Liburan Sekaligus Jelajahi Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Sudah pernah berwisata dan liburan ke daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia? Di mana aja sih daerah-daerah tersebut? Simak ulasan lengkapnya, yuk!

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Semakin ke sini, rasanya menemukan spot untuk ngopi bukan lah hal yang sulit. Fenomena gaya hidup ‘ngopi cantik’ membuat bisnis kedai kopi menjamur di berbagai daerah di Indonesia.

 

Mulai dari kedai kopi kecil di pinggir jalan, hinga coffee shop mewah yang ada di pusat perbelanjaan. Fenomena ini tentunya juga tak lepas dari biji kopi berkualitas unggul yang dihasilkan petani-petani kopi di berbagai daerah Indonesia.

 

Faktanya, Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan komoditi kopi dengan kualitas premium, tak heran kalau masyarakatnya sangat gemar menikmati kopi.

 

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis kopi yang dibedakan menjadi empat jenis utama, yakni arabika, robusta, liberika, dan exelsa.

 

Baca juga: Lupis Mbah Satinem, Legenda Jajanan Pasar Yogyakarta Kegemaran Presiden Soeharto

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Namun yang paling umum ditemui adalah arabica dan robusta. Kopi arabika sendiri merupakan varian kopi pertama di Indonesia yang dibawa oleh para penjajah dari Belanda sekitar tahun 1696.

 

Iklim yang ada di Eropa membuat biji kopi tidak bisa tumbuh di tanah Eropa, sehingga mereka mencoba membudidayakannya di tanah jajahannya, salah satunya Indonesia.

 

Sejarah mencatat, daerah pertama yang dijadikan tempat menanam kopi adalah Kedawung, dekat Batavia. Namun, hingga saat ini, terdapat beberapa daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

 

Baca daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Gayo

Perkebunan kopi yang terletak di daerah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah ini merupakan daerah penghasil kopi terbesar dan terluas di Indonesia.

 

Gayo terkenal dengan kualitas kopi arabikanya yang sempat beberapa kali dinobatkan sebagai arabika terbaik di dunia.

 

Di tahun 2010, kopi gayo mendapat Fair Trade Certified™ dari Organisasi Internasional Fair Trade dan masuk sebagai nominasi kopi terbaik dunia pada International Conference on Coffee Science, Bali.

 

Baca juga: Kaya Manfaat, Ini Daerah Penghasil Cokelat di Indonesia

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Biji kopi yang dihasilkan di daerah ini punya aroma dan kenikmatan yang khas. Tak hanya itu, keunikan dari kopi ini adalah cara penyajiannya.

 

Berdasarkan kebiasaan masyarakat Aceh, kopi ini disajikan dengan cara diseduh terlebih dahulu di dalam panci hingga mendidih, kemudian, baru disajikan dalam gelas yang telah diisi dengan susu dan gula.

 

Baca daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Toraja

Jika pada umumnya kopi akan meninggalkan rasa pahit di lidah, kopi yang satu ini berbeda dari yang lain.

 

Kopi Toraja tidak meninggalkan rasa pahit. Uniknya lagi, rasa pahit yang ditimbulkan dari biji kopinya akan langsung hilang ditegukan pertama.

 

Baca juga: Daerah di Indonesia yang Terkenal dengan Makanan Pedas

 

Selain itu, rasa khas tanah dan hutan dengan kandungan asam rendah, serta aromanya yang sangat harum juga menambah keunikan dari kopi Toraja.

 

Tidak heran kalau kopi Toraja dijuluki sebagai Queen of Coffee.

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Kintamani

Daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya datang dari Bali.

 

Sesuai dengan namanya kpi ini berasal dari pegunungan Kintamani. Kopi ini memiliki biji yang besar, serta tingkat kekentalannya yang sedang dan keasaman yang cukup rendah tanpa rasa sepat.

 

Kopi jenis ini memiliki dua rasa utama yaitu rasa jeruk (lemony) dan floral, tak heran kalau kopi ini mendapatkan sertifikasi internasional.

 

Baca juga: Tempat di Indonesia yang Mirip Lokasi Syuting Drama Korea

 

Hal tersebut yang membuat kopi Kintamani digemari penikmat kopi mancanegara.

 

Berbagai negara menjadi tujuan ekspor utama kopi Kintamani, di antaranya adalah ke Jepang, Eropa, beberapa daerah Arab, dan Australia.

 

Baca daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Flores

Tak hanya keindahan alamnya saja yang menjadi magnet bagi Flores, tak jarang banyak pula yang jatuh cinta dengan kopinya. Iklim unik yang dimiliki Flores menghasilkan kopi dengan kualitas yang unggul.

 

Selain itu, para petani kopi dikerahkan langsung untuk memetik biji kopi dan menyortirnya sesuai dengan kondisi biji, seperti kering muda, setengah kering, atau kering.

Kopi jenis ini memiliki tingkat kekentalan tinggi dan keasaman rendah.

 

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Favorit Gen Z di Dalam Negeri

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Berbeda dengan jenis kopi yang lain di Indonesia, kopi Flores yang berasal dari daerah Bajawa, sebuah daerah dataran tinggi di antara Pegunungan Flores, ini memiliki dua rasa utama, yakni rasa cokelat dan vanili dengan karamel alamiah.

 

Selain itu, sensasi rasa hazelnut, dan kacang juga bisa kamu jumpai saat meneguk kopi asal Flores ini. Ya, kopi dari daerah ini pun jadi komoditi ekspor dan incaran pecinta kopi mancanegara.

 

Baca daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia selanjutnya.

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia Tanggamus

Perkebunan kopi ini terletak di sekeliling kaki dan lereng gunung Tanggamus, Lampung. Daerah ini menghasilkan kopi dari jenis robusta dan merupakan 40% dari total hasil kopi di Lampung.

Kualitasnya yang sangat baik membuat kopi ini cukup diminati tak hanya di pasar dalam negeri, namun juga hingga ke pasar internasional.

 

Baca juga: Tips Memilih Warna Lensa Kacamata untuk Mengemudi

daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Kopi ini dibudidayakan di lahan pegunungan yang sejuk dan subur secara organik, robusta Tanggamus populer berkat cita rasa yang chocolaty yang dimilikinya serta aromanya yang kuat.

 

Gimana? Berwisata ke perkebunan kopi sembari mencicipi kopi serta menghirup aroma yang khas dari masing-masing variannya tentu hal yang menarik, bukan?

 

Ayo jelajahi daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia! Tak perlu khawatir soal kendaraan, kamu bisa sewa mobil di Movic agar pejalanan lebih mudah dan nyaman. Jangan lupa download Movic, ya!