dan kencang

Meski bertambah panjang dan lebar, impresi tenaga dan kecepatan pada All New BMW X5 tetap mengesankan. Klaim pihak BMW, mobil ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer perjam hanya dengan 5,5 detik saja. Kencang bukan?

 

Ya, mesin pada All New BMW X5 memang menawarkan kemampuan akselerasi dengan respons khas mesin bensin enam silinder segaris BMW. Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 3.0 liter BMW TwinPower Turbo  yang dipadu dengan twin-scroll turbocharger, Valvetronic, dan double VANOS.

 

Mesin tersebut menyalurkan daya melalui  Steptronic Sport Transmision 8 percepatan lengkap dengan paddle shift. Hasilnya adalah torsi maksimal yang mencapai 450 Nm dan kecepatan maksimal hingga 243 kilometer per jam dengan konsumsi bagan bakar rata-rata 10,9 kilometer per liter.

 

Sementara teknologi terbaru BMW xDrive dengan full time all wheel drive menunjukkan kelebihannya dengan memastikan traksi terbaik untuk All New BMW X5 di semua permukaan jalan ataupun off road sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Interior pintar

Saat peluncuran, ada fitur istimewa yang dibenamkan dalam interior All New BMW X5 ini, yaitu hadirnya voice control. Hanya dengan mengucap “Hey, BMW”, pengemudi dapat mengatur beberapa fungsi di dalam kabin, seperti mengatur temperatur AC atau mengganti warna ambient light.

 

Kepintaran lain dari interior All New BMW X5 adalah Live Cockpit Professional berupa sistem navigasi adaptif, sistem multimedia berbasis hard-drive dengan memori 20GB dan dua port USB, plus interface Bluetooth dan Wi-FI. Dengan Live Cockpit Professional pengemudi dapat terdeteksi secara otomatis  dan personal setting dapat diaktifkan menggunakan kunci kendaraan biasa atay dengan memilih pengguna di Control Display dan memasukkan PIN yang benar.

 

Sementara, untuk masuk ke dalam kabin, hadir fitur Comfort Access terbaru. Saat pengemudi dan kunci terdeteksi dekat dengan mobil, maka kunci akan terbuka secara otomatis. Sebaliknya, jika pengemudi menjauh dari mobil maka pintu akan terkunci.

Pada bagasi dengan kapasitas 645 liter, seperti yang sudah disebut di atas, pintunya dapat terbuka dua bagian secara otomatis untuk memudahkan proses keluar masuk barang. Jika dirasa terlalu tinggi, terdapat tombol untuk menurunkan suspensi mobil ini sekitar 40 milimeter.

 

Ya, ada fitur Adaptive 2-axle air suspension with automatic self-leveling suspension. Selain memudahkan keluar masuk barang, fitur ini juga membantu mobil saat melaju. Suspensi dapat naik hingga 40 milimeter dan turun 40 milimeter, tergantung kondisi jalan yang dilewatinya.

Selebihnya interior masih terasa mewah dengan penggunaan bahanVernasca Leather. Ditambah, jok belakang kini didesain lebih nyaman dan memberikan leg room lebih lega hingga 30 persen dari generasi sebelumnya. Panorama glass roof pun 30 persen lebih lapang.

 

Di sektor hiburan dan pengaturan iDrive pun mengalami sentuhan pembaruan dengan BMW Operating System 7.0 yang dapat dikontrol melalui Control Display layar sentuh 12,3 inci. Layar ini juga dapat membaca gestur, seperti jari berputar untuk menaik-turunkan volume atau menggerakan jempol ke kanan dan ke kiri untuk memilih lagu.

Fitur dan harga

Untuk yang susah parkir, baik mundur atau pararel tidak perlu khawatir, All New BMW X5 kini memiliki Parking Assistant dan Reversing Assistant. Pengemudi mengatur rem ketika tempat parkir yang sesuai sudah terbaca oleh sistem, maka mobil akan parkir dan mundur secara otomatis.

 

Sementara untuk harga, All New BMW X5 akan resmi dijual di seluruh dealer resmi BMW mulai 12 April 2019. Mobil ini juga akan dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

 

Tertarik untuk memiliki The Boss? Siapkan uang senilai Rp 1.489.000.000 (harga off the road Jakarta). Tiap pembelian All New BMW X5 langsung mendapatkan BMW Service selama lima tahun atau 60.000 kilometer, garansi 36 bulan, dan garansi ban 36 bulan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.