Lokasi dan Kuliner yang Hits di Surabaya, Wajib Coba!

Layaknya kota metropolitan, Surabaya kini kota modern yang disesaki gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaan mewah. Bukan cuma modern, ada juga gedung-gedung tua bersejarah tetap berdiri tegak, seakan mengingatkan akan julukannya sebagai Kota Pahlawan.

 

Surabaya pun dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang menyimpan kekayaan kuliner. Tertantang wisata kuliner di Surabaya, yuk cicipi yang hits dari zaman ke zaman!

Rujak Cingur

Seperti namanya, rujak ini menggunakan bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam sayur-mayur yang disiram bumbu petis.

 

Must-try: Rujak Cingur Sedati (Jl. Raya Sedati Gede 66), Rujak Cingur Ahmad Jais (Jl. Ahmad Jais 40), Rujak Cingur Delta (Jl. Embong Kemiri 46 D atau di Plaza Surabaya lantai dua)

 

Tahu Campur

Berupa sup daging sapi, tahu goreng, perkedel singkong, taoge, selada, dan mi kuning, hidangan ini disajikan dengan bumbu petis serta kerupuk sebagai pelengkap.

 

Must-try: Tahu Campur Haji Abdul Mahfud (Jl. Kalasan 22)

 

Nasi Bebek

Makanan yang berbahan dasar daging bebek yang disajikan dengan rasa gurih dan empuk, kemudian ditambah lagi dengan sambal pencit atau sambal mangga muda dengan rasanya yang khas.

 

Must-try: Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi (Jl. Tanjung Torowitan No. 39)

 

Lontong Balap

Terdiri irisan lontong, tahu, lento (terbuat dari kacang kedelai), dan kuah dengan sayuran taoge, konon namanya didapat dari para penjual lontong yang berebut pembeli dengan berjalan cepat bagai sedang balapan sambil memikul dagangan.

 

Must-try: Lontong Balap Rajawali (Jl. Krembangan Timur 32 C), Lontong Balap Gubeng (Jl. Raya Gubeng), Lontong Balap Kranggan (Jl. Kranggan)

 

Rawon

Makanan khas Jawa Timur ini berkuah hitam pekat dari bumbu kluwek dan berisi potongan daging sapi dan taburan taoge. Biasanya disantap bersama mendol dan potongan telur bebek asin.

 

Must-try: Rawon Setan (Jl. Embong Malang)

 

https://www.instagram.com/p/Bqo8hU4B85z/

Sate Kelapa

Sate ini dibalur parutan kelapa sehingga daging terasa empuk dan tidak hangus terbakar. Disajikan dengan dicampur saus kacang, pilihan daging satenya antara lain udang, sumsum, daging sapi, dan daging ayam.

 

Must-try: Sate Klopo Ondomohen (Jl. Walikota Mustajab 36)

 

Ote-ote Porong

Dalam perjalanan ke Malang, sempatkan membeli ote-ote (heici), sejenis gorengan berbentuk bulat dengan isi daging ayam atau babi, tiram, dan rumput laut. (Jl Raya 120, Porong atau di dekat Rumah Makan Putri Sunda, Jl. Surabaya-Malang Km. 40)

 

https://www.instagram.com/p/BWZ84hvhJtb/

Nasi Empal

Perpaduan antara nasi putih, empal suwir, kering tempe, tumis kacang, lalapan timun, sambal, dan daun kemangi. Ciri khasnya ada di rasa daging empal yang gurih dan manis.

 

Must-try: Nasi Empal Pengampon (Jl. Pengampon II No. 3)

 

Nasi Krawu

Disajikan dengan nasi pulen yang dibungkus dengan daun pisang, dalam satu porsi Nasi Krawu terdapat sayatan semur daging, daging sapi, jeroan sapi, serundeng. dan sambal terasi.

 

Must-try: Nasi Krawu Sufayah (Jl. Manyar Kertoarjo)

 

Kalo takut nyasar saat wisata kuliner di Surabaya, mending sewa mobil pakai Movic saja!

Dengan aplikasi ini Anda dengan mudah memilih mobil sewaan terpercaya dan berkualitas, waktu sewa serta harga yang fleksibel, hingga pilihan mau mengemudi sendiri atau dengan driver. Driver juga pengalaman dan bisa jadi pemandu, sehingga tahu tempat-tempat wisata dan kuliner yang hits! Praktis bukan?

 

Tunggu apalagi, segera download Movic!