Makanan Khas yang Bisa Dicicipi Saat Melakukan Perjalanan Darat Surabaya-Bali

6 makanan khas ini siap memanjakan lidah kamu selama perjalanan dari Surabaya sampai Bali.

makanan khasPesona Pulau Dewata memang selalu menjadi primadona. Keeksotisan dan keindahan alam yang dimiliki Bali membuatnya sering disebut sebagai The Island of Paradise. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang berlibur kesana, termasuk wisatawan dari Surabaya.

 

Namun, kadang masyarakat atau wisatawan yang berada di Surabaya tidak menggunakan pesawat untuk pergi ke Bali, karena jaraknya yang nanggung. Malahan, mereka sering memanfaatkan jalur darat dengan menggunakan travel atau transportasi umum dan ride sharing lainnya.

 

Walaupun memakan waktu lebih lama, tetapi kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Lalu, kamu juga bisa menikmati kuliner di sepanjang rute Surabaya-Bali.

 

Ada beberapa kota yang akan kamu lewati sepanjang rute Surabaya-Bali, mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, hingga Banyuwangi. Nah, kamu bisa banget mencicipi berbagai makanan khas dari daerah-daerah tersebut.

 

Penasaran kuliner apa aja yang wajib kamu santap di sepanjang rute Surabaya-Bali? Yuk simak di bawah ini.

 

1. Sate Klopo Khas Surabaya

Sate yang satu ini memiliki racikan yang unik. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klopo menggunakan kelapa atau klopo dalam pembuatannya. Rasa gurih yang keluar dari sate ini berasal dari baluran bumbu kelapa parut. Setelah itu, serundeng kelapa juga digunakan sebagai pelengkap sate khas Surabaya ini.

 

Kalau kamu berangkat ke Bali dari Surabaya, akan ada banyak sekali warung atau rumah makan sate klopo. Salah satunya adalah sate klopo Bu Asih Soedarmi.

 

Sejak tahun 1945, ibu mertua Bu Asih sudah berjualan sate klopo di Jalan Ondomohen yang kini berganti nama menjadi Jalan Walikota Mustajab. Untuk memenuhi permintaan konsumen, Bu Asih bisa menggunakan 100 kg daging sapi dan 30 kg daging ayam dalam sehari.

 

Baca juga: Viral Akibat KKN Desa Penari, Ini Dia Fakta Seputar Jawa Timur

 

Bu Asih Soedarmi menyediakan dua jenis sate klopo, yaitu sate sapi klopo dan sate ayam klopo. Ada juga pilihan sate lain seperti usus dan udang di sini.

 

Harganya relatif terjangkau, dengan Rp 25 ribu kamu sudah bisa menikmati sate sapi klopo berisi 10 tusuk, sementara sate ayam nya dihargai dengan Rp 18 ribu untuk 10 tusuk. Kurang kenyang? tambah lontong saja sebagai pendamping.

 

2. Berbagai Olahan Bandeng Khas Sidoarjo

Sidoarjo memang terkenal dengan olahan bandeng yang beragam. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak mencoba makanan khas Sidoarjo ini bila sedang berada di sana.

 

Ada banyak sekali olahan bandeng khas Sidoarjo, diantaranya ada otak-otak bandeng, kerupuk bandeng, bandeng asep, hingga yang paling terkenal yaitu bandeng presto.

 

Saat dalam perjalanan  dari Surabaya ke Bali, kamu bisa coba mampir ke Waroeng Bandeng Asap Cak Teguh yang berlokasi di Jalan Bangsri. Ada berbagai macam olahan bandeng seperti otak otak bandeng, bandeng presto, bandeng crispy, hingga yang menjadi favorit yaitu bandeng asap tanpa duri di warung ini.

 

Terus, jangan khawatir soal harga, ragam olahan bandeng di warung ini berkisar dari Rp.25.000 hingga Rp. 50.000. Cukup terjangkau bukan?

