Merawat Rem Tangan Mobil agar Tetap Optimal Ketika Digunakan

Rem tangan kerap digunakan saat mobil berhenti lama. Jangan disepelekan, ini cara merawat rem tangan agar awet.

merawat rem tangan

Rem tangan atau rem parkir adalah komponen yang tidak bisa dipisahkahkan dalam sebuah mobil. Sesuai dengan namanya, komponen ini menjadikan mobil berhenti sempurna saat diparkir, sehingga tidak bergeser bila berada dipermukaan yang tidak rata.

Selain itu, rem tangan juga berfungsi untuk membantu pengendara saat mobil berhenti di tanjakan dan hendak kembali melaju. Sementara saat melewati jalan menurun, rem tangan juga digunakan bila mobil berhenti atau membantu pengereman pada rem kaki.

Dalam keadaan darurat seperti rem kaki blong, rem tangan bisa membantu, dengan cara tarik dan turunkan tuas rem tangan berkali-kali dengan mengimbangi kecepatan mobil sambil mengarahkannya ke pinggir jalan. Penting bukan fungsi rem tangan?

Baca juga: Memperbaiki Alarm Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Mobil yang diparkir dalam waktu lama dengan rem tangan aktif rentan mengalami kerusakan.

Rem tangan yang dibiarkan aktif terlalu lama akan membuat minyak rem dan piringan lengket sehingga rentan mengalami kerusakan.

Nah, jangan disepelekan, berikut cara merawat rem tangan supaya awet saat mobil lama tidak digunakan.

rem tangan mobil

Jangan gunakan rem tangan saat memarkirkan mobil dalam waktu lama

Cara merawat rem tangan supaya awet yang pertama adalah jangan digunakan. Maksudnya, rem tangan sebaiknya jangan digunakan bila memang ada niatan untuk memarkirkan mobil dalam waktu lama.

Misalnya dalam kondisi PSBB, di mana mobil jarang digunakan dan hanya ada di garasi, kamu tidak perlu menggunakan rem tangan jika memang permukaan parkir rata.

Untuk mobil bertransmisi manual, kamu bisa gunakan gigi netral atau N. Supaya lebih aman, Ganjal keempat ban dengan kayu atau batu agar mobil tidak bergeser.

Baca juga: Apakah Menguras Tangki BBM Mobil Bisa Dilakukan Sendiri?

Sedangkan untuk mobil bertransmisi otomatis, kamu bisa gunakan P atau parking berfungsi untuk mengunci transmisi agar mesin mobil tidak dapat bergerak.

cara mengerem mobil

Istirahatkan rem tangan

Bila keadaan tidak memungkinkan untuk memarkirkan mobil tanpa menggunakan rem tangan, ada baiknya kamu mengistirahatkannya sesekali.

Misalnya, garasi tempat parkir mobil tidak rata dan tidak memungkinkan untuk diganjal karena ada potensi bahaya.

Cara merawat rem tangan dalam kondisi ini cukup mudah. Saat kamu memanaskan mobil, kamu bisa mengistirahatkan rem tangan dan gunakan rem kaki.

Dengan ini, rem kaki pun akan bekerja, sehingga tidak ada penyumbatan di selang rem dan tidak ada penggumpalan pada minyak rem.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Busi Mobil Sendiri di Rumah

Jadi, jangan biarkan rem tangan mobil aktif terlalu lama. Sesekali kamu juga perlu mengistirahatkannya.

merawat rem tangan

Jenis rem tangan

Hingga saat ini tercatat ada tiga jenis rem tangan atau rem parkir yang terdapat di Indonesia. Pertama, rem tangan tarik yang masih banyak digunakan pada mobil-mobil zaman sekarang. Jenis ini berbentuk stik yang letaknya ada di konsol tengah, berdekatan dengan tuas transmisi.

Kedua, rem tangan jenis pedal. Sesuai dengan namanya, untuk menggunakan rem tangan ini, caranya adalah diinjak jika ingin digunakan. Letaknya berada di paling kiri, di samping pedal kopling untuk mobil manual, atau pedal rem untuk mobil matik.

Baca juga: Komponen yang Bisa Rusak Bila Mobil Jarang Dipakai

Terakhir adalah rem tangan jenis elektrik. Jenis ini biasanya diadopsi pada mobil-mobil mewah kelas menengah ke atas. Untuk menggunakannya, kamu cukup menarik tuas yang letaknya berdekatan dengan tuas transmisi.

merawat rem tangan

Servis berkala

Sama seperti komponen lainnya, cara merawat rem tangan salah satunya adalah dengan melakukan servis berkala.

Rem tangan jenis tarik idealnya akan berbunyi ‘klik’ antara empat hingga tujuh kali tarikan. Bila sudah di atas tujuh kali tarikan, kamu perlu untuk menyetelnya kembali.

Sama seperti rem kaki, kampas rem tangan juga perlu dibersihkan dari debu dan kerak yang menempel. Bila sudah habis, kampas rem tangan harus diganti.

Tidak perlu repot, agar lebih mudah untuk merawat rem tangan, kamu bisa membawa mobilmu ke bengkel resmi atau lakukan home service yang tersedia di fitur Booking Service Seva.id.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Efek Telat Menurunkan Rem Tangan Mobil

Layanan Home Service Seva.id bakal #BikinKamuSiap merawat mobil kapanpun #dirumahaja. Untuk itu, jangan lupa kunjungi Seva.id ya.