Pengalaman Berkendara Sekeluarga Bersama Toyota New Sienta

Toyota New Sienta sukses merebut hati pengguna mobil keluarga dengan desainnya yang unik dan futuristik. PT Toyota Astra Motor menyebut mobil ini sebagai Multi Activity Vehicle (MAV) dan mulai mengenalkannya  di Indonesia sejak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April 2016.

 

Secara fungsi MAV ini tidak berbeda dengan Multi Purpose Vehicle (MPV). Dengan desain fungsional membuat pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas dengan kendaraan ini.

 

Kami, Seva.id, pun berkesempatan menjajal mobil ini berkeliling kota Jakarta bersama istri dan anak perempuan saya.

 

Dari Auto2000, diler mobil toyota Terbesar di Indonesia, kami mendapatkan pinjaman Toyota New Sienta tipe Q sebagai tipe tertingginya yang hanya tersedia transmisi otomatis. Selain itu Toyota New Sienta juga tersedia dalam tipe V dan Tipe G dengan transmisi otomatis dan manual, serta tipe E yang hanya bertransmisi manual.

 

https://www.instagram.com/p/BgWQCo-lLAD/?hl=id&taken-by=arristoocrazy

Kesan pertama

Saat pertama pertama naik, “Mobilnya canggih, ayah! Pintu belakangnya bisa terbuka sendiri,” celetuk polos anak yang baru berusia tiga tahun coba-coba review Toyota New Sienta ala vlogger otomotif.

 

Memang khusus Toyota New Sienta tipe Q ini memiliki kelebihan yakni kedua pintu geser belakangnya dapat terbuka dan tertutup secara elektrik baik dari remote, gagang pintu, atau tombol yang ada di bagian depan pengemudi.

 

Selain itu, pintu ini juga dilengkapi sensor, sehingga akan berhenti otomatis jika ada benda yang menghalangi jalannya. Tentu saja aman untuk anak-anak agar tangannya tidak terjepit.

 

Keunggulan lainnya, saat parkir mobil ini tidak perlu membutuhkan tempat yang terlalu besar. Sebab, cara kerja pintunya bergeser bukan membuka ke luar, sehingga ruang sempit sekalipun tetap bisa keluar atau masuk dengan leluasa.

 

Masuk ke interior, futuristik, elegan, modern, serta mewah adalah kesan pertama yang kami dapat. Toyota New Sienta memiliki tiga baris tempat jok serta dapat mengangkut tujuh orang dalam sekali jalan.

 

Berbeda dengan MPV yang jok baris ketiga hanya dapat dilipat, pada Toyota New Sienta jok baris ketiganya dapat diselipkan di bawah jok baris kedua atau yang disebut dengan fitur dive-in seat.

 

Seluruh jok di mobil ini juga sudah dilapis bahan kulit yang membuat rasa duduk lebih nyaman. Sebagai orang tua pun tidak khawatir mendudukkan anak di jok baris kedua, karena selain sudah dilengkapi dengan fitur pengait kursi bayi (ISOFIX), juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik. Tak hanya itu, sabuk pengaman tiga titik ini juga tersedia hingga jok baris ketiga. Semua itu masih ditambah dengan SRS Airbag.

 

Baca: Sudah Berkeluarga, Pilih SUV atau MPV?

 

Berkendara menyenangkan

Toyota New Sienta sudah dilengkapi dengan sistem keyless with engine start stop button. Pengemudi tinggal mengantongi kunci, injak pedal rem, dan tekan tombol, mobil ini pun siap melaju di atas aspal ibu kota. Rencananya kami akan mengedukasi anak untuk lebih mengenal hewan, jadilah tujuan pertama adalah Kebun Binatang Ragunan.

Meski suhu di luar cukup terik, suasana di dalam Toyota New Sienta sejuk berkat AC double blower sehingga sirkulasi udara merata ke seluruh kabin. Kontrol utamanya sudah digital, berada di dashboard dengan tipe otomatis menyesuaikan dengan suhu kabin.

 

Hal lain yang kami sadari adalah mobil ini memiliki banyak sekali ruang penyimpanan, baik yang tertutup, terbuka, juga cup holder. Hal ini tentu membuat arang-barang tidak berserakan di lantai mobil atau di atas kursi penumpang. Mobil pun jadi lebih rapih dan nyaman.

 

Khusus tipe Q ini juga sudah dilengkapi dengan dengan glove box dan chiller function untuk memudahkan dalam menyimpan minuman, selain sudah dilengkapi dengan laci di bawah jok depan yang dapat berfungsi untuk menyimpan benda berharga seperti smartphone, dompet dan lainnya.