 

3. Kupang Kraton Khas Pasuruan

Pasuruan punya makanan tradisional yang sangat khas dengan kupang sebagai bahan utamanya, yaitu kupang kraton. Kupang adalah jenis binatang laut sejenis kerang kecil, berwarna coklat pucat dan banyak ditemukan di pesisir pantai utara Jawa Timur.

 

Makanan khas Pasuruan ini disajikan dengan kuah bening, irisan lontong, dan lentho. Kupang kraton diolah bersama bawang putih, gula jawa, garam, serta petis, karenanya kamu bisa merasakan cita rasa yang beragam saat menyantapnya, dari mulai rasa manis, asam hingga gurih.

 

Baca juga: Pesona Mamuju, Daerah yang Pernah Diusulkan Jadi Ibu Kota Indonesia

 

Bukan cuma itu, bumbu petis yang digunakan membuat kupang kraton memiliki rasa yang unik. Petis yang digunakan  pada dasarnya terbuat dari bahan dasar kupang, sehingga memiliki cita rasa yang khas.

 

Nah untuk menikmati kupang kraton ini, kamu bisa coba mampir ke Warung Lontong Kupang Bu Ning Pasuruan, yang sudah ada sejak 1969.

 

4. Ketan Kratok Khas Probolinggo

Makanan yang satu ini adalah sarapan khas Probolinggo. Ketan kratok sebenarnya tidak berbeda jauh dengan ketan pada umumnya, namun yang membuatnya memiliki cita rasa tersendiri adalah campuran dari kacang koro atau kratok.

 

Disajikan dengan taburan parutan kelapa dan cairan gula merah membuat makanan khas Probolinggo ini memiliki rasa yang gurih, asin, serta manis.

 

Camilan unik ini hanya bisa kamu temukan di Probolinggo. Umumnya, ketan kratok tidak dijual saat siang atau malam hari, karena biasanya dijadikan sarapan oleh masyarakat Probolinggo. Oleh karena itu, kamu akan menemui banyak penjual ketan ketarok saat pagi hari.

 

5. Tajin palappa khas Situbondo

Ini dia yang wajib kamu santap ketika sedang di Situbondo. Sesuai dengan namanya, tajin sendiri dalam bahasa Madura berarti bubur, Tajin palappa adalah makanan khas Situbondo. Berbeda dengan bubur biasa, tajin palappa justru tidak menggunakan suwiran ayam sebagai pelengkapnya, melainkan sayuran.

 

Tajin palappa biasa disajikan dengan rebusan sayur kangkung dan tauge yang kemudian dibubuhi bumbu kacang yang encer di atasnya. Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap dengan bakwan dan juga sambal.

 

Baca juga: Hindari 5 Hal Menyebalkan Ini Saat Traveling Bersama Teman

 

Tertarik untuk mencoba tajin palappa? Kamu bisa coba mampir ke Jl. Kenanga, Jl. Cenderawasih, atau Jl. Semeru untuk mencicipi makanan khas Situbondo ini.

 

6. Nasi Campur Khas Bali

Sudah sampai di Bali? Saatnya menyantap kulinernya yakni nasi campur Bali. Rasa rempahnya membuat cita rasa nasi campur Bali ini sangat khas.

 

Makanan ini biasanya disajikan bersama suiran ayam kampung betutu, sambal matah, jukut sayuran atau urapan, suir ikan laut, sambal cabe goreng dicampur dengan minyak kelapa, telor pindang Bali, seafood, sate lilit, dan juga kulit ayam goreng.

 

Untuk mencobanya, kamu bisa mampir ke Nasi campur Men Weti yang berlokasi di Pantai Sindhu Sanur, dengan harga sekitar Rp. 20.000.

Seru banget kan? Nah, untuk menemani liburan, kamu bisa booking shuttle bus melalui aplikasi Sejalan. Aplikasi berbasis ride sharing ini punya rute Surabaya-Bali, lho! Dengan menggunakan Sejalan, kamu bisa menemukan teman baru di perjalanan dan membuat liburanmu makin seru. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu temukan di aplikasi Sejalan.

 

Tunggu apalagi, ayo liburan bareng Sejalan!