Liburan Sekaligus Jelajahi Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

By Reka Harnis - November 26, 2019

Sudah pernah berwisata dan liburan ke daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia? Di mana aja sih daerah-daerah tersebut? Simak ulasan lengkapnya, yuk!

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Semakin ke sini, rasanya menemukan spot untuk ngopi bukan lah hal yang sulit. Fenomena gaya hidup ‘ngopi cantik’ membuat bisnis kedai kopi menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

 

Mulai dari kedai kopi kecil di pinggir jalan, hinga coffee shop mewah yang ada di pusat perbelanjaan. Fenomena ini tentunya juga tak lepas dari biji kopi berkualitas unggul yang dihasilkan petani-petani kopi di berbagai daerah Indonesia.

 

Faktanya, Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan komoditi kopi dengan kualitas premium, tak heran kalau masyarakatnya sangat gemar menikmati kopi.

 

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis kopi yang dibedakan menjadi empat jenis utama, yakni arabika, robusta, liberika, dan exelsa.

 

Baca juga: Lupis Mbah Satinem, Legenda Jajanan Pasar Yogyakarta Kegemaran Presiden Soeharto

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Namun yang paling umum ditemui adalah arabica dan robusta. Kopi arabika sendiri merupakan varian kopi pertama di Indonesia yang dibawa oleh para penjajah dari Belanda sekitar tahun 1696.

 

Iklim yang ada di Eropa membuat biji kopi tidak bisa tumbuh di tanah Eropa, sehingga mereka mencoba membudidayakannya di tanah jajahannya, salah satunya Indonesia.

 

Sejarah mencatat, daerah pertama yang dijadikan tempat menanam kopi adalah Kedawung, dekat Batavia. Namun, hingga saat ini, terdapat beberapa daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

 

Baca daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya.

Berita Terkait

Author