Sering Parkir Miring Beresiko Merusak Beberapa Komponen Mobil

By Ferdi Julias - Juni 27, 2019

Kebiasaan parkir miring akan membuat gangguan kepada beberapa komponen mobil. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

Sebagai pengendara mobil, tentu tidak selalu mendapatkan tempat parkir yang memiliki permukaan datar. Sesekali, pengendara pasti pernah mendapatkan parkir dengan kondisi bidang yang miring karena keterbatasan tempat parkir.

 

Jika jarang dilakukan, mungkin tidak akan terjadi hal-hal negatif pada mobil. Namun, bila dilakukan berulang-ulang atau hampir setiap hari, ternyata kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk terhadap mobil.

 

Resiko jangka panjang parkir miring akan berimbas kepada suspensi mobil. Misalnya, apabila mobil sering parkir miring ke kiri, maka suspensi sebelah kiri umur pakainya akan semakin cepat karena menopang beban mobil lebih banyak.

 

Sama juga halnya dengan parkir di jalan menurun, yang akan membuat suspensi bagian depan menjadi cepat aus serta memerlukan perawatan lebih cepat dibanding suspensi belakang.

Saat parkir di bidang menurun atau miring, salah satu bagian suspensi mobil dipaksa bekerja keras dan menekan terus-menerus. Berbeda halnya bila mobil parkir di permukaan datar, beban mobil terbagi rata ke semua bagian suspensi sehingga membuatnya bebas dari tekanan.

 

Selain suspensi, komponen mobil yang juga akan mengalami gangguan adalah bagian rem. Beban yang ditopang oleh salah satu bagian mobil membuat rem akan menerima tekanan lebih berat dibanding bagian lainnya.

 

Dampaknya, kanvas rem dapat menjepit roda dengan kencang dan lengket, lalu membuat perputaran ban terasa berat karena kanvas rem yang menempel tersebut. Tentunya, itu membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat berkendara.

 

Tips parkir aman dan nyaman

Jadi, jangan terlalu sering memarkir mobil di bidang miring agar terhindar dari kerusakan komponen-komponen di atas. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya mobil mendapatkan tempat parkir yang aman dan nyaman.

 

Parkir di permukaan yang datar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, permukaan parkir yang miring atau menurun bisa membuat suspensi rusak dan juga gangguan pada bagian rem. Untuk itu, usahakan setiap memarkir mobil selalu pada permukaan yang datar.

 

Lalu, hindari parkir di kontur tanah yang rendah atau cekung, karena sangat rentan terhadap genangan air saat hujan turun. Daripada ada bagian mobil yang terendam air, lebih baik cari tempat parkir lainnya yang memiliki permukaan datar.

 

Hindari parkir di bawah pohon

Sebisa mungkin, hindari parkir di bawah pohon bila mobil tidak mau rusak karena tertimpa batang pohon saat tertiup angin kencang. Selain itu, jauhi mobil dari papan reklame, tiang bendera, dan sebagainya saat parkir jika tidak ingin mengalami kejadian serupa.

 

Tak jarang juga saat parkir di bawah pohon, mobil Anda kejatuhan buah atau daun-daun, bahkan dapat terkena kotorang burung.

 

Jangan parkir di bahu jalan

Parkir di bahu jalan memang lebih praktis dan beberapa di antaranya ada yang dilegalkan karena terdapat rambu-rambu parkir. Tetapi, mobil memiliki resiko terserempet atau tertabrak mobil lainnya.

 

Selain itu, parkir di bahu jalan membuat mobil akan tersengat sinar matahari langsung. Dampaknya adalah kabin mobil menjadi lebih panas dan tidak nyaman saat pengemudi ingin kembali berkendara.

 

Apalagi ada barang-barang di dalam kabin mobil yang berbahaya bila dibiarkan terpapar sinar matahari, seperti minuman kemasan plastik, korek api gas, powerbank, kacamata, atau benda lainnya. Resiko kerusakan kabin semakin tinggi, malahan bisa merusak keseluruhan bagian mobil.

 

Agar lebih aman, sebaiknya parkirkan mobil di tempat yang resmi dan tertutup.

 

Jangan parkir di tempat sepi

Terakhir, jangan parkir di tempat yang sepi karena menyangkut faktor keamanan. Lokasi yang sepi adalah sasaran empuk bagi penjahat untuk melakukan tindak kriminal. Apalagi bukan di tempat parkir resmi, peluang penjahat akan semakin besar untuk mengambil barang-barang bahkan mobil Anda.

 

Jadi, parkirlah mobil di tempat yang nyaman, aman, dan legal. Pemilik atau pengemudi sudah seharusnya memperhatikan tempat parkir yang layak bagi mobil mereka agar terhindar dari masalah kerusakan komponen atau pencurian.

 

Parkir di tempat yang telah disediakan juga membuat pengguna kendaraan lainnya tidak terganggu karena ulah pengemudi yang suka parkir sembarangan.

Berita Terkait

Author