Perbedan Label Pure GR dan GR Sport di Mobil-mobil Toyota

Label GRMN tidak lagi diproduksi, Toyota Gazoo Racing kini fokus mengembangkan mobil Toyota dengan label Pure GR dan GR Sport. Apa bedanya?

GRMN adalah singkatan dari Gazoo Racing Master of Nürburgring. Mobil dengan label GRNM merupakan racikan dari Toyota Gazoo Racing (TGR).

Seperti diketahui, Toyota memiliki ikatan yang sangat kuat dengan sirkuit yang berada di negara Jerman tersebut, bahkan partisipasi balap pertama Toyota di Eropa adalah di sirkuit Nürburgring.

Pengalaman puluhan tahun berlomba di Nurburgring memberikan inspirasi pada TGR untuk membuat model limited edition dari versi jalan raya yang diberi tambahan label GRMN, tentu sudah di-fine tune agar punya karakter balap kuat.

Baca juga: Kiprah Toyota Gazoo Racing, Kompetisi adalah Latihan Terbaik

Seiring waktu, model dengan label GRMN tidak lagi diproduksi dan TGR fokus mengembangkan Pure GR serta flagship dari model yang ada saat ini berlabel GR Sport. Apa bedanya?

Toyota GR Supra facelift

Pure GR

Terdapat perbedaan pendekatan yang dilakukan oleh TGR dalam melahirkan produk GRMN dan Pure GR.

GRMN mengambil basis mobil jalan raya yang sudah ada untuk dimodifikasi sebagai model racing edisi terbatas dengan mengambil kinerja di trek balap Nurburgring sebagai acuan pengembangan.

Sedangkan Pure GR, benar-benar sebuah mobil sport yang diciptakan dari nol oleh TGR dengan target utama memberikan performa menghibur ketika pemiliknya berada di balik kemudi dan mencuri perhatian di jalan.

Baca juga: Toyota GR Supra Facelift Jadi Lebih Bertenaga dan Stabil

Sejauh ini, ada dua pendekatan dilakukan. Pertama seperti Toyota GR Supra yang mewarisi DNA sports car yang dimiliki oleh Toyota Supra sejak generasi pertama.

Yap, Toyota GR Supra merupakan produk global pertama yang menggunakan status tersebut. Seperti diketahui. Toyota Supra adalah bagian dari sejarah mobil sport Toyota.

Sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1978, Toyota Supra sudah menarik perhatian car enthusiast berkat tampilan sporty dan performa yang kuat.

Bahkan, Akio Toyoda mengasah keterampilannya sebagai master driver dalam mengemudi mobil sport dengan menggunakan Toyota Supra.

Tidak heran jika TGR mencurahkan semua ilmu, pengalaman, dan keahlian di dunia balap untuk melahirkan produk Pure GR global pertama ini.

Toyota GR Supra adalah sportscar coupe yang bertujuan memberikan racing excitement saat berkendara.

Baca juga: Lebih Dekat Mengenal Toyota Supra dari Generasi ke Generasi

Terdapat tiga kunci utama saat pengembangan Toyota Supra menjadi Toyota GR Supra, yaitu lebar trek ban, jarak sumbu roda, dan center of gravity.

Ketiga elemen ini bertujuan untuk memberikan excitement in driving melalui handling yang lebih mendebarkan, terutama saat cornering karena mobil terasa begitu melekat ke aspal.

Pendekatan kedua adalah “meminjam” sasis model jalan raya untuk dibuat sebuah Pure GR, di mana komponen lain didesain dan diciptakan sendiri oleh TGR untuk menghasilkan performa terbaik ala mobil balap.

Hal ini tentu didasari oleh pengalaman panjang yang memberikan banyak informasi penting untuk mendapatkan racikan model paling memuaskan keinginan pemuja kecepatan.

Contohnya Toyota GR Yaris, yang memanfaatkan database mobil reli Toyota Yaris WRC sebagai pedoman pembuatannya. Baik Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris harus merasakan ujian di sirkuit Nürburgring sebelum masuk ke lini produksi.

Baca juga: Harga Toyota New Yaris yang Resmi Mengaspal di Indonesia

Toyota Yaris menjadi model pertama yang mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture) untuk mobil kompak, dan menampilkan desain bodi yang ringan, rigid, dengan pusat gravitasi rendah.

TGR membangun Toyota GR Yaris dari awal untuk mencapai desain dengan kekakuan tinggi, keseimbangan yang begitu pas, serta mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.

Selain Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris, Pure GR lainnya adalah Toyota GR Super Sport Concept.

Meski masih berupa prototipe, turunan langsung dari Toyota TS050 Hybrid ini sudah sempat mengitari sirkuit Le Mans Prancis saat gelaran Le Mans 24 Jam belum lama ini.

GR Sport

GR Sport merupakan flagship dari model yang sudah ada. Beberapa sentuhan khas TGR diberikan untuk membedakannya dari versi biasa yang tidak hanya membuatnya tampil lebih sporty dan dinamis, namun juga terkesan eksklusif dan menarik perhatian di jalan.

Baca juga: Toyota 2000GT, Mobil JDM Legendaris yang Banyak Diburu

Misalnya adalah pemberian aksen warna hitam dan merah sebagai trademark TGR serta panel bodi yang dibuat eksklusif sesuai dengan citarasa balap TGR.

Mobil Toyota yang diberi label GR Sport antara lain adalah Toyota Copen GR Sport, Toyota C-HR GR Sport, Toyota Prius PHV GR Sport, Toyota Aqua GR Sport, Toyota Prius α GR Sport, Toyota Noah GR Sport, dan Toyota Voxy GR Sport.

Sementara di Eropa, tersedia Toyota Yaris GR Sport, Toyota Corolla Hatchback GR Sport, dan Toyota Corolla Touring GR Sport.

Sedangkan dari kawasan Amerika Latin terdapat Toyota Hilux GR Sport yang tampil gagah dan sporty berbekal striping body ciri khas TGR di bagian samping.

Baca juga: Harga Toyota New Hilux dan Varian yang Tersedia di Indonesia

Namun, kebanyakan mobil Toyota dengan label GR Sport tersedia hanya untuk pasar domestik Jepang. Untungnya, Indonesia tetap kebagian Toyota GR Supra dan label TRD yang desainnya tidak kalah sporty.

Tertarik untuk memiliki salah satu dari mereka?