Kenapa Hari Pelanggan Nasional Diperingati Setiap 4 September?

Apa itu Hari Pelanggan Nasional? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

hari pelanggan nasional

Pernah dengar Hari Pelanggan Nasional? Buat kamu yang punya usaha atau bisnis, atau yang masih merintis, wajib banget tau hari peringatan ini.

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas yang diperingati setiap 4 Septembermerupakan hari untuk mengapresiasi, menghormati, dan menghargai loyalitas para pelanggan dari sebuah produk, merek, perusahan, serta industri lain yang berhubungan dengan layanan dan penjualan.

Hari peringatan yang diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 2003 ini juga bertujuan untuk menjadi momen dalam memompa semangat perusahaan dan memuaskan pelanggan.

Baca juga: Belanja Sayur Makin Mudah dengan Menggunakan #NitipSejalan

Pencestus Hari Pelanggan Nasional adalah seorang CEO Frontier Group, yaitu perusahaan riset dan konsultasi marketing yang sudah dirintis sejak tahun 1997.

Handi Irawan namanya. Oleh karena itu, Handi dijuluki sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan oleh Harian Bisnis Indonesia. 

Berdasarkan penelusuran di LinkedIn, Handi Irawan pernah menempuh studi di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Food Technology tahun 1983.

Ia lulus dari IPB tahun 1987. Kemudian ia melanjutkan studi ke University of New South Wales di tahun 1991. Handi mengambil jurusan marketing dan berhasil lulus pada 1992.

Baca juga: Cara Belanja Online di Bulan Ramadan yang Aman dari Penipuan

Tak berhenti di situ, Handi juga pernah mengikuti Harvard Executive Program tahun 2006. Program tersebut terkait dengan marketingIa sempat menjadi pengajar di University of Wollongong, Australia selama dua tahun atau dari 1992 – 1994.

Kemudian, ia menjadi dosen di Universitas Indonesia selama 10 tahun, yaitu mulai 1997 – 2007, sebagai dosen untuk mahasiswa pascasarjana dengan mata kuliah brand management, marketing research dan service quality.

Handi juga dikenal sebagai pemrakarsa dari berbagai penghargaan popular di Indonesia, seperti Top Brand Award, IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), dan Marketing Award.

Selain itu, Handi dikenal sebagai penulis buku-buku strategi pemasaran yang sangat popular.

Baginya, Hari Pelanggan Nasional, bukan milik Frontier, perusahaan swasta maupun BUMN, melainkan milik nasional.

hari pelanggan nasional

Peringatan Hari Pelanggan Nasional merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pendalaman bertahun-tahun dengan memahami berbagai pergerakan perusahaan di Indonesia. Untuk itu, setiap perusahaan diharapkan dapat memahami tentang esensi dari Harpelnas.

Baca juga: Ide Parsel Lebaran Anti Mainstream, Unik dan Menarik

Tak hanya sebuah hari peringatan, Harpelnas juga memiliki logo dan maskot khusus. Logo yang digunakan adalah yang melambangakan senyum manusia dengan dasar warna hijau.

Logo yang dirancang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini merepresentasikan sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan.

Warna hijau pada logo tersebut menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Lalu bagaimana cara merayakan Hari Pelanggan Nasional?

Untuk merayakan hari peringatan ini, biasanya sejumlah perusahaan akan menghadirkan promo menarik untuk para pelanggannya.

Seperti pada tahun 2019, beberapa brand kuliner ternama seperti Pizza Hut, menggelar promo khusus untuk Hari Pelanggan yaitu BELI 1 GRATIS 1. Untuk setiap pembelian Pizza Regular/Large dengan topping dan pinggiran apa saja GRATIS 1 Pan Regular Tuna Melt/Deluxe Cheese Pizza.

McDonald’s juga menghadirkan promo Limited Edition Big Mac Tin dengan menambah Rp3.636 (sebelum pajak) untuk setiap pembelian Big Mac McFlavor Set, dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional.

Baca juga: Suka Shopping, Coba Kunjungi Pusat Belanja Ini di Bandung

Nah, kalau kamu punya usaha atau bisnis, baik yang masih merintis atau sudah berkembang, kamu bisa meniru beberapa brand di atas untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional.

Selain rangkaian diskon dan promo dari berbagai perusahaan, Hari Pelanggan Nasional juga diramaikan dengan event seperti Seminar Harpelnas dan Parade Simpatik Harpelnas.

Parade Simpatik Harpelnas telah diadakan pada tanggal 1 September 2019 lalu bertepatan dengan Car Free Day di Jakarta. Parade ini diikuti oleh berbagai perusahaan dan BUMN yang turut berpartisipasi di Hari Pelanggan Nasional.

Jadi, selamat Hari Pelanggan Nasional untuk semua pelanggan di Indonesia, khususnya pelanggan setia Seva.id. Semoga semua fitur di Seva.id dapat melengkapi kebutuhan para pelanggan, ya.