 

Meliuk di kemacetan bukan masalah bagi Toyota New Sienta. Ya, meski berkapasitas tujuh penumpang, namun bodinya tetap kompak serta ringkas dengan panjang hanya 4.235 milimeter dan lebarnya 1.695 milimeter, menjadikannya mudah dikendarai.

 

Bodi tersebut digerakkan dengan mesin 4-silinder 1.497 cc, DOHC VVT-I berkode 2NR-FE yang mampu menawarkan efisiensi bahan bakar. Jantung pacunya dipadukan dengan transmisi Continous Variable Transmission (CVT) 7-speed sport sequential shiftmatic. Saat jalan lancar, kami merasakan transmisi ini cukup responsif saat melakukan perpindahan gigi.

 

Saat berkendara, yang menyenangkannya lagi adalah bantingan suspensinya. Diisi dua orang dewasa dan satu balita, Toyota New Sienta tetap nyaman tidak terasa limbung. Keheningan kabinnya juga baik, selain getaran mesin yang hampir tidak terasa meski mobil melaju di kecepatan yang cukup tinggi.

 

Kenyamanannya juga dibantu dengan fitur keamanan seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electric Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Ada juga khusus di tipe Q ini Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi saat berada di tikungan dengan kecepatan tinggi, dan bertugas menjaga mobil tetap stabil hingga tidak terguling, serta Hill Start Assist (HSA) yang membantu berhenti dengan jeda sekitar dua detik agar mobil tidak mundur saat jalan menanjak.

 

Macet anti-bosan

Usai mengeksplorasi Kebun Binatang Ragunan, kami pun melanjutkan perjalanan ke The Cat Cabin, sebuah kafe dengan suasana nyaman dan tempat bermain sama kucing yang berlokasi di Jalan Kemang Raya No. 31.

 

Tentu saja, menjelang sore, kemacetan khas Jakarta sudah dimulai. Untungnya, fitur hiburan yang disematkan dalam Toyota New Sienta ini lengkap. Kami menghubungkan smartphone dengan audio head unit layar sentuh berukuran tujuh inci dengan bantuan aplikasi Miracast. Anak pun tidak kebosanan, dengan santai ia menikmati tayangan favoritnya di YouTube.

 

Selain aplikasi Miracast, audio head unit ini juga mendukung koneksi via Bluetooth, fitur DVD, USB, Aux, Internet, HDMI, Toyota Move, Voice Command, Hand Gesture, dan sudah menggunakan remote. Kontrol audio juga tersedia di lingkar kemudi.

 

Menggebrak tradisi

Dari sisi ekterior, Toyota New Sienta ini bisa dibilang “menggebrak” tradisi desain mobil keluarga yang pada umumnya membosankan. Secara keseluruhan, kami menilai desainnya futuristik.

 

Bagian depannya ala-ala mobil sport dengan lampu utama yang menyipit, grille besar, dan bumper yang sudah ditambahkan sporty aerokit.

 

Lampu utama yang dimiliki Toyota New Sienta tipe Q menggunakan Bi Beam Led Projector dengan LED clearance lamp dan auto leveling. Terang menyinari jalanan saat gelap, bila kurang masih ada fog lamp yang dibingkai list krom.

 

Bagian belakang dibalut dengan garnish warna hitam menyambung ke lampu belakang yang menggunakan jenis LED dengan fitur LED Line Guide. High mounted stop lamp juga ada agar pengemudi di belakang lebih jeli ketika mobil ini berhenti. Pada bagian bumper, selain sporty aerokit, turut disematkan sensor untuk memudahkan dalam memarkir kendaraan.

 

Pada bagian samping, juga terdapat sporty aerokit yang seakan menghubungkan bagian depan hingga ke belakang. Kaki-kakinya dipercantik dengan menggunakan velg ukuran 16 inci dan two tone color.

 

Baca juga: Deretan Lima Mobil SUV Terbaik Untuk Wanita

 

Setelah satu hari berkendara bersama, kami tidak heran mengapa Toyota New Sienta disebut sebagai Multi Activity Vehicle (MAV). Mobil ini cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari di dalam kota hingga liburan bersama keluarga ke luar kota.

 

Segera miliki Toyota New Sienta melalui Seva.id karena sedang ada promo April Full, di mana Anda berkesempatan mendapatkan gratis Paket Service Toyota (PESTA) selama tiga tahun atau 40.000 kilometer (yang lebih dahulu).