Mobil dari Rusia Pernah Jadi Mobil Kepresidenan Indonesia

By Ferdi Julias - Agustus 4, 2021

Pernah dengar Chaika Gaz 13? Ternyata pernah jadi mobil kepresidenan Indonesia, lho.

GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) merupakan pabrikan mobil yang bermarkas di Nizhny Novgorod, Rusia. Ternyata, GAZ pernah menjadi salah satu mobil kepresidenan Indonesia pada era Presiden Soekarno.

Namanya memang kurang terdengar di Indonesia karena GAZ sangat jarang ditemui di jalan. Kalaupun ada, mungkin hanya kolektor mobil antik yang memilikinya.

Nama mobil ini adalah Chaika GAZ 13, yang pernah diproduksi dari tahun 1959 hingga 1981.

Baca juga: Mobil Kepresidenan Indonesia dari Era Soekarno hingga Jokowi

Chaika GAZ 13 terlihat sangat cantik dengan moncong panjang yang berpadu dengan dua lampu bulat menonjol pada bagian depannya.

Lalu, bentuk bumper-nya sangat artistik dengan ‘dua rudal’ pada sisi kanan dan kiri membuat mobil klasik ini semakin menarik perhatian. Tipikal mobil Rusia pada zamannya.

mobil kepresidenan

Belum lagi velg jari-jarinya yang terlihat sangat nyentrik, membuat penggemar mobil antik semakin tergoda ketika melihatnya.

Bagian belakang Chaika GAZ 13 juga tidak kalah panjang dengan bagian depan.

Bahkan, jika dilihat dari samping, mobil ini seakan memiliki sayap yang dilipat karena bagian belakangnya seakan membentuk lekukan lancip seperti ujung sayap burung.

Baca juga: Cara Memulai Investasi Mobil Klasik, Jangan Salah Langkah

Chaika GAZ 13 memiliki panjang 5.600 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 3.250 mm. Tidak heran jika mobil kepresidenan Indonesia ini terlihat lebih besar dibanding mobil-mobil pada umumnya.

Masuk ke dalam kabin, pengendara akan disambut oleh nuansa klasik yang terdapat pada desain interior Chaika GAZ 13.

Setelah itu, jok di barisan kedua dapat ditarik ke depan sehingga menghasilkan ruang bagi penumpang di baris ketiga. Total, mobil ini dapat mengangkut 7 penumpang (7 seaters).

Baca juga: Review Toyota Corolla DX, Kenapa Layak Dijadikan Investasi?

Beralih ke dapur pacunya, Chaika GAZ 13 dibekali mesin M-13 5.5L V8 yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 195 daya kuda pada 4.400 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan oleh tiga percepatan otomatisnya sehingga dapat mencapai kecepatan maksimum 160 kilometer per jam.

Walaupun dianggap memiliki mesin yang mengesankan karena dapat menghasilkan tenaga yang besar, mobil ini diklaim sangat boros bahan bakar.

Chaika GAZ 13 dapat menyedot hingga 21 liter bahan bakar setiap 100 kilometer.

Chaika GAZ 13 bukan hanya digunakan sebagai mobil kepresidenan Indonesia di zamannya.

Di negara pembuatnya, Chaika GAZ 13 digunakan oleh orang-orang penting, seperti duta besar Uni Soviet, dan agen KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti), yaitu badan keamanan Uni Soviet hingga tahun 1991.

Baca juga: Suka Restorasi Mobil Tua? Cek Biaya dan Trennya di Sini

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet, Nikita Khrushchev, juga pernah memberikan satu unit Chaika GAZ 13 kepada Fidel Castro karena dianggap sangat revolusioner.

Oleh karena itu, mobil ini tidak pernah dijual kepada masyarakat umum, kecuali jika mereka menyewanya untuk pernikahan atau acara-acara spesial lainnya.

Mobil klasik Bung Karno lainnya

Selain Chaika GAZ 13, Bung Karno juga memiliki mobil lain, yaitu Buick-8. Mobil yang biasa disebut Limited-8 ini adalah mobil kepresidenan Indonesia yang pertama.

Buick-8 yang digunakan oleh Bung Karno merupakan keluaran tahun 1939.

Selain Buick-8, ada juga mobil lainnya yang menjadi kendaraan resmi Soekarno, yaitu Cadillac 75, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan, dan juga Chrysler Imperial yang merupakan hadiah dari mantan Raja Arab, Faisal al–Saud.

Itulah deretan mobil kepresidenan Indonesia yang pernah digunakan Bung Karno.

Apakah kamu berminat memilikinya? Atau mungkin salah satu di antaranya merupakan mobil idaman kamu?

Berita Terkait

Author