Spesifikasi dan Harga Daihatsu Rocky Terbaru, Berminat?

Netizen digemparkan dengan penampakan mobil kamuflase yang diduga Daihatsu Rocky. Seperti apa detailnya?

Daihatsu Rocky

Belakangan, media sosial ramai dibincangkan sebuah mobil yang diduga sebagai penampakan sport utility vehicle (SUV) terbaru dari Daihatsu.

Meski belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM), sejumlah warganet yakin kalau mobil kamuflase dengan stiker dan pelat putih tersebut adalah Daihatsu Rocky.

Lokasi pengambilan foto disebutkan di seputar Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang dekat dengan kantor pusat PT ADM di kawasan Sunter.

Daihatsu Rocky

Benarkah bakal hadir di Indonesia?

Sebenarnya, Daihatsu Motor Corporation sendiri telah secara resmi meluncurkan Daihatsu Rocky pada 5 November 2019 lalu.

Baca juga: Hadirnya Daihatsu Taft Terbaru dan Perjalanan Panjangnya di Indonesia

Berangkat dari situ, kabar soal akan hadirnya mobil ini di tanah air semakin kencang. Apalagi bila menilik sejarahnya, Daihatsu Rocky merupakan sebuah SUV yang sudah melegenda.

Pada tahun 1988, Daihatsu meluncurkan versi baru dari Taft yang diberi kode F75 atau populer disebut sebagai Daihatsu Rocky generasi pertama yang memiliki atap removable, terbuat dari resin dengan medium-wheelbase.

Jika benar akan hadir, maka Daihatsu Rocky pun menjadi generasi kedua dari SUV legenda tersebut.

Daihatsu Rocky

Desain DNGA pertama

Daihatsu Rocky menyandang kompak SUV yang berdiri di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Baca juga: Sejarah Daihatsu Taft, dari Kancil hingga Rocky

DNGA mengedepankan kenyamanan berkendara dengan kendaraan yang ringan namun tetap rigid. Kenyamanan tersebut didapat berkat penggunaan suspensi belakang torsion beam.

Meski bodinya kompak, mobil ini tetap mengakomodasi penumpang dengan nyaman dengan leg room yang luas serta kapasitas bagasi mencapai 369 liter.

Daihatsu Rocky

Secara dimensi, Daihatsu Rocky terbaru memiliki panjang 3.995 milimeter, lebar 1.695 milimeter, tinggi 1.620 milimeter, wheelbase 2.525 milimeter, serta radius putar 5 meter.

SUV ini jadi yang pertama di jajaran Daihatsu yang berdiri di atas platform tersebut, serta jadi pertama masuk dalam Toyota Motor Corporation.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios 2020

Tidak hanya itu, bila benar hadir, Daihatsu Rocky juga jadi yang pertama di Indonesia dengan platform DNGA.

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky memiliki kembaran, yaitu Toyota Raize. Menarik ya menantikan duet keduanya setelah Rush-Terios, Avanza-Xenia, Calya-Sigra, dan Agya-Ayla.

Daihatsu Rocky

Mesin sudah turbo

Berkaca dari produk yang ada di Jepang, Daihatsu Rocky menggendong mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder segaris dengan turbo bertransmisi D-CVT. Tersedia dalam pilihan penggerak dua roda atau 2WD serta 4WD.

Klaimnya, mobil ini memiliki performa setara dengan mobil bermesin normally aspirated, berkapasitas 1.500 cc namun lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Update Lengkap Harga Daihatsu Ayla 2020 dan Perbedaannya

Tenaga yang dihasilkan mencapai 97 daya kuda dengan torsi 140 Nm. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 20,2 kilometer per liter untuk 2WD dan 18,8 kilometer per liter untuk 4WD.

Uniknya, ADM sudah bisa memproduksi jeroan mesin ini berupa Crankshaft KR Turbo dan sudah diekspor ke Daihatsu Motor Corporation di Jepang. Luar biasa!

Daihatsu Rocky

Varian, fitur, dan harga Daihatsu Rocky

Varian Daihatsu Rocky di Jepang terdiri dari L, X, G, dan Premium yang mendapat single tone dan dual tone. Masing-masing tersedia pilihan 2WD atau 4WD.

Dengan platform DNGA, Daihatsu Rocky dijejali beragam fitur paling mutakhir yang dikenal dengan CASE, Connected, Autonomous, Sharing, Electric.

Baca juga: Mengenal Sejarah Produk Minivan Daihatsu di Indonesia

Yaps, mobil ini di negara asalnya dibenamkan fitur Wi-Fi agar selalu terhubung ke jaringan Internet.

Sementara fitur keamanan pun lengkap, mulai dari Smart Assist, Blind Sport Monitor (BSM), hingga Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Tidak heran bila untuk keamanan, Daihatsu Rocky mendapat bintang lima dari JNCAP untuk hasil uji tabraknya.

Harganya memiliki rentang 1.705.000 yen hingga 2.422.200 yen, berikut detailnya.

Harga Daihatsu Rocky 2WD

  • Varian L 1.705.000 yen
  • Varian X 1.848.000 yen
  • Varian G 2.002.000 yen
  • Varian Premium 2.200.000 yen

Harga Daihatsu Rocky 4WD

  • Varian L 1.944.800 yen
  • Varian X 2.086.700 yen
  • Varian G 2.224.400 yen
  • Varian Premium 2.422.200 yen

Baca juga: Perjalanan 15 Tahun Daihatsu Xenia di Indonesia

Artinya, varian paling rendah harganya sekitar Rp 240 jutaan, sementara varian tertinggi sekitar Rp 338 jutaan (dalam kurs saat artikel ini di publish).

Bagaimana menurut kamu, apakah tertarik untuk memilikinya bila compact SUV ini hadir di Indonesia?