Kenapa Hari Pelanggan Nasional Diperingati Setiap 4 September?

By Reka Harnis - September 3, 2020

Apa itu Hari Pelanggan Nasional? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

hari pelanggan nasional

Pernah dengar Hari Pelanggan Nasional? Buat kamu yang punya usaha atau bisnis, atau yang masih merintis, wajib banget tau hari peringatan ini.

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas yang diperingati setiap 4 Septembermerupakan hari untuk mengapresiasi, menghormati, dan menghargai loyalitas para pelanggan dari sebuah produk, merek, perusahan, serta industri lain yang berhubungan dengan layanan dan penjualan.

Hari peringatan yang diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 2003 ini juga bertujuan untuk menjadi momen dalam memompa semangat perusahaan dan memuaskan pelanggan.

Baca juga: Belanja Sayur Makin Mudah dengan Menggunakan #NitipSejalan

Pencestus Hari Pelanggan Nasional adalah seorang CEO Frontier Group, yaitu perusahaan riset dan konsultasi marketing yang sudah dirintis sejak tahun 1997.

Handi Irawan namanya. Oleh karena itu, Handi dijuluki sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan oleh Harian Bisnis Indonesia. 

Berdasarkan penelusuran di LinkedIn, Handi Irawan pernah menempuh studi di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Food Technology tahun 1983.

Ia lulus dari IPB tahun 1987. Kemudian ia melanjutkan studi ke University of New South Wales di tahun 1991. Handi mengambil jurusan marketing dan berhasil lulus pada 1992.

Baca juga: Cara Belanja Online di Bulan Ramadan yang Aman dari Penipuan

Tak berhenti di situ, Handi juga pernah mengikuti Harvard Executive Program tahun 2006. Program tersebut terkait dengan marketingIa sempat menjadi pengajar di University of Wollongong, Australia selama dua tahun atau dari 1992 – 1994.

Kemudian, ia menjadi dosen di Universitas Indonesia selama 10 tahun, yaitu mulai 1997 – 2007, sebagai dosen untuk mahasiswa pascasarjana dengan mata kuliah brand management, marketing research dan service quality.

Handi juga dikenal sebagai pemrakarsa dari berbagai penghargaan popular di Indonesia, seperti Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award.

Selain itu, Handi dikenal sebagai penulis buku-buku strategi pemasaran yang sangat popular.

Baginya, Hari Pelanggan Nasional, bukan milik Frontier, perusahaan swasta maupun BUMN, melainkan milik nasional.

Berita Terkait

Author