Perbedaan Harga dan Varian Toyota Rush Paling Lengkap

Mengusung desain sporty, namun tetap tampil elegan, berniat memilikinya untuk teman petualangan? Simak dulu perbedaan varian Toyota Rush dan harganya.

Toyota Rush

Tak bisa dipungkiri jika segmen sport utility vehicle (SUV) telah berkembang di pasar otomotif Indonesia. Trennya sendiri sudah berkembang di tanah air sejak era 1990-an, yaitu sejak era Toyota FJ40 atau yang sering disebut Toyota Hardtop.

Salah satu alasan konsumen memilih SUV adalah karena jenis kendaraan ini memiliki karakter yang mampu melahap berbagai kondisi jalan di Indonesia. Baru pada Desember 2006, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya meluncurkan Toyota Rush, SUV dengan tampilan yang sporty dan maskulin.

Di awal kehadirannya, kembaran dari Daihatsu Terios ini langsung terjual 3.000-an unit dan setahun berikutnya penjualannya mencapai 30.000 unit.

Lalu di akhir 2006 sampai Oktober 2017, total penjualannya mencapai angka 250 ribu unit sekaligus menjadikan Rush sebagai SUV paling laris di Indonesia.

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Meluncur Tahun Ini?

Selanjutnya, di bulan November 2017, TAM resmi memperkenalkan Toyota Rush generasi kedua atau dikenal juga sebagai Toyota All New Rush dengan tagline Unlimited Freedom, mengukuhkan diri sebagai mobil yang tangguh di segala medan, namun tetap nyaman di segala suasana. ​​​​​​​

Varian Toyota Rush generasi kedua hadi dengan dua pilihan, yakni G dan TRD Sportivo. Masing-masing dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Lantas apa saja perbedaan varian Toyota Rush tersebut dan berapa harganya? Nah, simak yuk penjelasan lengkapnya di sini.

Eksterior Toyota Rush

Sebagai generasi baru, Toyota All New Rush memiliki dimensi yang panjang untuk mengakomodir 7 penumpang dengan sangat nyaman dan menyisakan ruang di bagasi. Kini tak ada lagi ban serep yang menempel di pintu belakang atau kerap disebut orang sebagai ‘konde’. Ban tersebut berpindah ke bagian bawah sebagai jawaban dari TAM atas masukan para konsumennya.

Baca juga: Keunggulan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Dari segi dimensi, semua varian Toyota Rush memiliki panjang 4.435 milimeter, lebar 1.965 milimeter, dan tinggi 1.705 milimeter. Sebagai SUV, mobil ini memiliki ground clearance yang tingginya mencapai 220 milimeter dalam keadaan kosong.

Tampak depan, Toyota Rush makin berkelas dengan lampu depan berteknologi LED disertai dengan LED daytime running lamp (DRL) yang lebih modern, ditambah grill bagian depan dengan finishing dark chrome.

Perbedaan lain antara varian G dan TRD Sportivo mulai terasa apabila melihat pada bagian kaki-kaki. Pada varian G menggunakan pelek berukuran 16 inci, sedangkan varian TRD Sportivo lebih kokoh dengan pelek ukuran 17 inci.

Perbedaan juga tampak pada desain underguard depan dan belakang, serta cekungan di bagian samping. Selain itu varian G tidak memiliki fitur Smart Entry seperti yang tersemat pada varian TRD Spaortivo. Dengan fitur Smart Entry, cukup kantongi kunci, dan tekan tombol kecil pada handle pintu untuk membuka atau menguncinya.

Baca juga: Semua yang Pertama dalam Sejarah Toyota di Indonesia

Seluruh varian Toyota Rush hadir dalam enam pilihan warna yakni White, Silver Mica Metallic, Red Mica Metallic, Bronze Mica Mettalic, Bordeaux Mica, dan Black Mica. Mana yang jadi warna favoritmu?

Interior Toyota Rush

Masuk ke bagian interior baik varian G dan TRD Sportivo sudah dilengkapi dengan electric power steering. Proses menghidupkan dan menyalakan mesin pun semakin dimudahkan dengan fitur Smart Start/Stop Engine Button.

Mobil SUV ini juga sudah dilengkapi dengan rear camera di semua variannya untuk memudahkan pengemudi serta menghindari kecelakaan saat proses parkir.

Perbedaan yang mulai terasa dari kedua varian terdapat pada desain dashboard. Pada bagian dashboard, varian TRD Sprotivo punya kesan yang lebih premium dibanding varian G.

Baca juga: Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Varian TRD Sportivo dilengkapi dengan audio head unit yang punya banyak fitur, apalagi ditambah sistem audio paling mutakhir dengan 8 surround sound speakers yang tertanam. Selain itu ada juga fitur Bluetooth telephony dan auto head lamp.

Sun visor dengan lampu dan cermin juga hanya tersedia di varian Toyota Rush TRD Sportivo, untuk varian G polos saja dengan fungsi yang sama untuk menghalau sinar matahari dari depan.

Di baris kedua dan ketiga varian TRD Sportivo dibekali power outlet untuk mengisi daya baterai gadget. Sementara untuk ruang dan penyimpanan dan cup holder keduanya sama praktisnya.

Mesin dan fitur keamanan

Kedua varian Toyota Rush menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE. Mesin ini berkapasitas 1.496 cc empat silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaganya disalurkan ke dua roda belakang.

Baca juga: Perbedaan Varian dan Harga Daihatsu All New Terios

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm.

Sementara dari segi fitur keamanan dan keselamatan, semua varian Toyota Rush dibekali sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang, ISOFIX, 6 SRS Airbags, Anti-lock Braking System (ABS) dan Emergency Brake Signal (EBS), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Ada juga ada indikator sabuk pengaman, jadi pengemudi dapat memperingati jika ada penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Khusus pengemudi dan penumpang depan, jika mobil berjalan dan keduanya tidak menggunakan sabuk pengaman ada peringatan berupa bunyi yang semakin lama semakin keras.

Dengan semua fitur keselamatan tersebut, Toyota All New Rush mendapatkan mendapatkan rating 5 bintang atas uji tabrak dari New Car Assessment Programme for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP).

Harga Toyota Rush 2020

Harga Toyota Rush G M/T Rp 257.700.000, dan varian G A/T dibanderol Rp 267.700.000.

Baca juga: Perjalanan Menguji Tangguhnya Toyota All New Rush

Kemudian untuk varian TRD Sportivo M/T bisa kamu tebus dengan harga OTR Jakarta Rp 269.100.000, dan untuk transmisi otomatisnya bisa kamu miliki dengan melakukan pembayaran sebesar Rp 279.100.000.

Bagaimana, apa kamu tertarik memboyong Toyota All New Rush ke garasi dan menjadikannya teman berpetualang?

Toyota All New Rush

 

Ditulis oleh: Fikri Ramadhan dan Shatya Agung Wicaksana