Search Cars

Hobi & Komunitas

Peugeot 404 Break, Satu Diantara 10 Koleksi Mobil Klasik Atho

Total, Atho mengoleksi 10 mobil klasik Peugeot. Salah satunya adalah mobil langka, yaitu Peugeot 404 Break.

mobil klasikMobil klasik selalu mendapat tempat khusus oleh para penggemarnya, termasuk di Indonesia. Malahan, bukan cuma sekedar menjadi pajangan, namun juga untuk dipakai berjalan-jalan bersama keluarga.

 

Itulah yang dilakukan oleh Sri Budiarto Santoso, seorang penggemar mobil klasik Eropa, khususnya Peugeot. Kegemarannya pada mobil klasik Peugeot muncul ketika ia duduk di bangku SMP. Saat itu, ayahnya adalah seorang pengguna Peugeot 505 GR tahun 1983.

 

Setelah bekerja dan memiliki uang sendiri, pria yang akrab dipanggil Atho ini membeli Peugeot 505 GTi, dan sekaligus menjadi mobil pertamanya.

 

Baca juga: Mobil dari Rusia Pernah Jadi Mobil Kepresidenan Indonesia

 

“Berawal dari situ, berkembang sampai sekarang, saya mengoleksi beberapa Peugeot,” ujarnya saat Seva.id mengunjungi kediamannya di bilangan Pamulang, Tangerang Selatan.

 

Peugeot 404 Break

mobil klasikSalah satu Peugeot klasik yang dimiliki Atho adalah Peugeot 404 Break tahun 1971. Mobil ini didapat Atho berkat informasi dari seorang temannya dari komunitas Peugeot.

 

“Saat itu mobil posisinya di Menteng, terus kita kesana ambil mobilnya. Kondisinya masih tangan pertama,” kata Atho.

 

Ia melanjutkan, pada waktu itu, kondisi Peugeot 404 Break yang dibelinya masih mulus untuk ukuran mobil tua yang sudah berumur puluhan tahun. Jadi, proses restorasinya tidak terlalu merepotkan, hanya butuh mengganti beberapa parts saja.

Sampai sekarang, Peugeot 404 Break Atho masih menggunakan parts orisinil, dari eksterior, interior, hingga mesin, kecuali catnya. Atho mengatakan, proses membangun mobil ini tidak terlalu sulit, hanya saja untuk mencari barang atau parts-nya yang sangat susah.

 

Malahan, Atho cuma membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk membangun mobil yang memiliki kapasitas mesin 1.600 cc ini kembali seperti aslinya.

 

Baca juga: Hauwke Auto Gallery Membawa Aura Retro dengan Mobil Klasik

 

Untuk diketahui, Peugeot 404 Break adalah mobil yang sangat langka di Indonesia. Atho mengatakan, saat ini hanya ada 3 Peugeot 404 Break di tanah air. “Satu di Solo, satu di Museum Angkut, satu punya saya,” jelasnya.

 

Atho menyukai mobil-mobil ‘aneh’

Pria berusia 41 tahun ini memang menyukai mobil-mobil ‘aneh’. Total, Atho sudah mengoleksi 10 jenis mobil Peugeot, dari Peugeot tahun 1957 sampai dengan tahun 2005.

 

“Saya suka mobil yang aneh. Peugeot itu udah aneh, tapi kalo saya bisa dapet yang lebih aneh lagi, saya happy,” terangnya.

 

Selain ‘aneh’, alasan Atho mengoleksi mobil berlambang singa jingkrak ini adalah karena faktor keselamatan yang disematkan di dalamnya. Menurut Atho, keselamatan berkendara mahal harganya, oleh karena itu ia memilih untuk menggunakan Peugeot, yang faktor kemanan dan kenyamanannya tidak diragukan lagi.

 

Baca juga: Mengenal Mobil Personel BlackPink di Video Klip

 

Safety itu mahal, dan Peugeot tidak diragukan safety-nya. Saya sayang keluarga, saya mau keluarga saya aman. Cost-nya memang mahal, tapi dari faktor safety dan kenyamanan jauh lebih baik. Jadi, kalo value for money, udah pasti deh Peugeot,” tutup Atho.

 

Sebagai informasi, mobil-mobil yang menjadi koleksi Atho hingga saat ini adalah sebagai berikut.

Peugeot 403 tahun 1957

Peugeot 404 Break tahun 1971

Peugeot 504 Break tahun 1976

Peugeot 505 GR tahun 1981

Peugeot 505 SR tahun 1983

Peugeot 505 GTi tahun 1987

Peugeot 605 SRi tahun 1992

Peugeot 605 SRi tahun 1994

Peugeot 405 STi tahun 1995

Peugeot 407 tahun 2005

 

Nah, dari 10 mobil Peugeot di atas, mana yang menjadi favorit Anda?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.