Panduan New Normal Agar Aman, #SiapJalanin Rutinitas Kerja

Aktivitas perkantoran sudah mulai beroperasi kembali dengan menerapkan panduan new normal dalam lingkungan kerja. Berikut ulasannya!

panduan new normal

Pandemi Covid-19 belum berakhir, meski demikian aktivitas perkantoran harus tetap berjalan demi bergeraknya ekonomi. Apalagi, tempat kerja dengan populasi dan mobilitas yang tinggi memiliki risiko penularan yang cukup tinggi.

Karena itu, demi memutus rantai penyevaran  Covid-19, pemerintah mengeluarkan protokol atau panduan new normal agar masyarakat tetap bisa menjalani rutinitas namun tetap aman. Berikut panduannya yang perlu ketahui.

Menuju tempat kerja

Saat menuju tempat kerja hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan. Periksalah suhu tubuh dan pastikan bahwa kondisimu baik dan prima. Jika ada gejala batuk, pilek, atau demam lebih baik kamu meminta izin untuk tidak masuk bekerja.

Baca juga: Sambut New Normal, Ini Protokol Pelayanan Publik di Jakarta

Sebelum berangkat pastikan kamu membawa masker dan juga hand sanitizer. Gunakan masker dengan baik dan benar. Ingat, masker bukan pemanis penampilan!

Usahakan pilihlah transportasi yang aman. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, lebih baik memilih transportasi yang memakai transaksi secara non tunai. 

Namun, jika kamu terpaksa menggunakan transportasi umum konvensional kamu harus ingat bahwa jagalah jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Selama perjalanan pastikan untuk tidak menyentuh wajah atau mata menggunakan tangan.

Saat di tempat kerja

Sesaat setelah sampai di tempat kerja, demi meminimalisir terpapar virus, upayakan juga mengurangi kontak terhadap fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama di area kerja, seperti pintu dan tombol lift. 

Setelah masuk ke area kerja hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencuci tanganmu dengan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Mencuci tangan dapat mengurangi potensi dirimu terjangkit virus. 

Baca juga: Tempat-tempat yang Boleh Beroperasi di Masa PSBB Transisi

Sebelum mulai bekerja, bersihkanlah meja menggunakan disinfektan, karena kamu tidak tau siapa saja dan virus apa yang menempel di meja kerjamu. Tetaplah ingat untuk tetap menjaga jarak minimal 1 meter. Meski berada di dalam ruangan, kamu tetap harus menggunakan masker.

PSBB transisi

Saat pulang kerja

Sesaat setelah tiba di rumah hal pertama yang harus kamu hindari adalah bersentuhan langsung dengan anggota keluarga. Pastikan kamu mandi dan berganti baju terlebih dahulu sebelum melakukan kontak langsung.

Hal ini perlu kamu lakukan sebab saat di perjalanan kamu tidak tahu apakah tubuhmu aman atau tidak.

Cucilah pakaian serta masker yang telah kamu gunakan dengan deterjen. Jika kamu menggunakan masker medis, robek dan basahi masker menggunakan disinfektan sebelum dibuang, tujuannya agar tidak mencemari lingkungan. Lalu, bersihkanlah handphone dan benda-benda lain menggunakan disinfektan. 

Baca juga: #SiapJalanin New Normal, Traveling Sesuai Protokol Kesehatan

Demi meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang dan tambahan suplemen kesehatan. Istirahatlah dengan baik agar kondisi prima keesokan hari. 

Itulah beberapa panduan new normal yang harus kamu ikuti demi menjaga keselamatan diri. Pandemi yang virus Covid-19 yang telah berlangsung lama ini memang sulit dihindari. Namun, perekonomian tetap harus berjalan. Oleh karena itu, kunci utama dalam menghadapi new normal adalah patuh terhadap aturan serta himbauan yang berlaku.

Baca juga: Rangkuman Panduan New Normal Indonesia dari Kemenkes RI 

Bagi kamu yang ingin membutuhkan alternatif transportasi yang aman dan nyaman Movic memperkenalkan paket sewa mobil mingguan untuk kamu.

Movic juga memberi penawaran menarik, kamu bisa langsung dapatkan diskon 200 ribu yang bisa kamu gunakan hingga desember 2020.

Tunggu apalagi? Yuk sewa mobil mingguan di Movic. Bepergian lebih aman dan nyaman.