Search Cars

Travel & Lifestyle

Mengenal Mobil Personel BlackPink di Video Klip

Girlband asal Korea Selatan, BlackPink, akan menggelar konser World Tour in Your Area 2019 di ICE (Indonesia Convention Center) BSD. Personel yang beranggotakan Lisa, Jennie, Jisoo, dan Rose ini dipastikan bakal menghibur K-Popers tanah air pada selama dua hari Sabtu-Minggu (19-20/01).

 

Menjelang konsernya, yuk kita tengok salah satu personel girlband BlackPink, Jennie Kim, yang baru merilis video klip single perdananya yang berjudul “Solo”. Video klip bergenre hiphop/rap ini sukses menggaet 171 juta viewers di Youtube dalam kurun waktu hanya dua bulan saat artikel ini dibuat.

 

Dalam video klipnya, Jennie menampilkan mobil asal pabrikan Jepang, yaitu Toyota MR2 generasi pertama. Mobil sport tersebut berwarna putih dengan coretan-coretan grafiti berwarna merah di sisi sampingnya.

MR2 adalah singkatan dari Midship Runabout 2-seater dan menjadi mobil bermesin tengah atau mid-engine pertama Toyota yang diproduksi secara massal.

 

Chief Engineer Toyota saat itu, Akio Yoshida, mulai membangun MR2 pada tahun 1979 dan diluncurkan pada 1984 di salah satu pameran mobil terbesar dunia, yaitu Tokyo Motor Show, Jepang.

 

Total, MR2 memiliki tiga generasi yang eksis sampai tahun 2007. Setelah itu, Toyota menghentikan produksi MR2 karena konsumen menginginkan model lainnya.

 

MR2 generasi pertama

Toyota MR2 generasi pertama dibekali tiga pilihan mesin, 4 silinder berkapasitas 1.500 cc 3A-LU (W10), 1.600 cc 4A-GE (W11), dan 1.600 cc supercharger 4A-GZE (W11). Toyota juga memberi dua pilihan transmisi, yatu 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

 

Penggunaan mesin 4AG juga menjadikan MR2 masuk ke dalam jajaran mobil yang kencang pada eranya. Malah, versi W11-nya memiliki akselerasi yang fantastis karena dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu sekitar 6,5 sampai 7 detik.

 

Lalu, Toyota mengandeng engineer Lotus dan pembalap F1 asal Amerika Serikat, Dan Gurney, untuk mendesain suspensi mobil yang diproduksi sampai tahun 1989 ini. Berkat kerjasama tersebut, MR2 generasi pertama terkenal dengan handling-nya yang sangat memanjakan pengendara.

 

MR2 generasi kedua

Antusiasme yang bagus dari pecinta otomotif terhadap MR2 membuat Toyota melanjutkan produksinya dan membuat MR2 generasi kedua. Ada beberapa perubahan yang dilakukan, salah satu yang paling terlihat adalah desain MR2 yang lebih membulat, sehingga membuat aerodinamika MR2 menjadi lebih baik.

 

Desainnya yang terinspirasi dari pabrikan mobil asal Italia, Ferrari, membuat MR2 generasi kedua dijuluki Baby Ferrari atau Poors Man’s Ferarri.

 

Masih sama dengan generasi pertama, MR2 generasi kedua dibekali dua transmisi, 5-speed manual dan 4-speed otomatis. Namun, pada mesin, MR2 generasi kedua memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 2.000 cc 3S-GE (W20), 2.000 cc turbo 3S-GTE (W20), dan 2.200 cc 5S-FE (W21).

 

Berkat tenaganya yang besar, MR2 (W20) juga dijadikan mobil andalan di arena balap turing Jepang (JGTC) pada 1998-1999.

 

MR2 generasi ketiga

Ini merupakan generasi terakhir dari MR2. Namun, generasi ketiga ini berganti nama panggilan, yaitu Toyota MR-S. Sementara di pasar global, mobil yang meluncur pada tahun 1999 ini biasa disebut Toyota MR2 Spyder atau Toyota MR2 Roadster.

 

Berbeda dari dua generasi sebelumnya, Toyota hanya membekali satu jenis mesin untuk generasi ketiga, yaitu 1ZZ-FED bertenaga 138 dk. Mesin tersebut digerakkan oleh transmisi 5-speed manual (6-speed manual untuk pasar Eropa), dan sequential manual 6-speed.

 

Setelah itu, dimensinya juga dibuat lebih ramping dibanding model sebelumnya. Oleh karena itu MR-S memiliki handling yang lebih lincah dan akselerasi yang lebih cepat. Produksi model terakhir ini terhenti tahun 2007.

 

Ternyata mobil jadul yang dipakai Jennie Blackpink ini punya sejarah yang keren juga ya. Cocok tidak dengan sosok Jennie?

 

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.