Pesona Wisata Alam Balikpapan untuk Melarutkan Penat

Didaulat sebagai kota bisnis dan industri Kalimantan Timur, ini wisata alam Balikpapan yang wajib kamu kunjungi untuk melarutkan penat. Simak!

wisata alam Balikpapan

Lokasi Balikpapan sendiri persisi di pesisir laut Kalimantan Timur dan terbilang strategis. Tidak heran bila kota ini menjadi gerbang dari provinsi tersebut dengan pelabuhan dan bandar udara berkelas internasional.

 

Meski di pesisir laut, wilayah Balikpapan sendiri terdiri dari 85 persen pebukitan dan hanya 15 persen yang merupakan dataran. Dari situ saja kamu bisa tahu selain laut ada banyak pesona alam yang ditawarkan oleh kota ini.

 

Baca juga: Cerita Tempat Angker di Banjarbaru yang Bikin Merinding

 

Ada yang unik ketika menyusuri jalan-jalan di Balikpapan. Kamu akan melihat kota yang ramah bagi masyarakatnya dan ada berbagai fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah setempat.

 

Berkat hal tersebut keseriusan pemenintahnya dalam membangun fasilitas untuk kenyamanan masyarakat, Balikpapan dinobatkan sebagai Kota Paling Dicintai di Dunia atau The World’s Most Loveable City oleh World Wildlife Fund (WWF) pada tahun 2015 lalu.

 

Seperti sudah disebut di atas jika kota ini diberkahi keindahan alam, berikut wisata alam Balikpapan yang wajib kamu kunjungi saat liburan untuk menghilangkan penat.

wisata alam Balikpapan

Danau Cermin Lamaru

Tempat wisata alam Balikpapan pertama sudah tidak asing lagi turis apalagi masyarakat setempat.

 

Seperti namanya Danau Cermin Lamaru memiliki air yang bening, sehingga jika kamu datang di saat yang tepat permukaannya bagai cermin.

 

Menurut cerita masyarakat Balikpapan, danau ini adalah danau buatan. Pada tahun 2019, Tentara Nasional Angkatan Darat mengeruk tanah di mana lokasi ini sekarang berada untuk keperluan tempat latihan menembak.

 

Namun ketika tidak lagi digunakan dan ditinggalkan, lahan seluas satu hektar berupa ceruk ini berubah menjadi danau dan dikenal sebagai Danau Cermin Lamaru. Lamaru merupakan lokasi danau ini berada.

 

Danau Cermin Lamaru terletak di Lamaru, Kalimantan Timur, jarak dari kota ke danau ini sekitar 26 kilometer atau 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan dari kota Balikpapan.

 

Untuk masuk ke wisata alam Balikpapan ini, kamu tidak dipungut biaya apapun alias gratis!

 

Ada masyarakat sekitar yang menyewakan sampan agar kamu dapat berfoto di tengah danau ini. Sayangnya memang belum dikelola oleh dinas pariwisata setempat jadi minim fasilitas.

wisata alam Balikpapan

Pantai Lamaru

Oh iya, bila berkunjung ke danau ini, masih di kawasan Lamaru, kamu juga bisa mampir ke Pantai Lamaru yang lokasinya di Jalan Mulawarman.

 

Pantai pasir putih dengan beningnya air laut berpadu dengan jajaran pohon cemara yang tertata rapih. Jadi walau berkunjung di siang terik, kamu tidak perlu khawatir kepanasan.

 

Baca juga: Deretan Pantai di Flores Timur untuk Asupan Vitamin Sea

 

Karena pantainya landai dan ombak tidak terlalu besar,  banyak masyarakat dan turis yang datang ke pantai ini untuk bermain bersama keluarga serta kerabat.

 

Selain bermain pasir dan piknik, banyak pilihan permainan yang dapat dinikmati, mulai dari penyewaan ban, seluncur, hingga yang menantang adrenalin seperti banana boat.

 

Soal fasilitas, Pantai Lamaru pun dipenuhi warung untuk bersantai dan kamar mandi umum. Di sini juga ada andong atau delman yang bisa kamu sewa untuk menyusuri pantai jika malas jalan kaki.

wisata alam Balikpapan

Mangrove Margo Mulyo

Tidak lengkap rasanya bila liburan ke Kalimantan Timur tanpa singgah di wisata alam Balikpapan yang satu ini.

 

Letak hutan mangrove ini berada di Jalan Sidodadi, persis di belakang SMU Negeri 8 Balikpapan, sekitar 9 kilometer dari pusat kota.

 

Mangrove Margo Mulyo merupakan hutan buatan seluas 16,8 hektar yang ditumbuhi tanaman bakau. Pada tahun 2002 Kelompok Tani Tepian Lestari bekerja sama dengan Balai Lingkungan Hidup yang mulai melestarikan kawasan ini.

 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Sleman yang Tidak Kalah Dengan Daerah Di Sekitarnya

 

Di kawasan ini terdapat gazebo, jalan setapak yang terbuat dari kayu ulin, dan menara pandang untuk menikmati panorama matahari terbenam.

 

Kalau kamu ke sini dan hobi berfoto, ada baiknya sisakan ruang kosong di memori yang banyak. Sebab dengan mudah kamu mendapatkan objek untuk difoto. Udara segar dan rindangnya pepohonan bisa dibilang hanya bonus.

 

Siap-siap juga untuk melihat adanya kawanan bekantan yang menghuni di wisata alam Balikpapan ini.

 

Seru bukan melihat primata khas Kalimantan dengan hidung mancungnya bermain bebas di habitatnya?

wisata alam Balikpapan

Liang Mangkulangit

Tebilang jauh dari pusat kota, sekitar 50 kilometer jaraknya, tapi tempat wisata alam Balikpapan yang satu ini jangan sampai dilewatkan untuk dikunjungi bila kamu liburan ke sana.

 

Seperti Rammang-Rammang di Makassar, untuk menuju ke lokasi kamu juga mesti menyusuri sungan dengan ketinting bermotor. Seru bukan?

 

Baca juga: Jangan Sekedar Transit, Traveling ke Makassar Yuk

 

Dalam bahasa setempat Liang Mangkulangkit berarti Gua Mengangkat Langit. Nama tersebut sangat cocok karena gua dan perbukitan karst di sini bentuknya menjorok ke atas seolah-olah sedang mengangkat langit.

 

Selain kemegahannya, pesona alam di Liang Mangkulangit ini masih alami dan asri.

 

Termasuk berbagai satwa yang ada dan deretan pohon besarnya. Sebagian bebatuan terbalut dengan lumut hijau. Ditambah lagi kamu akan menikmati suara tetesan air yang jatuh dari bebatuan.

 

Karena sangat terjaga dan masih asri tidak ada warung di sekitar Liang Mangkulangit. Ada baiknya kamu membawa minuman serta makanan ringan bila ke sini.

wisata alam Balikpapan

Transportasi

Selain wisata alam Balikpapan di atas ada juga pantai. Ada banyak pantai di sekitar pusat kota yang mudah untuk dijangkau dan dikunjungi menggunakan mobil, seperti  Pantai Menpora, Pantai Kemala, Pantai Manggar, Pantai Melawai, dan Pantai Batu Benua Patra.

 

Nah, daripada kamu pusing liburan di Balikpapan naik tranportasi apa, mending sewa mobil aja lewat aplikasi Movic.

 

Tentunya jika berlibur dan menyewa mobil sekaligus dengan sopirnya, kamu akan lebih hemat tenaga.

 

Baca juga: Movic Luncurkan Airport Rent, Begini Cara Menggunakannya

 

Selain bertugas mengantar kamu berlibur, sopir juga dapat memberikan informasi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang ‘hitz’ di kalangan turis.

 

Dengan menyewa mobil berikut sopirnya bisa jadi kamu dapat menekan budget saat liburan.

 

Tunggu apalagi, mau liburan puas? Download Movic sekarang!