Perjalanan Jauh dengan Mobil, Cegah Overheat dengan Cara Ini

By Ferdi Julias - Mei 2, 2018

Perjalanan jauh menggunakan mobil pribadi bukan hanya membutuhkan tenaga prima dari pengemudi, tetapi juga mesin mobil tersebut. Apalagi, ketika perjalanan pasti ada saja hambatan, seperti macet, antrian di pintu tol, cuaca panas, dan lain-lain.

 

Ketika hambatan tersebut terjadi, waktu tempuh ke tempat tujuan menjadi lebih lama. Kemudian, kinerja mesin juga akan semakin ekstra. Bahkan, temperatur mesin bisa bertambah panas dan akhirnya terjadi overheat. Biasanya, overheat memang sering terjadi jika sedang menempuh perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

 

Taufik Prabowo, Foreman PT Astra International Tbk – Daihatsu Jakarta Kelapa Gading Branch, mengatakan, biasanya overheat terjadi karena terdapat masalah pada sistem pendingin mobil, atau memang karena faktor usia mobil tersebut.

 

Motor fan radiator biasanya 3 tahun ke atas sudah mulai melemah dan memang disarankan harus menggantinya. Lalu, Selang-selang radiator terbuat dari karet dan biasanya faktor usia bisa menyebabkan karet menjadi keras dan bocor selangnya,” ujar Taufik.

 

Selain itu, radiator yang tersumbat juga membuat mesin menjadi panas. Taufik menuturkan, radiator yang tersumbat tersebut biasanya selalu diisi dengan air biasa oleh pemiliknya dan tidak menggunakan LLC (Long Life Coolant) atau air khusus radiator. Padahal, hal tersebut dapat membuat radiator berkarat dan lama-kelamaan akan tersumbat.

 

Biasanya, lanjut Taufik, mobil akan menunjukkan tanda-tanda tertentu sebelum overheat, seperti AC akan terasa panas, indikator temperatur naik, laju mobil tersendat, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi di jalan, Taufik memiliki beberapa tips mengemudi mobil dan tips aman berkendara.

 

1. Jangan dipaksakan berjalan

Jika temperatur sudah di posisi H waktu mobil dikemudikan, jangan paksakan mobil Anda untuk berjalan, karena memaksakan mesin yang panas akan merusak komponen-komponen di dalamnya.

 

2. Cari tempat aman untuk berhenti

Segera cari tempat berhenti yang aman agar mesin mobil dapat beristirahat sejenak dan kembali ke suhu yang aman, sehingga perjalanan Anda dapat dilanjutkan kembali.

 

3. Tambahkan air ke radiator

Pada saat mesin panas, jangan langsung membuka tutup radiator. Tunggu mesin sampai dingin terlebih dahulu, lalu buka tutupnya dan tambahkan air khusus radiator. “Hal yang terpenting adalah pastikan mesin benar-benar udah dingin, baru isi air radiatornya,” kata Taufik.

 

4. Gunakan emergency call

Jika mesin sudah tidak bisa ditangani sendiri dan telanjur overheat serta mogok di jalan, segera lakukan penanganan lebih lanjut, seperti menggunakan emergency call.

 

Untuk setiap pembelian mobil produk dari Astra, Anda mendapat kartu keanggotaan AstraWorld. Dengan kartu AstraWorld Anda mendapat Layanan Bantuan Darurat di Jalan (ERA—Emergency Road Assistance) yang siap 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sepanjang tahun—Gratis 5 tahun pertama. Bantuan darurat ini mencakup panduan teknis, pengaktifan aki lemah, penggantian ban kempis, membuka kendaraan terkunci, serta bantuan truk gendong AstraWorld. Anda bisa menghubungi call center di nomor 1 500 898.

 

Untuk menghindari hal tersebut, Taufik menyarankan agar pemilik mobil selalu mengecek level air radiator pada resevoir tank, agar air radiator terkontrol dengan baik. Setelah itu, selalu melakukan perawatan berkala secara rutin di bengkel resmi agar kerusakan dapat segera terdeteksi. Bengkel resmi dapat menjamin mobil dalam keadaan prima.

 

“Apalagi untuk perjalanan jauh, pastikan sebelum mudik kondisi mobil prima, bila perlu lakukan pengecekan di bengkel resmi agar kendaraan aman dan siap mudik,” ungkap Taufik.

 

perjalanan jauh dengan mobil

Ia melanjutkan, overheat dan masalah pada sistem pendingin dapat dihindari jika mobil selalu melakukan servis berkala dengan teratur. Jadi, mau dipakai selama apapun, selama sistem pendingin mobil masih terawat dengan baik, mobil tidak akan mengalami overheat.

 

Anda juga dapat melakukan pengecekan di bengkel-bengkel siaga pada pos dan lokasi tertentu ketika mudik apabila Anda lupa mengecek kendaraan di bengkel resmi sebelum berangkat ke kampung halaman.

 

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu melakukan servis berkala tepat waktu agar mobil Anda selalu dalam keadaan prima. Jadi, perjalanan Anda tidak akan terganggu. Selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga!

Berita Terkait

Author