Search Cars

Otomotif

Mobil dari Rusia Pernah Jadi Mobil Kepresidenan Indonesia

GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) merupakan pabrikan mobil yang bermarkas di Nizhny Novgorod, Rusia. Namanya memang kurang terdengar di Indonesia karena GAZ sangat jarang ditemui di jalan. Kalau pun ada, mungkin hanya kolektor mobil antik yang memilikinya.

 

Namun, walaupun namanya tidak populer, GAZ pernah menjadi salah satu mobil kepresidenan Indonesia pada era Presiden Soekarno. Namanya adalah Chaika GAZ 13, mobil yang pernah diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981.

 

Mobil mewah ini terlihat sangat cantik dengan moncong panjang yang berpadu dengan dua lampu bulat menonjol pada bagian depannya. Lalu, bentuk bumper-nya sangat artistik dengan ‘dua rudal’ pada sisi kanan dan kiri membuat mobil klasik ini semakin menarik perhatian. Tipikal mobil Rusia pada zamannya.

Belum lagi velg jari-jarinya yang terlihat sangat nyentrik, membuat penggemar mobil antik semakin tergoda ketika melihatnya.

 

Bagian belakangnya juga tidak kalah panjang dengan bagian depannya. Bahkan, jika dilihat dari samping, mobil ini seakan memiliki sayap yang dilipat karena bagian belakangnya seakan membentuk lekukan lancip seperti ujung sayap burung.

 

Chaika GAZ 13 memiliki panjang 5.600 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 3.250 mm. Tidak heran jika mobil ini terlihat lebih besar dibanding mobil-mobil pada umumnya.

 

Masuk ke dalam kabin, pengendara akan disambut oleh nuansa klasik yang terdapat pada desain interior Chaika GAZ 13. Setelah itu, jok di barisan kedua dapat ditarik ke depan sehingga menghasilkan ruang bagi penumpang di baris ketiga. Total, mobil ini dapat mengangkut 7 penumpang (7 seater).

 

Beralih ke dapur pacunya, Chaika GAZ 13 dibekali mesin M-13 5.5L V8 yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 195 daya kuda pada 4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan oleh tiga percepatan otomatisnya sehingga dapat mencapai kecepatan maksimum 160 kilometer per jam.

 

Walaupun dianggap memiliki mesin yang mengesankan karena dapat menghasilkan tenaga yang besar, mobil ini diklaim sangat boros bahan bakar. Chaika GAZ 13 dapat menyedot hingga 21 liter bahan bakar setiap 100 kilometer.

Di negara pembuatnya, Chaika GAZ 13 digunakan oleh orang-orang penting, seperti duta besar Uni Soviet, dan agen KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti), yaitu badan keamanan Uni Soviet hingga tahun 1991.

 

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, Nikita Khrushchev, juga pernah memberikan satu unit Chaika GAZ 13 kepada Fidel Castro karena dianggap sangat revolusioner. Oleh karena itu, mobil ini tidak pernah dijual kepada masyarakat umum, kecuali jika mereka menyewanya untuk pernikahan atau acara-acara spesial lainnya.

Baca: Mobil Kepresidenan Indonesia dari Era Soekarno hingga Jokowi

 

Mobil klasik Bung Karno lainnya

Selain Chaika GAZ 13, Bung Karno juga memiliki mobil lain, yaitu Buick-8. Mobil yang biasa disebut Limited-8 ini adalah mobil kepresidenan pertama Indonesia. Buick-8 yang digunakan oleh Bung Karno merupakan keluaran tahun 1939.

 

Selain Buick-8, ada juga mobil lainnya yang menjadi kendaraan resmi Soekarno, yaitu Cadillac 75, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan, dan juga Chrysler Imperial yang merupakan hadiah dari mantan Raja Arab, Faisal al – Saud.

 

Itulah deretan mobil antik yang pernah dimiliki Bung Karno. Bagaimana dengan Presiden RI yang lain? Tunggu artikel berikutnya.

 

Apakah Anda juga berminat memilikinya? Atau mungkin salah satu di antaranya merupakan mobil idaman Anda?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.