Mobil Toyota yang Menggunakan Platform TNGA di Indonesia

Sharing platform bukan hal baru, bagaimana bisa? Simak deretan mobil Toyota dengan platform TNGA yang ada di Indonesia.

platform TNGA

Di Indonesia, sudah ada Toyota Kijang Innova sebagai wujud dari konsep berbagi basis pengembangan yang diberi nama Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV).

Selain Toyota Kijang Innova, saat ini produk yang masuk dalam IMV adalah Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux. Tidak hanya sasis, ketiganya juga berbagi power unit, komponen kaki-kaki, hingga berbagai detail interior.

Dalam format lain, Toyota Avanza dan Toyota Rush berbagi sasis unibody untuk menggapai konsumen di sektor mobil keluarga kompak di Indonesia.

Model sasis ini merupakan gabungan antara sasis monokok dan ladder frame untuk memperoleh perpaduan antara ketangguhan dan kenyamanan berkendara, termasuk keandalan jangka panjang yang membuat keduanya bisa mengatasi medan jalan negeri ini yang sangat variatif.

Baca juga: Lexus LF-30 Electrified Concept, Kendaraan Elektrik Masa Depan

Tahun 2015, era baru bergulir dengan diluncurkannya Toyota Prius yang mengadopsi platform TNGA (Toyota New Global Architecture).  Berbeda dengan IMV yang diciptakan berdasarkan wilayah atau region, TNGA diproyeksikan untuk dipakai oleh berbagai produk global Toyota.

mobil baru toyota camry 2019

Pembagian Platform TNGA

Sejak mulai diperkenalkan pada tahun 2015, platform TNGA telah memiliki beberapa turunan model.

Yang pertama tentunya TNGA-C yang masuk dalam C-Segment atau mobil kompak. Pengguna platform ini sudah banyak, mulai dari Toyota Prius, Toyota C-HR, hingga keluarga besar Toyota Corolla. Di Indonesia, baik Toyota Prius, Toyota C-HR, dan Toyota Corolla sudah menggunakan platform serupa.

Berikutnya adalah platform TNGA-K yang masuk dalam D-Segment atau mobil ukuran medium. Pengguna platform ini di antaranya adalah Toyota Camry, Toyota Harrier, dan Toyota RAV4. Dari ketiganya baru Toyota Camry yang dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Corolla Cross, Bintang 5 ASEAN NCAP

Selanjutnya adalah platform TNGA-N yang masuk dalam E-Segment atau mobil ukuran besar. Penggunanya seperti Toyota Crown dan Toyota Mirai sebagai mobil hidrogen kebanggaan Toyota.

Sementara yang terbaru adalah TNGA-B yang dimanfaatkan oleh kendaraan di B-Segment atau sub kompak.  Di global, model yang memanfaatkan adalah hatchback Toyota Yaris yang memiliki saudara kembar crossover SUV Toyota Yaris Cross dan hothatch Toyota GR Yaris.

Selain itu, Toyota juga sedang menyiapkan platform eTNGA untuk mobil listrik di masa depan.

Toyota Corolla Cross

Platfotm TNGA di Indonesia

Mobil Toyota dengan platform TNGA pertama di Indonesia adalah C-HR di tahun 2017. Crossover SUV ini punya tampilan yang agresif, kokoh, dan dinamis untuk yang berjiwa muda. Selain itu, Toyota C-HR juga menjadi produk Toyota di Indonesia pertama yang menggunakan mesin berteknologi HEV selain Toyota Prius yang memang diperuntukkan sebagai Hybrid Electric Vehicle.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Toyota Yaris Cross 2020, Ada Apa Saja?

Selanjutnya, hadir generasi terbaru Toyota Camry di awal tahun 2019, Toyota Corolla Altis di akhir tahun 2019, dan Toyota Corolla Cross di pertengahan tahun 2020 ini. Seluruh produk tersebut memiliki kesamaan tema di luar, yaitu tampilan yang agresif, dominan, dan menjadi pusat perhatian di jalan.

Pengemudi bakal dimanjakan oleh posisi duduk yang rendah, profil jok ergonomis dan nyaman, serta hamparan kokpit yang memanjakan pengendara untuk mengentalkan atmosfer fun to drive. Penumpang pun bakal disuguhkan oleh desain kabin modern yang diperkuat oleh desain dashboard yang berkelas dan menunjukan karakter dinamis produk TNGA.

Dukungan kenikmatan berkendara juga ditawarkan oleh sistem suspensi yang diyakini sanggup memberikan kenyamanan di berbagai kondisi jalan disertai pengendalian yang membuat pengemudi merasa betah dan ingin terus berada di balik kemudi.

All New Toyota Corolla Altis

Salah satu visi masa depan Toyota adalah mereduksi potensi kecelakaan dengan mengaplikasikan sistem safety preventif yang cara kerjanya melalui peringatan dini pada pengemudi di kondisi krusial melalui fitur Toyota Safety Sense. Cotohnya adalah fitur Pre-Collision System, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Baca juga: First Drive Toyota Corolla Cross Mesin Bensin, Nyaman Banget

Dengan pengalaman selama puluhan tahun, tidak heran bila sharing platform bukan hal yang baru bagi Toyota. Platform TNGA, berkendara makin aman dan nyaman.