Search Cars

Berita Utama Otomotif

Mudik Lebaran 2024, Hindari 5 Kesalahan Ini Agar Perjalanan Lancar!

Mudik Lebaran

Mudik Lebaran – Lebaran sudah di depan mata, dan bagi para perantau, mudik menjadi momen yang paling di tunggu-tunggu. Namun, perjalanan mudik yang seharusnya penuh sukacita terkadang bisa berubah menjadi penuh stres dan melelahkan. Ini bisa terjadi akibat beberapa kesalahan perencanaan yang bisa di hindari. Nah, biar mudik kamu tahun ini lancar dan menyenangkan, yuk simak 5 kesalahan yang harus di hindari berikut ini!

1. Tidak Memperhatikan Kondisi Kendaraan

Kendaraan yang prima adalah kunci utama perjalanan mudik yang aman dan nyaman. Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu sudah melakukan servis rutin pada mobil kamu. Periksalah kondisi ban, rem, oli, aki, dan sistem pendingin secara menyeluruh. Ganti komponen yang sudah aus atau tidak berfungsi dengan baik. Jangan lupa membawa peralatan tambal ban dan cairan pendingin cadangan untuk berjaga-jaga jika mengalami kendala di perjalanan.

Bagi kamu yang menggunakan sepeda motor, pastikan tekanan angin ban sesuai standar, rem berfungsi dengan baik, dan lampu depan serta belakang menyala dengan terang. Bawa helm standar SNI untuk keamanan kamu selama berkendara.

2. Tidak Menyesuaikan Jadwal Keberangkatan dengan Puncak Arus Mudik

Biasanya, puncak arus mudik Lebaran terjadi pada H-7 hingga H-1 Lebaran. Jika memungkinkan, hindari berangkat mudik pada periode tersebut. Kamu bisa memilih jadwal keberangkatan di luar puncak arus mudik, misalnya pada H-10 atau bahkan lebih awal. Dengan demikian, kamu bisa menghindari kemacetan parah yang bisa membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama.

3. Tidak Memesan Tiket atau Penginapan Jauh-Jauh Hari

Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api, atau bus, sebaiknya pesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. ยิ่งเร็ว (semakin cepat) kamu memesan tiket,ยิ่งมีโอกาส (semakin besar kesempatan) mendapatkan harga yang lebih murah dan jadwal keberangkatan yang sesuai keinginan. Hal yang sama juga berlaku untuk kamu yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi dan berencana menginap di hotel atau penginapan di sepanjang perjalanan. Cari tahu terlebih dahulu estimasi waktu perjalanan dan rencanakan titik-titik pemberhentian untuk istirahat. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari dan memesan penginapan di lokasi tersebut.

4. Melebihmuatan Kendaraan

Membawa barang bawaan yang terlalu banyak bisa membuat bagasi mobil kamu penuh sesak. Selain tidak nyaman, melebihi kapasitas muatan kendaraan juga bisa membahayakan keselamatan kamu dan penumpang lainnya. Aturlah barang bawaan dengan cermat dan prioritaskan barang-barang yang benar-benar di butuhkan selama perjalanan mudik. Jika memungkinkan, titipkan barang-barang yang tidak terlalu penting di kampung halaman kamu.

5. Mengemudi dalam Kondisi Lelah atau Mengantuk

Perjalanan mudik, terutama jarak jauh, bisa membuat kamu lelah dan mengantuk. Jangan paksakan di ri untuk terus mengemudi jika kamu sudah merasa lelah. Mampirlah ke rest area terdekat untuk istirahat dan memulihkan tenaga. Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak, meregangkan otot, dan makan camilan. Hindari mengemudi dalam keadaan mabuk atau setelah mengonsumsi obat-obatan yang bisa menimbulkan rasa kantuk. Jika kamu bepergian dengan rombongan, bergantianlah mengemudi agar tidak lelah dan perjalanan mudik kamu bisa lebih menyenangkan.

Tips Tambahan untuk Mudik Lancar:

  • Pantau informasi lalu lintas terkini melalui aplikasi navigasi atau media sosial untuk menghindari rute yang macet.
  • Siapkan perbekalan makanan dan minuman secukupnya untuk perjalanan.
  • Patuhi peraturan lalu lintas dan berkendara dengan sabar dan tidak terburu-buru.
  • Bawa uang tunai secukupnya untuk berjaga-jaga jika kartu ATM kamu tidak bisa di gunakan.
  • Siapkan hiburan selama perjalanan seperti musik, buku, atau permainan untuk anak-anak.

Dengan perencanaan yang matang dan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, perjalanan mudik Lebaran kamu pasti akan lancar, aman, dan menyenangkan. Selamat mudik!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.