Mengenal Bahaya Penyakit Hepatitis A, Penyakit yang Sedang Mewabah

Deteksi hepatitis A

Selain gejala, untuk mendeteksi seseorang terjangkit penyakit hepatitis A atau tidak adalah lewat pemeriksaan. Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap virus hepatitis A (anti HAV), barulah dokter dapat memastikan bahwa seseorang tersebut terjangkit infeksi hepatitis A atau tidak. Masa inkubasi atau masa masuknya penyakit sampai timbul gejala berlangsung biasanya antara 14-28 hari.

Penanganan Hepatitis A

Sebenarnya tidak ada pengobatan khusus dalam menangani penyakit hepatitis A, hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh akan melenyapkan virus HAV dengan sendirinya. Pengobatan hanya bertujuan untuk meringankan gejala, misalnya pemberian obat penurun panas untuk meredakan demam.

 

Baca juga: Deteksi Bunyi Kerusakan Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

Pencegahan penyakit Hepatitis A

Untuk pencegahan, Anda bisa melakukan vaksinasi Hepatitis A yang bertujuan untuk menjaga diri Anda dari serangan virus HAV. Selain itu, Anda juga perlu menerapkan perilaku hidup yang teratur. Terapkanlah pola hidup sehat dengan melakukan olahraga sebanyak 3-4 kali per minggu.

 

Baca juga: Esport, Bermain Game yang Disebut Olahraga

 

Mengingat penularan utama virus ini adalah melalui kontak dengan barang, makanan, atau minuman yang telah terkontaminasi, maka langkah utama untuk mencegah terjangkitnya hepatitis A adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

Itulah beberapa hal dasar yang wajib Anda ketahui perihal penyakit Hepatitis A. Meski terlihat sangat sepele, namun jika keadaan sudah semakin memburuk penyakit hepatitis bisa mengancam nyawa seseorang. 

 

Baca juga: Alasan Pentingnya Asuransi Keluarga yang Jarang Diketahui

 

Untuk melindungi diri dari beban finansial yang besar akibat terkena suatu penyakit, ada baiknya Anda melindungi diri dengan membeli perlindungan berupa asuransi. Dengan memiliki asuransi Anda sudah memberikan diri Anda perlindungan finansial jika suatu saat Anda terserang penyakit yang membutuhkan biaya yang besar. Sebelum terlambat, milikilah dari sekarang.

 

Dapatkan Sekarang

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *