Search Cars

Otomotif

Modifikasi Porsche Cayman, Habis hampir Rp60 Juta!

Bodykit besutan Kiki Anugraha diaplikasikan ke Porsche Cayman 987.2, bagaimana jadinya?

Porsche Cayman

Setelah meluncurkan bodykit Karma untuk Toyota 86 dan Lamborghini Aventador pada 2018 lalu, Kiki Anugraha dan Monaco Auto Design kembali merilis body kit Karma untuk Porsche Cayman 987.2.

Karma merupakan body kit hasil karya anak bangsa yang produksinya dilakukan di dalam negeri, kemudian dipasarkan ke seluruh dunia.

Lalu, modifikasi di Porsche Cayman 987.2 ini merupakan model ketiga Karma, yang sebelumnya disematkan pada Toyota 86 dan Lamborghini Aventador.

Karma Cayman dipamerkan untuk pertama kalinya pada acara otomotif Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 secara virtual Sabtu (10/10).

“Peluncuran Karma Cayman sangat spesial buat saya. Tak hanya karena body kit Karma memiliki model terbaru saja, namun saat ini jejaring distribusi Karma juga semakin luas. Body kit Karma sudah memasuki pasar Australia dan Tiongkok,” ucap Kiki Anugraha saat peluncuran Karma Cayman di IMX 2020, Sabtu, (10/10).

Baca juga: aliran modifikasi mobil sedan yang cocok buat anak muda

Lalu, untuk pendsitribusiannya, body kit ini sudah memiliki perwakilan di beberapa negara, seperti di kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

KARMA Cayman 987.2

Ubahan Porsche Cayman 987.2 Karma

Ubahan yang diberikan pada Cayman ini adalah front bumper, lips bumper, side skirt, rear bumper, fender, over fender, dan wing spoiler.

Desain agresif yang sudah menjadi ciri khas dari body kit Karma, seperti lekukan khas di ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan.

Baca juga: Meluncur! Toyota New Fortuner dan Toyota New Kijang Innova

Tidak hanya terlihat gahar, namun semua fungsi dan performanya didesain dengan konsep dan perhitungan yang matang, sehingga saat proses pemasangannya sudah plug and play (PnP).

Kemudian, material bodykit ini dibuat menggunakan material FRP (Fiberglass Reinforced Plastics) grade A.

KARMA Cayman 987.2

Bukan tanpa alasan, penggunaan material FRP dipilih karena memiliki konstruksi yang fleksibel tetapi tetap kokoh dan kuat serta berbobot ringan.

Lalu, dikombinasikan dengan sentuhan karbon pada bagian lips, yang semua pengerjaannya dilakukan secara handmade oleh tangan anak bangsa.

Mochamad Chandra Kurniawan, pemilik Porshe Cayman 987.2 Karma, mengakui, bahwa dirinya harus menunggu sekitar 10 bulan untuk proses perakitan body kit Karma pada mobilnya.

KARMA Cayman 987.2

Setelah itu, untuk pemilihan warna, Porsche Cayman KARMA menggunakan body wrapping sticker dari Max Decal dengan warna gloss candy red.

Warna ini memang terlihat spesial karena tidak terlalu terang, namun ada partikel glitter yang membuat terlihat seperti cat asli.

Baca juga: Cara Deteksi Mobil Bekas Kecelakaan dari Bodi Sampai Mesin

“Saya hanya memantau beberapa kali saja dalam proses pembuatannya. Lalu ketika mobil ini jadi, mimpi saya untuk memiliki mobil modifikasi yang membanggakan dan bisa diluncurkan di IMX seketika menjadi kenyataan,” kata Mochamad Chandra Kurniawan yang akrab disapa Charock ini.

Tidak sampai di situ, Cayman milik Charock juga diberi beberapa sentuhan untuk menunjang penampilannya agar terlihat semakin kece.

KARMA Cayman 987.2

Contohnya pada bagian head unit, mobil ini mengandalkan Pioneer AVH Z9250BT yang dipadukan dengan DSP (Digital Sound Processor) Crescendo Evolution 9DSP.

Kemudian, suara dari head unit tersebut disalurkan melalui speaker Crescendo Evolution 1 White Edition dan dilakukan penambahan Amplifier 4ch merek Crescendo  EvoLution 1A4 serta Amplifier Monoblock merek Crescendo Evolution 1A1.

Setelah itu, penambahan subwoofer Crescendo Evolution 110 membuat suara yang dihasilkan terdengar lebih nendang dan jernih.

Urusan perkabelan pun tak main-main. seperti Wiring RCA (Radio Corporation of America) ikut masuk ke dalam komponen modifikasi audio.

Wiring RCA berfungsi untuk menghantarkan sinyal suara dari head unit ke prosesor atau power. Lalu, untuk kabel audionya sudah menggunakan Power Cable 4 AWG (American Wire Gauge).

Terakhir, Speaker Cable Harmonic Harmony Acapella Series ikut dibenamkan untuk menciptakan sistem audio yang solid.

KARMA Cayman 987.2

Pelek offset dipilih untuk merubah bentuk kaki-kaki

Melirik sektor kaki-kaki, pelek bagian depan menggunakan SV DUKE dengan spesifikasi 19 x 10 et -5 + spacer 1,5cm menjadi offset -20 (inner 6” + outer 4”) + front x factor 30 yang dibalut ban Advan Neova AD08R ukuran 265/35/19.

Kemudian, pelek bagian belakang yang semula berukuran 19 x 12 et -50 + spacer 2,5cm menjadi offset – 75(inner 5.5” + outer 6.5”) Rear x factor : 20 with straight steplip outer, menggunakan ban yang sama. Tetapi, dengan ukuran yang berbeda, yaitu 305/30/19.

Lalu, PCD (Pitch Cicle Diameter) dari roda-roda tersebut menggunakan PCD 5×130 dan CB 71,6 mm.

KARMA Cayman 987.2

Masuk ke bagian sistem pengereman, di bagian depan menggunakan Big Brake Kit Brembo gt6 380mm. Pindah ke belakang, menggunakan Big Brake Kit Brembo gt4 380mm.

Tidak ketinggalan juga penambahan Air Suspension Airlift 3H Dual Compressor untuk mengatur tinggi rendahnya ground clearance.

KARMA Cayman 987.2

Masuk ke dalam interior, nuansa hitam berpadu dengan panel-panel yang dilapisi karbon membuat kabin Cayman makin terlihat elegan namun tetap terasa nyaman.

Sementara jok menggunakan Recaro RMS yang dipadukan dengan Recaro harness berwarna merah.

Kemudian untuk menghasilkan suara yang lebih gagah dan tarikan mesin menjadi terasa lebih enteng, Tech Pro Exhaust valvetronic system digantungkan di bagian belakang.

Kamu tertarik untuk memodifikasi mobil seperti ini? Siapkan dana $4.000 atau sekitar Rp60 juta ya.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.