Mobil untuk Keluarga Mending MPV atau SUV?

12 July 2019

Untuk yang sudah berkeluarga, selain rumah, memiliki mobil pribadi pun jadi dambaan. Nah, mobil untuk keluarga itu mending pilih MPV atau SUV ya? Ini jawabannya!

mobil untuk keluarga

Memiliki mobil pribadi adalah dambaan setiap orang. Terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga dan punya anak, tentunya dengan mobil pribadi akan memudahkan jika ingin jalan-jalan, walau hanya sekedar ke pusat perbelanjaan.

 

Banyak hal yang dipertimbangkan ketika ingin memiliki mobil untuk keluarga, apalagi itu menjadi mobil yang pertama atau Anda yang beralih dari motor ke mobil.

 

Faktor kenyamanan kabin, daya angkut, spesifikasi dan fitur, keamanan, serta penampilan luar tentunya bakal menjadi pertimbangan. Tak lupa, harga juga menjadi faktor utama yang dipertimbangkan.

 

Keberadaan Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) yang menerapkan konfigurasi tujuh penumpang di Indonesia tampaknya menarik perhatian banyak keluarga.

mobil untuk keluarga

Baca juga:  8 Mobil Keluarga Terbaik Untuk Liburan Akhir Tahun

 

Selain mampu memuat banyak penumpang, keduanya juga mampu memuat banyak barang. Sehingga, tidak heran bila, produsen mobil kemudian berbondong-bondong merilis kendaraan roda empat jenis ini.

 

Karena pertimbangan tersebut, tentunya membuat bimbang para konsumen untuk menentukan pilihan, apalagi konsumen yang mencari mobil untuk keluarga, pastinya ingin mendapatkan mobil yang membuat nyaman dan aman.

 

Walaupun berkonfigurasi sama, kedua jenis mobil ini tentunya memiliki perbedaan. Sebelum menentukan mobil untuk keluarga mana yang akan menjadi pilihan Anda, ada baiknya kita berikan penjelasan kedua tipe mobil tersebut.

MPV

Jenis mobil ini kini kerap dipanggil sebagai mini bus atau kendaraan multi guna. MPV memiliki banyak kelebihan, salah satunya mampu memuat tujuh hingga sembilan orang penumpang.

 

Dengan embel-embel kata multi, jenis mobil ini juga dapat mengangkut barang dengan ukuran lebih besar dengan cara melipat beberapa jok yang tidak digunakan.

 

Secara fisik, mobil ini punya dimensi lebar dan panjang. Meski tidak setinggi SUV, ground clearance yang dimiliki MPV pun cukup tinggi.

 

Harganya pun terjangkau, suku cadang murah, mesin bandel, dan biaya perawatan yang terbilang masuk akal. Tidak heran bila jenis mobil ini kian populer di masyarakat Indonesia.

 

Baca juga: 5 Pilihan Mobil di Bawah Rp 200 Juta untuk Keluarga

New Peugeot 5008

SUV

SUV dilahirkan sebagai mobil yang mampu melahap berbagai jenis medan jalan, baik on-road maupun off-road.

 

Karakter jenis mobil ini ialah bodi yang nampak kekar, kokoh, dengan ground clearance yang tinggi untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, hingga pegunungan.

 

Selain itu, SUV masih tetap nyaman digunakan untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas hingga lima orang. Bahkan belakangan ada SUV dengan kapasitas hingga 7 penumpang.

 

SUV juga didesain agar mampu membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak jika jok bagian belakang dilipat. Ada lagi jenis crossover SUV yang dimensinya lebih kecil karena basisnya sedan atau hatchback yang ditinggikan.

 

Baca juga: Pilihan Mobil SUV dan MPV dengan Harga di Bawah Rp 500 Juta

 

Fitur keamanan dan hiburan

Tentu, mobil untuk keluarga, baik itu MPV atau SUV mesti memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Fitur keamanan standar seperti airbag dan Anti-lock Braking System (ABS) saat ini sepertinya sudah wajib ada bila Anda ingin memiliki mobil untuk keluarga.

 

Bahkan MPV seperti Toyota Calya yang berada di kelas mobil murah ramah lingkungan atau biasa di low cost green car (LCGC) sudah memiliki kedua fitur tersebut. Itu pun masih ditambah ISOFIX pada jok baris keduanya.

 

Baca juga: Mudik Sekeluarga dengan Mobil Bermesin Kecil, Baca Ini Dulu

 

Sementara, mobil untuk keluarga jenis SUV dengan fitur keamanan yang lebih advance ada New Peugeot 5008 yang baru saja diluncurkan pada 27 Juni 2019 lalu. Mobil asal Perancis ini sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), Hill Assist Descent Control (HADC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Bistribution (EBD), Emergency Break Assist (EBA), hingga Electronic Stability Program (ESP).

 

Baca juga: Review New Peugeot 5008: Jajal Fitur Park

 

Tentu dari kedua mobil tersebut hanya perbandingan. Seperti diketahui, berhubung banyaknya peminatnya, produsen mobil, saat ini sudah melengkapi jajaran MPV dan SUV-nya. Mulai dari dengan fitur sederhana, hingga yang advance.

 

Hal tersebut justru menguntungkan konsumen, Anda yang ingin memiliki mobil untuk keluarga jadi punya banyak pilihan. Tapi soal kenyamanan di dalam kabin, SUV dan MPV sudah didesain senyaman mungkin sesuai dengan kelas-kelasnya.

 

Untuk fitur hiburan yang disematkan, baik MPV atau SUV umumya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh. Sedangkan harga, pastinya akan sesuai dengan keunggulan-keunggulan mereka masing-masing.

 

Jadi, SUV atau MPV yang jadi pilihan Anda? Sebenarnya, kedua jenis mobil ini cocok jadi mobil untuk keluarga. Namun, cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan sensasi berkendara yang ingin dirasakan.

 

Klik untuk melihat pilihan mobil SUV:

 

Klik untuk melihat pilihan mobil MPV:

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE