Masa Berlaku SIM Tidak Lagi Ikuti Tanggal Lahir Pemohon

By Reka Harnis - July 8, 2020

Sudah tahu belum kalau masa berlaku SIM tak lagi mengikuti tanggal lahir pemohon?

masa berlaku sim

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah dokumen wajib yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan bermotor untuk dapat berkendara secara legal. Dokumen wajib ini memiliki masa berlaku 5 tahun, baik itu SIM lama maupun Smart SIM. Sebelumnya, masa berlaku SIM adalah menyesuaikan tanggal lahir dari si pemilik SIM.

Hal tersebut tertuang dalam Pasal 11 Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012, SIM yang diterbitkan oleh Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) di Indonesia berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang. Adapun, masa berlaku SIM lama sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran pemilik.

Namun, aturan tersebut sudah berubah sejak September 2019. Saat ini, masa berlaku SIM tidak lagi mengikuti tanggal lahir pemilik SIM, melainkan disesuaikan dengan tanggal permohonan atau pembuatan SIM.

Baca juga: Ciri-ciri SIM Palsu dan Perbedaannya dengan SIM Resmi

Peraturan baru mengenai masa berlaku SIM ini dibuat agar masyarakat bisa lebih merasakan penggunaan SIM utuh selama 5 tahun.

Dengan mengikuti tanggal permohonan atau pembuatan SIM, masyarakat juga nantinya  dapat mengatur kapan masa berlaku SIM miliknya akan usai.

Misalnya, jika seseorang ingin masa berlaku SIM miliknya usai pada 5 September 2025, maka ia perlu membuat permohonan pembuatan SIM pada tanggal 5 September 2020.

Nah, buat kamu yang sudah berusia 17 tahun ke atas, jika ingin mengendarai kendaraan bermotor secara legal, segera lakukan permohonan pembuatan SIM.

Berita Terkait

Author