Search Cars

Berita Utama Otomotif

Pentingnya Check Up Mobil Sebelum dan Sesudah Mudik, Persiapan Mudik Lancar dan Aman

Pentingnya Check Up Mobil Sebelum dan Sesudah Mudik, Persiapan Mudik Lancar dan Aman

Pentingnya Check Up – Lebaran sudah di depan mata, saat yang di tunggu-tunggu para perantau untuk pulang kampung bertemu keluarga. Namun, persiapan mudik tak hanya soal barang bawaan dan bekal saja. Melakukan check up mobil sebelum dan sesudah mudik wajib di lakukan untuk menjamin kelancaran dan keselamatan perjalanan jauh. Mari kita lihat mengapa check up mobil begitu penting dan bagaimana melakukannya dengan tepat.

Kenapa Check Up Mobil Penting Sebelum Mudik?

Mobil yang dalam kondisi prima akan menempuh perjalanan jauh dengan lebih mudah. Berikut beberapa alasan mengapa check up mobil sebelum mudik sangat penting:

  • Mencegah Kerusakan di Jalan: Melalui check up, kamu bisa mendeteksi potensi kerusakan pada komponen mobil sebelum menjadi masalah serius di tengah perjalanan. Bayangkan macet di tol Lebaran di tambah mobil mogok, pastinya membuat mudik kamu berantakan.
  • Meningkatkan Keamanan: Komponen penting seperti rem, ban, dan lampu harus berfungsi optimal untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Check up membantu memastikan komponen tersebut dalam kondisi baik.
  • Menghemat Bahan Bakar: Mobil yang tidak terawat cenderung lebih boros bahan bakar. Dengan check up, kamu bisa mengoptimalkan performa mesin dan menghemat pengeluaran selama mudik.
  • Menjaga Kenyamanan Berkendara: Perjalanan jauh pastinya membuat kamu lelah. Check up membantu menjaga kenyamanan mobil, seperti AC yang sejuk dan suspensi yang empuk, sehingga perjalanan mudik lebih menyenangkan.

Apa yang Perlu di cek Up Sebelum Mudik?

Saat melakukan check up mobil sebelum mudik, fokuslah pada beberapa komponen penting berikut:

  • Oli Mesin dan Filter Oli: Oli berfungsi melumasi komponen mesin agar berjalan mulus. Ganti oli dan filter oli sesuai dengan jarak tempuh yang di sarankan di buku manual mobil.
  • Rem: Periksalah ketebalan kampas rem, kondis minyak rem, dan fungsi sistem pengereman secara keseluruhan. Pastikan rem bekerja dengan baik untuk menghentikan mobil secara efektif.
  • Ban: Perhatikan kondisi ban termasuk ketebalan alur ban dan adanya tanda-tanda keretakan atau benjolan. Pastikan juga tekanan udara pada setiap ban sesuai dengan spesifikasi mobil.
  • Aki: Aki berfungsi menyalakan mobil dan menyuplai listrik untuk berbagai fitur elektronik. Periksalah kondis aki, terutama klem aki dan volume air aki (pada aki basah).
  • Lampu: Pastikan semua lampu mobil berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein.

Apa yang Perlu di cek Up Sesudah Mudik?

Setelah menempuh perjalanan jauh saat mudik, penting juga untuk melakukan check up mobil untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima. Berikut beberapa komponen yang perlu di cek up sesudah mudik:

  • Oli Mesin dan Filter Oli: Perjalanan jauh dapat mempercepat degradasi oli mesin. Periksa tingkat oli dan warna oli untuk melihat apakah perlu di ganti.
  • Rem: Periksa kondisi kampas rem dan minyak rem untuk memastikan sistem pengereman tetap berfungsi optimal.
  • Ban: Periksa kembali kondisi ban termasuk ketebalan alur ban dan adanya tanda-tanda keretakan atau benjolan.
  • Aki: Periksalah kondis aki dan bersihkan terminal aki jika terdapat korosi.
  • Suspensi: Perhatikan apakah ada kebocoran oli pada shock absorber atau per keong. Jika mobil terasa tidak nyaman atau bocor, sebaiknya periksakan suspensi ke bengkel terpercaya.
  • Sistem Pendingin: Periksa kondisi radiator, fan, dan air pendingin untuk memastikan sistem pendingin berfungsi dengan baik.

Tips Tambahan untuk Menjaga Performa Mobil

  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas: Bahan bakar berkualitas tinggi dapat membantu menjaga performa mesin dan mencegah kerusakan.
  • Jangan memuat barang berlebihan: Memuat barang berlebihan dapat membebani mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.
  • Mengemudi dengan hati-hati: Hindari mengemudi dengan kasar dan melakukan pengereman mendadak yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil.
  • Lakukan servis mobil secara rutin: Servis mobil secara rutin sesuai dengan jarak tempuh yang di sarankan di buku manual mobil untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Mudik menjadi momen yang di tunggu-tunggu banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, keselamatan harus tetap menjadi prioritas utama. Melakukan check up mobil sebelum dan sesudah mudik adalah langkah preventif yang penting untuk menjaga performa dan keselamatan kendaraan. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menikmati mudik yang lancar, aman, dan menyenangkan. Selamat berkendara!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.