Search Cars

Otomotif

Berapa Biaya Perawatan Berkala Mobil di Bengkel Resmi?

Mobil juga perlu dirawat agar performanya tetap prima. Namun, berapa biaya perawatan berkala mobil di bengkel resmi?

keuntungan kredit mobil

Performa mobil yang terjaga tentu akan membuat nyaman dikendarai ke mana saja. Selain itu, harga jual mobil juga akan tetap bagus jika rutin melakukan perawatan berkala.

 

Beda dengan mobil yang jarang diservis, harga jualnya berpotensi menurun karena performa mobil yang tidak terjaga.

 

Selain itu, mobil juga beresiko mogok di tengah jalan karena jarang diservis. Akhirnya, biaya perawatan berkala malah jadi lebih mahal. Lalu, perawatan berkala di bengkel resmi juga akan menjaga garansi mobil supaya tidak hangus.

layanan baru BMW

Waktu perawatan berkala

Banyak pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan berkala. Umumnya, penanda kapan waktu yang pas untuk melakukan servis ialah dengan melihat jumlah kilometernya.

 

Namun, standar ini tidak harus dijalankan sepenuhnya, karena ada faktor-faktor lain yang membuat mobil wajib masuk bengkel resmi lebih cepat. Selain itu, setiap komponen mobil juga memiliki waktu pakai yang berbeda.

 

Rata-rata, mobil yang sudah menempuh jarak sejauh 1.000 kilometer, bagian yang perlu dilakukan pengecekan atau penggantian adalah oli mesin, bodi, rangka, AC, transmisi, rem, dan power steering.

 

Baca juga: Suku Cadang Mobil Ini Wajib Rutin Diganti, Apa Saja?

biaya servis berkala

Selanjutnya, bila jarak tempuh sudah mencapai 30.000, 50.000, dan 70.000 kilometer, bagian mobil yang perlu dicek adalah mesin, oli mesin, dan ban mobil.

 

Setelah mobil menempuh jarak 20.000, 60.000, dan 100.000 kilometer, bagian yang biasanya menjadi fokus pengecekan adalah sistem kemudi, sistem bahan bakar, dan suspensi.

 

Terakhir, jarak tempuh mobil mencapai 40.000, 80.000, dan 120.000 kilometer, Anda perlu perawatan berkala dan lakukan pengecekan terhadap busi, kompresor, oli mesin, filter udara, minyak rem, dan canister system. Apabila ada bagian yang sudah rusak, maka perlu diganti.

Toyota All New Camry Hybrid

Biaya perawatan berkala

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan berkala mobil pribadi tidak stagnan.

 

Artinya, biaya berubah-ubah tergantung beberapa faktor seperti kebijakan pemerintah, keadaan ekonomi, nilai tukar mata uang rupiah, harga bahan bakar, dan faktor lainnya.

 

Selain faktor-faktor tersebut, biaya perawatan berkala di setiap bengkel dapat berbeda sesuai dengan kebijakan yang diberlakukan di masing-masing tempat. Kemudian, jenis mobil juga berpengaruh terhadap biaya servis.

 

Baca juga: Cara Mudah Booking Service Kendaraan di Seva.id

BMW klasik

Walaupun berbeda-beda, mungkin estimasi berikut ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan harga yang mendekati biaya servis berkala mobil Anda.

  • Bila mobil telah mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer, biaya perawatan berkala kira-kira mencapai Rp 400.000 hingga Rp 600.000.
  • Bila jarak tempuh mobil sudah mencapai 40.000 kilometer, biaya perawatan berkala kira-kira Rp 1.000.000 hingga Rp 1.200.000.
  • Bila jarak tempuh mobil sudah mencapai 80.000 kilometer, biaya perawatan berkala kira-kira Rp Rp 2.600.000 hingga Rp 3.000.000.

 

Harga di atas merupakan estimasi, jadi bukan harga yang sebenarnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, ada baiknya Anda mengunjungi bengkel resmi terdekat.

 

Lalu jangan lupa, selalu perhatikan buku manual mobil Anda agar perawatan berkala sesuai panduan.

 

Agar tidak lama menunggu antrian di bengkel resmi saat perawatan berkala, Anda bisa melakukan booking service terlebih dulu di Seva.id.

 

Jadi, Anda dapat menghemat waktu karena jadwal perawatan berkala sudah ditentukan oleh bengkel resmi.

 

Booking Service

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.