Search Cars

Tips & Rekomendasi

Rekomendasi Jenis Minyak Rem yang Cocok dengan Mobil Kamu

Minyak rem merupakan komponen kritis dalam sistem pengereman mobil yang memainkan peran penting dalam menjaga keamanan berkendara. Pemilihan jenis minyak rem yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu dapat meningkatkan performa pengereman dan umur pakai komponen rem. Berikut adalah rekomendasi jenis minyak rem yang cocok untuk mobilmu

minyak rem

1. Minyak Rem DOT 3

Minyak rem DOT 3 adalah salah satu jenis minyak rem yang umum digunakan. Cocok untuk sebagian besar mobil konvensional. Minyak rem ini memiliki titik didih yang baik dan tahan terhadap absorpsi air. Namun, perlu diperhatikan bahwa DOT 3 cenderung lebih rentan terhadap absorpsi air dibandingkan DOT 4.

2. Minyak Rem DOT 4

Minyak rem DOT 4 memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada DOT 3 dan lebih tahan terhadap absorpsi air. Cocok untuk kendaraan dengan performa pengereman tinggi atau mobil-mobil sport. DOT 4 umumnya digunakan pada mobil-mobil modern dan memberikan respons pengereman yang lebih baik.

3. Minyak Rem DOT 5

Minyak rem DOT 5 biasanya digunakan pada sistem pengereman yang membutuhkan kinerja tinggi, seperti pada mobil balap atau kendaraan khusus. Rem ini berbasis silikon dan tahan terhadap suhu tinggi, tetapi perlu diingat bahwa DOT 5 tidak kompatibel dengan DOT 3 dan DOT 4.

4. Minyak Rem DOT 5.1

Minyak rem DOT 5.1 memiliki sifat yang mirip dengan DOT 4, tetapi dengan titik didih yang lebih tinggi. Ini membuatnya cocok untuk mobil dengan performa tinggi dan sistem pengereman canggih. Minyak rem DOT 5.1 biasanya dianggap sebagai pilihan universal karena kompatibilitasnya dengan DOT 3 dan DOT 4.

Baca juga: Awas, Ini Dampak Minyak Rem Mobil Jarang Diganti

Dengan memilih jenis minyak rem yang tepat untuk mobilmu, kamu dapat meningkatkan efisiensi pengereman dan menjaga keamanan berkendara. Ingatlah untuk selalu memeriksa buku manual kendaraanmu dan berkonsultasi dengan mekanik profesional jika perlu. Jika terjadi kerusakan pada mesin rem karena faktor eksternal, kamu bisa klaim asuransi mobil untuk perbaikan ya. Semoga panduan ini membantu kamu dalam memilih minyak rem yang sesuai dengan kebutuhan mobil kesayanganmu.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.