Kenali Tanda-tanda Shockbreaker Rusak dan Cara Mengatasinya

By Rismawati Idris - Februari 6, 2019

Shockbreaker atau suspensi adalah sistem pada mobil yang berfungsi untuk meredam getaran saat melewati jalanan berbatu, gundukan jalan, maupun tanjakan. Berkat keberadaan shockbreaker, getaran yang didapat dari  jalanan tersebut tidak dirasakan oleh penumpang.

Selain itu, shockbreaker juga dapat menjadi penentu keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Bila shockbreaker rusak, Anda dapat berpotensi mengalami kecelakaan.

Untuk menghindari hal itu, Anda harus kenali tanda-tanda kerusakan shockbreaker sedini mungkin.  Lebih lanjut, simak informasi berikut.

kaki-kaki mobil bermasalahMuncul suara berdecit saat melewati tanjakan

Ketika Anda melewati posisi tidur atau tanjakan yang tak terlalu tinggi, Anda mendengar bunyi berdecit dari mobil yang tak nyaman. Suara tersebut juga disertai guncangan di mobil lebih dari biasanya. Bahkan, gonjangan itu bisa terjadi lebih dari satu kali.

Nah, jika hal itu dialami oleh Anda saat mengemudi, Anda perlu memerhatikan keadaan shockbreaker mobil. Sebab, bisa jadi bunyi dan guncangan yang terjadi di mobil Anda diakibatkan oleh rusaknya shockbreaker. Hal itu terjadi karena shockbreaker tak dapat meredam guncangan dengan baik.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.